0
Thumbs Up
Thumbs Down

Potensi Panas Bumi RI Diminta Dimaksimalkan

okezone
okezone - Sun, 14 Jul 2019 14:07
Dilihat: 39
Potensi Panas Bumi RI Diminta Dimaksimalkan

JAKARTA - Pemerintah diminta memaksimalkan potensi panas bumi dan energi terbarukan lainnya yang terkandung di bumi nusantara, daripada membangun pembangkit listrik dari energi lain, seperti nuklir.

Hal itu dikatakan mantan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Surono atau akrab disapa Mbah Rono saat memaparkan potensi energi panas bumi dan energi terbarukan yang terkandung di tanah Jawa Tengah, dalam sebuah diskusi yang diadakan di gedung Pascasarjana Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Baca juga: Begini Cara Tingkatkan Energi Panas Bumi Jadi Listrik

Menurut dia, selain risikonya yang cukup tinggi, energi selain panas bumi dan energi terbarukan lainnya dalam hal ini energi dari nuklir memiliki dampak yang cukup serius bila suatu waktu mengalami insiden.

"Tidak perlu membangun pembangkit listrik dari energi nuklir karena Jateng merupakan daerah yang memiliki tanah patahan yang rawan gempa sehingga berbahaya. Lebih baik memanfaatkan energi lain, seperti panas bumi dan tenaga surya," kata Mbah Rono dalam rilisnya kemarin.

Yang jelas, kata dia, energi panas bumi maupun energi terbarukan mesti diberikan ruang sebagai alternatif pengganti energi yang sudah dipakai selama ini. Selain dipikirkan sebagai alternatif, energi panas bumi dan energi terbarukan ini juga mesti ditopang regulasi yang memadai.

Baca juga: Kejar Target 2025, Pemerintah Tambah 95 Mw Kapasitas Energi Panas Bumi

"Regulasi diperlukan sebagai upaya melindungi dan memaksimalkan pemanfaatan energi tersebut guna kemaslahatan bangsa dan negara ini," tandas Mbah Rono. Kendati demikian, Surono juga tak menampik adanya potensi bencana alam yang sewaktu-waktu dapat mengancam apa pun, termasuk keberadaan pembangkit listrik dari energi panas bumi.

"Meskipun dibayang-bayangi adanya ancaman bencana alam, tapi tingkat risikonya tidak seperti kalau kita menggunakan energi nuklir," katanya. Sementara itu, mantan Menteri ESDM era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Purnomo Yusgiantoro mengungkapkan, kekayaan sumber daya alam Indonesia termasuk energi terbarukan sangat berlimpah.

Baca juga: Menanti Pembangkit Listrik dari Panas Bumi


"Itu artinya potensi energi nonfosil yang kita miliki sangat besar untuk dikembangkan ke depannya sebagai energi alternatif," kata dia. Menurut catatannya, energi terbarukan yang terkandung di negeri ini pemanfaatannya belum maksimal.

Sumber: okezone

Potensi Panas Bumi RI Diminta Dimaksimalkan

Potensi Panas Bumi RI Diminta Dimaksimalkan

Potensi Panas Bumi RI Diminta Dimaksimalkan

Potensi Panas Bumi RI Diminta Dimaksimalkan

Potensi Panas Bumi RI Diminta Dimaksimalkan

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya