0
Thumbs Up
Thumbs Down

PPDPP Petakan Relaksasi Untuk KPR Bersubsidi

Rumah
Rumah - Fri, 29 May 2020 15:22
Dilihat: 58
PPDPP Petakan Relaksasi Untuk KPR Bersubsidi

- Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) tengah menunggu perhitungan untuk relaksasi maupun restrukturisasi cicilan program KPR bersubsidi. Keputusannya tinggal menunggu dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) membuat banyak kalangan pekerja terkendala dengan penghasilannya. Hal ini berimbas pada berbagai kewajiban cicilan sehingga pemerintah mengeluarkan berbagai regulasi yang juga direspon kalangan perbankan untuk meringankan para debitur dengan kewajiban cicilannya.

Kesulitan membayar cicilan ini juga dirasakan untuk program rumah bersubsidi yang penyaluran dananya melalui Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat perbankan. PPDPP juga memberikan relaksasi untuk memudahkan masyarakat terkait hambatan pembayaran cicilannya.

Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, pemerintah mengeluarkan berbagai program kemudahan untuk pembiayaan perumahan dengan memberikan berbagai subsidi. Beberapa diantaranya yaitu fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), subsidi selisih bunga (SSB), bantuan pembiayaan perumahan berbasis tabungan (BP2BT), hingga bantuann prasarana sarana utilitas (PSU).

"Kami telah melakukan pemetaan dan identifikasi debitur yang terkendala kewajiban cicilannya karena pandemi ini. Saat ini Kementerian PUPR tengah menunggu tindak lanjut dari kementerian terkait yaitu Kementerian Keuangan dann Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian," katanya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga telah mengeluarkan aturan yang bisa dijadikan pedoman bagi bank terkait relaksasi maupun restrukturisasi pembiayaan terkait pandemi ini. Selanjutnya, tiap bank juga diminta untuk menyusun petunjuk teknis terait dengan relaksasi dan restrukturisasi pembiayaan bagi nasabahnya.

Optimis pasti punya rumah, pertama dengan kumpulkan niat beli rumah. Bagaimana caranya yah? Simak videonya berikut ini.

Berdasarkan data OJK, hingga saat ini kondisi KPR untuk hunian masih relatif bagus dengan tingkat kredit macet atau non performing loan (NPL) masih di bawah tiga persen. Bahkan di tengah pandemi ini KPR untuk jenis ruko mengalami kenaikan mencapai lima persen. Secara rata-rata, segmen KPR juga masih tumbuh stabil berkisar 6-7 persen di tengah pengetatan bank menyalurkan kreditnya.

Terkait penyaluran dana KPR bersubsidi, PT Sarana Multigriya Finansial (Persero/SMF) telah menyatakan kesiapannya untuk pendanaan KPR bersubsidi dengan porsi 25:75 antara SMF dan PPDPP. SMF akan mengikuti berapapun anggaran yang disalurkan dari PPDPP sehingga bisa menjamin masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang ingin mengakses KPR bersubsidi.

Menurut Heliantopo, Direktur Sekuritas dan Pembiayaan SMF, permintaan atau demand untuk KPR masih sangat baik karena perumahan merupakann kebutuhan pokok yang selalu dicari oleh masyarakat. Kualitas kredit yang masih baik di tengah situasi ini membuktikan kalau debitur akan mengusahakan pembayaran cicilannya tetap lancar.

"Makanya kami sangat optimistis terkait penyaluran pembiayaan sektor hunian ini khususnya untuk kalangan menengah ke bawah karean ini untuk pemenuhan kebutuhan dasar. Kami selalu siap menjadi pendamping untuk KPR program milik PPDPP sehingga bisa semakin banyak masyarakat yang terbantu dengan pembiayaan perumahannya,"ujarnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar PropertidanPanduan Referensiseputar propertidari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Sumber: Rumah

PPDPP Petakan Relaksasi Untuk KPR Bersubsidi

PPDPP Petakan Relaksasi Untuk KPR Bersubsidi

PPDPP Petakan Relaksasi Untuk KPR Bersubsidi

PPDPP Petakan Relaksasi Untuk KPR Bersubsidi

PPDPP Petakan Relaksasi Untuk KPR Bersubsidi

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya