0
Thumbs Up
Thumbs Down

Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Yoshihide Suga di Istana Bogor

Antvklik
Antvklik - Tue, 20 Oct 2020 17:19
Dilihat: 30
Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Yoshihide Suga di Istana Bogor

Setelah mengucapkan selamat datang kepada tamunya, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara dan PM Suga beserta Ibu Mariko mengikuti upacara penyambutan kenegaraan, yang ditandai dengan mengumandangkan Lagu Kebangsaan Jepang "Kimigayo" dan Lagu Kebangsaan Indonesia "Indonesia Raya."

antvklik.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga beserta Ibu Suga Mariko dan rombongan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/10/2020).

Ini merupakan lawatan pertama PM Suga ke luar negeri setelah ia dilantik pada September lalu, menggantikan pendahulunya Shinzo Abe, yang mengundurkan diri karena sakit.

Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Yoshihide Suga di Istana Bogor (Foto: Kyodo)

Pada kunjungan perdananya PM Suga tidak disambut Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang mengenakan pakaian adat Nusantara di Pintu Gerbang Istana Kepresidenan Bogor.

Sebaliknya, baik Presiden Jokowi maupun PM Suga beserta rombongan wajib mengikuti protokol kesehatan yang ketat, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak sosial.

Kendaraan yang membawa tamu negara itu langsung menuju ke Beranda Istana untuk menemui Presiden Jokowi dan Ibu Negara. Setibanya di Beranda Istana, PM Suga dan Ibu Mariko disambut dengan penuh kehangatan oleh Presiden Jokowi dan Ibu Negara yang mengenakan masker.

Kedua pemimpin saling memperkenalkan pejabat yang menyertai mereka. Tampak mendampingi Presiden Jokowi di antaranya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir.

Usai perkenalan, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara mengajak tamunya untuk mengisi Buku Tamu dan berfoto bersama di ruang utama Istana Kepresidenan Bogor.

Setelah itu, mereka diajak untuk menyaksikan pemandangan alam di teras belakang Istana Kepresidenan yang menghadap Kebun Raya Bogor. Selanjutnya, Presiden Jokowi dan PM Suga melakukan pembicaraan empat mata, yang dilanjutkan pertemuan bilateral antara pejabat Indonesia dan Jepang.

Sedangkan Ibu Negara dan Ibu Mariko mengadakan pertemuan tersendiri. Kunjungan itu adalah bagian dari perjalanan PM Suga ke Asia Tenggara.

Selain berkunjung ke Indonesia, PM Suga juga telah melawat ke Vietnam, yang tahun ini menjabat Ketua ASEAN. Kunjungan itu juga menunjukkan komitmen Pemerintah Jepang untuk terus meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia sekaligus mewujudkan kemitraan strategis antara Indonesia dan Jepang, serta solidaritas Jepang terhadap Indonesia pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, kedua pemimpin akan membahas kerja sama dalam konteks pandemi, baik dari aspek kesehatan maupun langkah-langkah meningkatkan kerja sama ekonomi serta kontribusi kedua negara di bidang perdamaian dan stabilitas kawasan, dunia, termasuk dalam konteks ASEAN dan Indo Pasifik.

Menurut PM Suga, Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) sebagai kunci menuju kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka sehingga Jepang akan berkontribusi pada perdamaian dan kemakmuran di wilayah itu. Jepang adalah investor asing kedua terbesar di Indonesia setelah Singapura. Selama periode 2014-2019, investasi Jepang mencapai US$ 25,2 miliar atau senilai Rp 365,4 triliun.


PM Suga mengungkapkan bahwa kunjungannya ke Indonesia merupakan hasil dari pertemuan eksekutif Partai Demokrat Liberal yang diselenggarakan pada Selasa (13/10/2020) lalu.

Sumber: Antvklik

Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Yoshihide Suga di Istana Bogor

Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Yoshihide Suga di Istana Bogor

Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Yoshihide Suga di Istana Bogor

Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Yoshihide Suga di Istana Bogor

Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Yoshihide Suga di Istana Bogor

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
harian pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya