0
Thumbs Up
Thumbs Down

Produk-produk Indonesia Mejeng di Negara Kim Jong Un, Kok Bisa?

wartaekonomi
wartaekonomi - Thu, 12 Sep 2019 11:35
Dilihat: 35
Jakarta

KBRI Pyongyang menyiapkan terobosan baru untuk mendorong promosi produk Indonesia di Republik Demokratik Rakyat Korea atau RDRK (Korea Utara). Untuk pertama kalinya, Indonesia memiliki Gerai Produk Indonesia (Indonesian Product Showcase) di negara Kim Jong Un tersebut.

Gerai yang terletak di ruang depan KBRI Pyongyang ini diresmikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Korea Utara, Berlian Napitupulu, pada 3 September 2019 lalu.

"Pendirian Gerai ini merupakan terobosan kami untuk mempromosikan produk Indonesia secara konkrit dan permanen di Korea Utara. Untuk sementara, gerai ini memamerkan lebih dari 150 items produk buatan Indonesia yang kami peroleh dari berbagai toko di Korea Utara," ujar Dubes Berlian dalam keterangan resminya, Kamis (12/9/2019).

Baca Juga: Korut Uji Coba Peluncur Roket Ganda Super Besar

Produk yang dipamerkan di Gerai Produk Indonesia adalah hasil survei dan perburuan KBRI Pyongyang sejak April tahun ini di sejumlah toko dan supermarket yang ada di Pyongyang dan Wonsan, Korea Utara.

Di antaranya adalah produk makanan, seperti susu dan makanan bayi (Lactogen, Promina, SUN, Milna, Cerelac, BMT), produk kopi (Excelso, Indocafe berbagai varian, Koffie Luwak, Kapal Api, Kopiko berbagai varian), kecap manis (ABC dan Sedaap), aneka bumbu masakan (sambal ABC berbagai varian, Masako, Ajinomoto), Energen, Bengbeng, permen, dan makanan ringan (Kusuka, Cassava).

Gerai juga memamerkan produk non-makanan, antara lain aneka sabun mandi (Giv, Shinzui, Fresh, Lifebuoy, Lux), aneka shampoo (Clear, Emeron), aneka kosmetik (Citra, Herboris, Marina, Nivea, Pixy, Purbasari, Viva, Wardah), aneka deterjen pembersih (Attack, B29, Daia, So Klin, Rinso), pewangi pakaian (Molto, So Klin), sabun cuci piring (Mama Lemon), pembersih lantai (Superpel, Wipol) hingga container plastic wadah makan.

"Diperkirakan lebih dari 300 items produk Indonesia tersebar di berbagai toko di Korut. Sejumlah produk Indonesia sangat digemari masyarakat setempat dan memiliki keunggulan dibanding produk negara lain karena kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Saya menyaksikan sendiri animo masyarakat Korea Utara terhadap produk-produk Indonesia. Kami menemukan satu toko di Wonsan, menjual ratusan produk buatan Indonesia," ungkap Dubes Berlian.

Baca Juga: Korut Luncurkan 2 Proyektil Misterius, Korsel-AS Pantau Situasi?

Produk-produk Indonesia yang menjadi primadona di Korea Utara adalah Luwak White Koffie, Indocafe, Energen, bumbu masakan (Masako), sabun (Sinzhui, Lifebuoy, Sunlight Mama Lemon), deterjen (Daia, Rinso), dan cairan pewangi (Molto) dan pembersih (Superpel).

"Kami berharap melalui gerai ini, terjadi promosi yang berkelanjutan, bahkan berkesinambungan. Setiap pengunjung gerai akan mengenal produk Indonesia dengan lebih dekat dan bisa membeli di berbagai toko setempat. Ini juga langkah kami untuk mempromosikan produk kita dan mendorong peningkatan ekspor produk Indonesia di luar negeri sesuai amanat Presiden Joko Widodo," pungkasnya.

Penulis: Boyke P. Siregar

Editor: Rosmayanti


Foto: Sufri Yuliardi

Sumber: wartaekonomi

Produk-produk Indonesia Mejeng di Negara Kim Jong Un, Kok Bisa?

Produk-produk Indonesia Mejeng di Negara Kim Jong Un, Kok Bisa?

Produk-produk Indonesia Mejeng di Negara Kim Jong Un, Kok Bisa?

Produk-produk Indonesia Mejeng di Negara Kim Jong Un, Kok Bisa?

Produk-produk Indonesia Mejeng di Negara Kim Jong Un, Kok Bisa?

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya