0
Thumbs Up
Thumbs Down

Polda Metro Jaya dalami Kasus Roy Suryo soal Meme Stupa

genpi
genpi - Thu, 30 Jun 2022 02:30
Dilihat: 44

GenPI.co - Polda Metro Jaya memastikan bahwa kasus penyelidikan terkait kasus meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah ditingkatkan ke tahap penyidikan. Salah satunya mengenai laporan atas Roy Suryo.

Kombes Pol Endra Zulpan melihat adanya unsur pidana di dalam unggahan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu dan diduga telah melanggar hukum.

"Adapun pasal yang disangkakan terkait dengan kasus ini adalah Pasal 28 Ayat 2 jo Pasal 45 (a) Ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan atau Pasal 156 (a) KUHP dan atau Pasal 15 undang-undang Nomor 1 Tahun 1945 tentang peraturan hukum pidana," ungkap Zulpan di Polda Metro Jaya, Rabu (29/6).

Atas unggahan tersebut, polisi menilai Roy Suryo telah melakukan tindak pidana dugaan penistaan agama yang menyinggung umat Buddha di seluruh dunia.

Adapun dua laporan yang telah diterima Polda Metro dengan terlapor atas nama Roy Suryo yaitu dari pelapor Kurniawan Santoso dan pelapor bernama Kevin Wu di Bareskrim Polri.

"Polda Metro telah melakukan pemeriksaan terkait dengan adanya laporan polisi yang kami terima yaitu LP B/3042/VI/2022/SPKT/ Polda Metro Jaya atas nama pelapor Kurniawan Santoso dan limpahan laporan polisi dari bareskrim POLRI LP/B/0293/VI/ 2022/ SPKT/Bareskrim Polri tanggal 20 Juni tahun 2022, atas nama pelapor Kevin Wu," ungkap Zulpan.

Oleh karena itu, pihaknya pun telah menertibkan surat perintah tugas untuk menangani kasus ini.

"Penyidik dari Polda Metro juga telah menerbitkan surat perintah tugas untuk menangani kasus ini dengan nomor SP sidik/2857/VI/Ditreskrimsus tanggal 28 Juni 2022," ujar Zulpan.

Sebelumnya, perwakilan umat Buddha Nusantara, Kurniawan Santoso bersama kuasa hukumnya mendatangi lagi Direktorat Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya pada Selasa (28/6).

Pelapor juga sudah menjalani pemeriksaan terkait laporannya terhadap Roy Suryo soal meme stupa candi Borobudur yang diedit mirip wajah Jokowi.

Sementara itu, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko, membenarkan adanya pelaporan terhadap Roy Suryo ke Bareskrim Polri pada Senin, 20 Juni 2022.(*)

Jangan sampai ketinggalan! Kamu sudah lihat video ini ?

Sumber: genpi

Polda Metro Jaya dalami Kasus Roy Suryo soal Meme Stupa

Polda Metro Jaya dalami Kasus Roy Suryo soal Meme Stupa

Polda Metro Jaya dalami Kasus Roy Suryo soal Meme Stupa

Polda Metro Jaya dalami Kasus Roy Suryo soal Meme Stupa

Polda Metro Jaya dalami Kasus Roy Suryo soal Meme Stupa

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya