0
Thumbs Up
Thumbs Down

Polemik Wakil Panglima TNI, Hidup Lagi Usai 20 Tahun Mati

okezone
okezone - Fri, 08 Nov 2019 07:30
Dilihat: 17
Polemik Wakil Panglima TNI, Hidup Lagi Usai 20 Tahun Mati

SETELAH 20 tahun, pos wakil panglima TNI kembali dihidupkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI. Pos Wakil Menteri sebelumnya dihilangkan di era Presiden Abdurahman Wahid alias Gus Dur 20 tahun lalu.

Pada Pasal 13 ayat (1) Perpres 66/19 disebutkan "Markas Besar TNI meliputi: a. unsur pimpinan terdiri atas: 1. Panglima; dan 2. Wakil Panglima," demikian bunyi perpres yang dikutip dari laman resmi Sekretariat Negara, Kamis 7 November 2019.

Wakil Panglima TNI menjadi koordinator pembinaan kekuatan TNI guna mewujudkan interoperabilitas/Tri Matra Terpadu, yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI.

Baca Juga: Soal Jabatan Wakil Panglima TNI, PKS: Ini Namanya Kontradiksi

Adapun tugasnya, membantu pelaksanaan tugas harian panglima, memberikan saran kepada panglima terkait pelaksanaan kebijakan pertahanan negara, pengembangan postur TNI, pengembangan doktrin, strategi militer dan Pembinaan Kekuatan TNI serta Penggunaan Kekuatan TNI.

Selain itu, orang nomor dua di TNI itu akan bertugas melaksanakan tugas panglima apabila panglima berhalangan sementara dan/atau berhalangan tetap, dan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh panglima. Sosok yang akan mengisi posisi tersebut adalah jenderal bintang empat.

Menurut Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Fadjroel Rachman mengatakan, Jokowi menghidupkan kembali menghidupkan kembali jabatan Wakil Panglima TNI karena ingin memberikan tugas khusus. Tugas yang diberikan tentunya akan terkait dengan program prioritas pemerintah.

"Tapi begini, posisi terkait dengan wakil menteri, wakil panglima, jelas kriterianya dari Bapak (Presiden) selalu untuk menangani tugas khusus atau tugas prioritas," ujar Fadjroel di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 7 November 2019.

Baca Juga: Jokowi Hidupkan Kembali Jabatan Wakil Panglima TNI

Dihidupkannya kembali jabatan Wakil Panglima TNI bukan sesuatu yang baru, karena sebelumnya Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko yang sekarang menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan sempat menghembuskan agar jabatan itu dihidupkan lagi pada 2015. Hal itu pun diamini Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno.


"Ya, memang Presiden sudah menandatangani Perpres 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI. Tapi perlu saya sampaikan usulan bukan muncul begitu saja di zaman sekarang. Jadi waktu zamannya Pak Moeldoko menjadi Panglima TNI usulan tersebut juga sudah ada, mengenai pentingnya ada wakil Panglima TNI," kata Pratikno, Kamis 7 November 2019.

Sumber: okezone

Polemik Wakil Panglima TNI, Hidup Lagi Usai 20 Tahun Mati

Polemik Wakil Panglima TNI, Hidup Lagi Usai 20 Tahun Mati

Polemik Wakil Panglima TNI, Hidup Lagi Usai 20 Tahun Mati

Polemik Wakil Panglima TNI, Hidup Lagi Usai 20 Tahun Mati

Polemik Wakil Panglima TNI, Hidup Lagi Usai 20 Tahun Mati

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya