0
Thumbs Up
Thumbs Down

Presiden Ingin Pasar Sukawati Jadi Pasar Rakyat Modern

Republika Online
Republika Online - Fri, 14 Jun 2019 09:36
Dilihat: 53
Presiden Ingin Pasar Sukawati Jadi Pasar Rakyat Modern

GIANYAR -- Presiden Joko Widodo ingin Pasar Sukawati di Gianyar, Bali, menjadi pasar rakyat yang modern. Pasar diharapkan dikelola dengan manajemen yang baik sehingga mampu menghidupi ribuan pedagang dan masyarakat di sekitarnya.

"Harus jadi pasar rakyat modern, menajemen baik," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan Peninjauan Pasar Sukawati di Gianyar, Bali, Jumat (14/6).

Pada peninjauan lokasi revitalisasi Pasar Sukawati Blok A, B, dan C, Presiden dipandu oleh Bupati Gianyar I Made Mahayastra. Mereka juga didampingi sejumlah pejabat di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana, dan Staf Khusus Presiden Johan Budi SP.

Saat peninjauan, Jokowi menjelaskan kepada wartawan perkembangan proyek relokasi Pasar Sukawati. Ia mengatakan dana untuk proyek tersebut sebesar Rp 89 miliar yang berasal dari APBN dan Rp 3,9 miliar dari APBD.

"Pasar Sukawati sudah direlokasi dan saya kira bulan-bulan ini tendernya sudah rampung, langsung dikerjakan di lapangan. Kita harapkan tahun ini selesai ini, tahun depan selesai itu, sudah selesai semua," katanya.

Mantan Gubernur DKI itu mengharapkan Pasar Sukawati pasca-revitalisasi benar-benar menjadi pasar yang bersih dan tertata. Dengan demikian pengunjung semakin nyaman datang ke pasar yang telah berusia lebih dari 30 tahun itu.

"Kalau ke Bali belum ke Sukawati, itu belum ke Bali. Harus belanja, datang ke sini harus belanja," ujar Jokowi. Jokowi juga mengatakan pasar Sukawati yang selama ini telah menghidupi 1.700 pedagang menurut dia luar biasa.

Bersama istri, Iriana Joko Widodo, Jokowi mengatakan sudah berkali-kali ia mengunjungi Pasar Sukawati. Ia menargetkan pasar itu bisa menjadi pasar rakyat yang modern, tertata, terkelola dengan baik termasuk layanan parkirnya.

"Ini harus menjadi sebuah pasar rakyat yang modern, yang tertata, manajemen baik, parkirnya juga di basement bisa 150-an mobil. Kalau dulu kan cari tempat parkir sangat sulit," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga mengatakan dalam lima tahun ke depan akan terus melakukan program revitalisasi pasar tradisional dengan target yang kurang lebih sama dengan lima tahun sebelumnya.

"Sudah lima ribu lebih pasar yang telah kita bangun, pasar yang gede. Pasar desa 8.900 pasar. Ke depan kita akan tetap mengembangkan pasar sebagai sebuah bertemunya penjual dan pembeli, produk-produk dari petani, dari nelayan, dari pengrajin. Pasar-pasar di seluruh Indonesia memang harus hidup," ungkap Jokowi.

Jokowi bersama Iriana menyempatkan untuk berinteraksi dengan masyarakat dan pedagang di pasar itu. Banyak dari mereka berusaha mendekat dan memanggil-manggil Presiden.


Jokowi dan Iriana beberapa kali berswafoto dengan masyarakat. Keduanya juga berbelanja buah di pasar itu termasuk salak bali dan semangka.

Berita Terkait
  • Max Sopacua Tegaskan Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi
  • Majelis Tinggi Desak Tiga Kader Demokrat Minta Maaf
  • Presiden Minta Terobosan Ekonomi dari Apindo dan Hippindo
Berita Lainnya
  • Mahasiswa UM Ubah Lumpur Jadi Penyerap Logam Berbahaya
  • Ranieri Berharap yang Terbaik untuk Pelatih Roma Berikutnya

Presiden Ingin Pasar Sukawati Jadi Pasar Rakyat Modern

Presiden Ingin Pasar Sukawati Jadi Pasar Rakyat Modern

Presiden Ingin Pasar Sukawati Jadi Pasar Rakyat Modern

Presiden Ingin Pasar Sukawati Jadi Pasar Rakyat Modern

Presiden Ingin Pasar Sukawati Jadi Pasar Rakyat Modern

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya