0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pilih Daihatsu Rocky 1.0 Atau Daihatsu Rocky 1.2

RajaMobil
RajaMobil - Wed, 27 Oct 2021 18:00
Dilihat: 267
Pilih Daihatsu Rocky 1.0 Atau Daihatsu Rocky 1.2

Daihatsu Rocky adalah salah satu jenis mobil SUV pabrikan dari produsen mobil ternama asal Jepang yaitu Daihatsu.

Perjalanan Daihatsu Rocky

Pada awalnya, Rocky pernah hadir di pasaran Indonesia pada tahun 1988, versi lawas tersebut jelas memiliki desain yang sangat jauh berbeda dengan varian yang rilis 2019 kemarin.

Pada waktu itu, Rocky mengusung mesin diesel tipe DL41 yang berkapasitas 2,765 cc. Namun setelah beberapa tahun beredar, pihak pabrikan memutuskan untuk mengganti dengan tipe mesin DL42, pun demikian tetap memiliki kapasitas mesin yang sama dengan pendahulunya.

Perbedaan dari DL41 dan DL42 yang signifikan adalah pada tenaga yang dihasilkan. DL42 mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar, yaitu mampu mencapai 76 dk/245 Npm. Tidak sampai di sektor mesin saja, saat itu Rocky juga mendapat upgrade di beberapa bagian lain seperti per keong pada bagian rear.

Dengan menggunakan per jenis tersebut Rocky adalah satu-satunya mobil yang memiliki bantingan yang cukup nyaman di kelasnya. Setelah berhasil menjadi pionir SUV keren di Indonesia, Rocky versi tahun 1988 ini resmi hilang dari pasaran pada tahun 1990 an.

Generasi kedua dari mobil SUV ini resmi dirilis kembali pada tahun 2019 silam. Mobil Daihatsu Rocky baru bertipe A200 ini juga resmi dirilis kembali dengan berbagai teknologi canggih pada tahun 2021 ini.

Spesifikasi Mobil Daihatsu Rocky

Sama seperti mobil lainnya, Daihatsu Rocky memiliki beberapa spesifikasi yang perlu Anda ketahui. Seperti eksterior, interior, mesin, sampai beberapa fitur pendukung lainnya. Semua spek tersebut akan dijabarkan di sub judul berikut ini.

Eksterior Rocky

Daihatsu mengusung desain sporty pada sisi eksterior SUV Rocky ini. Hal tersebut terpampang jelas dengan hadirnya grill besar dengan kombinasi LED runcing yang menegaskan kesan sporty pada mobil ini.

Tidak hanya itu saja, eksterior Daihatsu Rocky juga membawa desain kap mesin yang memiliki lekukan tegas dan gagah. Bumper mobil juga terpasang lebih tinggi yang membawa kesan eksklusif dan elegan. Bagian belakang mobil ini dilengkapi lampu LED komplit dengan pilar D menggantung.

Interior Rocky

Selain desain eksterior yang sangat dominan dengan kesan sporty tadi, SUV keren ini juga mengusung desain interior yang tidak kalah elegan dengan bagian luarnya. Kabin mobil ini terbilang sangat luas, kapasitas penumpang juga bisa mencapai 5 orang.

Area kabin yang leluasa tersebut dilengkapi dengan dashboard keren berwarna abu-abu beraksen aluminium. Hal yang menambah kesan garang dan sporty lebih kuat.

Mesin Rocky

Daihatsu Rocky mengusung mesin berkapasitas 996 cc tiga silinder 12 katup. Mesin SUV ini dilengkapi intercooler turbo berpendingin liquid coolant.

Mesin 996 cc tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 98,5 Hp / 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm / 4.000 rpm. Berbekal tenaga dan dukungan torsi yang besar tersebut, SUV gagah ini dapat digeber dalam kecepatan tinggi meski bobot Rocky terbilang berat.

Fitur Rocky

Tidak sampai hanya bagian desain dan dapur pacu saja. Bagian fitur yang serba canggih dalam mobil SUV modern ini juga tidak boleh luput dari pembahasan. Fitur yang melengkapi SUV keren ini lengkap dari fitur hiburan sampai fitur untuk keamanan pengendaranya. Untuk hiburan, Rocky mempunyai fitur In-Car Entertainment System yang merupakan andalan SUV Daihatsu 2021 ini.

Fitur In-Car Entertainment ini didukung dengan 4 speaker, 2 unit tweeter, dan lengkap dengan touchscreen 9 inch. Semua fitur hiburan tadi dapat dengan mudah diakses melalui konektivitas bluetooth ataupun kabel USB. Sedangkan untuk fitur keamanan, Daihatsu Rocky dilengkapi dengan fitur bernama Daihatsu Smart Assist.

Smart Assist sendiri terbagi menjadi beberapa fitur seperti Adaptive Cruise Control, Lane Keep Assist, dan Rear Cross Traffic Alert. Seluruh fitur canggih tadi mampu bekerja optimal dengan dukungan kamera sensor ultrasonik yang terletak di setiap spion mobil. Kamera-kamera tersebut akan mendeteksi kendaraan atau objek lain yang sekiranya mengancam keselamatan berkendara.

Fitur yang tidak kalah penting lainnya adalah hadirnya panel instrumen yang berbentuk LCD. Fitur ini mampu menampilkan beberapa informasi real time terkait kinerja dan performa kendaraan ini, seperti kecepatan, putaran mesin, hingga indikator konsumsi bahan bakar.

Pada tahun 2021 ini, Daihatsu resmi merilis tipe baru dari Rocky. Selain Rocky 1.0, juga hadir tipe 1.2 yang merupakan opsi tambahan. Hampir tidak ada perbedaan yang mencolok dari kedua tipe Rocky ini. Tapi jika Anda perhatikan lebih spesifik lagi, nyatanya ada perbedaan dari dua Rocky tersebut. Berikut pembahasannya.

Perbedaan Daihatsu Rocky 1.0 dan 1.2Mesin Mobil Yang Diusung

Perbedaan pertama yang perlu Anda ketahui adalah pada bagian mesin. Tipe 1.0 L berbekal mesin 998 cc dengan 3 silinder turbo charger. Sedangkan untuk tipe 1.2 L mengusun mesin dengan kode WA-VE 3 silinder yang merupakan upgrade kecil dari pendahulunya. Mesin tipe ini lebih bertenaga dan lebih irit bahan bakar.

Tidak salah jika mesin tipe tersebut mendapat predikat sebagai World Premier, karena memang benar belum ada model mobil lain yang mengusung mesin tipe ini. Meski menggunakan tipe mesin berbeda, kedua tipe Rocky baik 1.0 dan 1.2 tetap dapat Anda andalkan untuk dipacu di jalanan dengan kecepatan tinggi meskipun bobot mobil tergolong cukup berat.

Fitur Security Mobil

Perbedaan kedua adalah bagian fitur keamanan. Daihatsu Rocky 1.0 memiliki fitur lebih lengkap. Tipe 1.0 mempunyai Advanced Safety Assist (A.S.A), fitur keselamatan yang mempunyai 6 fungsi sekaligus. 6 fitur tersebut antara lain pre-collision braking, pre-collision warning, pedal misoperation control, front departure alert, lane departure warning, dan lane departure prevention. Semua fitur tersebut mampu mengurangi dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Pada bagian eksterior Rocky tipe 1.0 juga dilengkapi dengan fitur rear LED combi lamp, front LED, dan rear spoiler with high mount stop lamp yang menjadikan tongkrongan Rocky semakin trendy. Pada bagian interior 1.0, konsep dashboard cockpit driver didukung fitur pelengkap seperti key free, star and stop button, dan auto retractable mirror.

Sedangkan pada Daihatsu Rocky 1.2 tidak menghadirkan fitur keamanan di atas. Meskipun demikian tipe 1.2 juga tidak kalah canggih, karena tipe ini sudah mengusung standar keamanan berupa Dual Airbags untuk driver dan penumpang sekaligus.

Selain itu juga ada seatbelt reminder serta tidak ketinggalan rem ABS EBD. Khusus untuk tipe Rocky 1.2M CVT, fitur keamanan dan keselamatan terdapat tambahan fitur bernama VSC (Vehicle, Stability Control) dan Hill Start Assist (HSA).

Varian dan Harga

Dari dua tipe Rocky tersebut, masing-masing memiliki varian yang berbeda. Rocky 1.0 tersedia dalam 5 varian, antara lain 1.0 R TC ASA, 1.0 R TC MT ADS, 1.0 R TC CVT ADS, 1.0 R TC CVT (transmisi otomatis), serta 1.0 R TC MT (manual transmission).

Sedangkan tipe 1.2 hadir dengan 6 varian antara lain 1.2 X CVT ADS, 1.2 X CVT, 1.2 X MT ADS, 1.2 X MT, 1.2 M CVT, serta 1.2 M MT.

Rocky tipe 1.0 dibanderol dengan harga mulai Rp 222,6 juta hingga Rp 245,4 juta. Di lain sisi untuk Rocky 1.2 mulai dengan harga Rp 185,8 juta sampai Rp 223,1 juta.

Pembahasan tentang spek dan perbedaan kedua tipe Rocky di atas memberikan gambaran perbedaan signifikan dari tipe 1.0 dan 1.2.

Tipe dan varian apapun dari Daihatsu Rocky ini sangat direkomendasikan semua, karena Daihatsu sendiri selalu membekali fitur dan produk terbaik di setiap mobil keluarannya.


The post Pilih Daihatsu Rocky 1.0 Atau Daihatsu Rocky 1.2 appeared first on Review dan Berita Mobil.

Sumber: RajaMobil

Pilih Daihatsu Rocky 1.0 Atau Daihatsu Rocky 1.2

Pilih Daihatsu Rocky 1.0 Atau Daihatsu Rocky 1.2

Pilih Daihatsu Rocky 1.0 Atau Daihatsu Rocky 1.2

Pilih Daihatsu Rocky 1.0 Atau Daihatsu Rocky 1.2

Pilih Daihatsu Rocky 1.0 Atau Daihatsu Rocky 1.2

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya