0
Thumbs Up
Thumbs Down

Produk Impor Jadi Mahal, Kesempatan UMKM untuk Bersaing

okezone
okezone - Mon, 17 Feb 2020 10:48
Dilihat: 36
Produk Impor Jadi Mahal, Kesempatan UMKM untuk Bersaing

MANADO - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan merilis aturan baru soal Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 199 tahun 2019 tentang Ketentuan Kepabeanan, Cukai dan Pajak atas Impor Barang Kiriman.

Dalam aturan ini, pemerintah menetapkan bahwa semua pengiriman barang yang dilakukan pelaku usaha harus melalui jasa pengiriman yang telah disetujui dan ditetapkan oleh pemerintah. Terutama kepada barang impor yang dijual kembali oleh UKM ke seluruh Indonesia melalui e-commerce.

Menurut Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Utara (Sulut) Bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Koperasi Ivanry Matu, aturan tersebut akan membuat produk UMKM memiliki kesempatan untuk bersaing dengan produk dari luar negeri.

Baca Juga: Kemenkop UKM Dorong Usaha Menengah Masuk Pasar Ekspor

Dengan adanya aturan ini, maka barang impor lewat e-commerce dengan harga di atas USD3 akan dikenakan bea masuk dan PPN. Di mana sebelumnya batas barang yang dikenakan bea masuk dan PPN adalah USD75.

"Aturan ini akan membuat produk UMKM memiliki kesempatan bersaing dengan produk dari luar negeri karena harga produk dari luar negeri menjadi mahal," ujar Ivanry kepada Okezone, Minggu (16/2/2020).

Menurutnya, dengan adanya kesempatan ini, maka pelaku UMKM juga harus meningkatkan kualitas produk mereka. Ada tiga hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk UMKM. Pertama adalah pelatihan, kedua sarana dan ketiga jaminan pasar.

Baca Juga: Biaya Logistik dan Internet Masih Jadi Kendala UKM di Luar Pulau Jawa

"Pelatihan diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM. Dengan meningkatkan pengetahuan, maka pelaku UMKM dapat membuat produk yang berkualitas," kata Ivanry

Namun hal itu juga perlu ditunjang dengan sarana, yaitu peralatan yang memadai. Dengan peralatan yang memadai, maka UMKM dapat memproduksi barang yang banyak dalam waktu yang singkat. Biaya produksi juga bisa lebih murah.

"Saat ini sudah jamannya teknologi. Untuk itu, UMKM juga harus memanfaatkan teknologi dalam melakukan produksi," lanjut Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) Manado ini.


Jika sudah memiliki pengetahuan dan peralatan yang memadai, maka langkah selanjutnya adalah pemasaran. Sebab percuma memiliki produk yang baik namun pasarnya tidak ada. Oleh sebab itu mencari pasar juga menjadi sangat penting.

Sumber: okezone

Produk Impor Jadi Mahal, Kesempatan UMKM untuk Bersaing

Produk Impor Jadi Mahal, Kesempatan UMKM untuk Bersaing

Produk Impor Jadi Mahal, Kesempatan UMKM untuk Bersaing

Produk Impor Jadi Mahal, Kesempatan UMKM untuk Bersaing

Produk Impor Jadi Mahal, Kesempatan UMKM untuk Bersaing

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya