0
Thumbs Up
Thumbs Down

Perbedaan Suzuki XL7, Alpha, Beta, dan Zeta, Pilih Mana?

RajaMobil
RajaMobil - Sat, 11 Dec 2021 17:30
Dilihat: 355
Perbedaan Suzuki XL7, Alpha, Beta, dan Zeta, Pilih Mana?

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) merupakan Agen Pemegang Merek (APM) mobil Suzuki Indonesia, setelah menyegarkan Ertiga lalu mengeluarkan Suzuki XL7. Suzuki menghadirkan mobil ini dalam tiga varian, yakni Alpha, Beta, dan Zeta.

Tingkatan Zeta merupakan varian paling basic dengan harga rendah. Kemudian Alpha memiliki fitur komplit namun dibanderol dengan harga Suzuki XL7 Alpha merupakan yang tertinggi, sementara varian penengah adalah Beta. Suzuki XL 7 ini datang dengan ground clearance lebih tinggi, hal tersebut yang menjadikannya berbeda dengan model All New Ertiga.

Inilah Perbedaan Suzuki XL7, Alpha, Beta, dan Zeta

Suzuki Indonesia membandrol harga cukup kompetitif, apabila kita melihat dari spesifikasi dan fitur yang dibawa. Ketiga varian mobil dari Suzuki XL7 ini tersedia dalam pilihan transmisi manual dan otomatis. Semua variannya mengusung mesin K15B, 4-silinder 1,462 cc.

Kemudian untuk daya yang dihasilkan adalah 105 PS / 6.000 rpm dengan torsi maksimal 138 Nm / 4.400 rpm. Output tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis (AT) 4-speed dan manual (MT) 5-speed, perbedaannya terletak pada harga. Untuk varian otomatis jauh lebih mahal daripada transmisi manual. Pada dasarnya, semua varian mobil dari Suzuki ini mempunyai spesifikasi hampir sama.

Eksterior

Mendongkrak suasana Sport Utility Vehicle (SUV), ketiga varian dari XL7 ini mempunyai kelengkapan eksterior standar. Berkat root railing sebagai dudukan roof rack, perihal pengangkutan barang lebih maksimal. Selain itu, terdapat lampu LED bagian depan dan belakang pada semua varian.

Untuk varian Zeta, sebutan basic untuk tipe ini sebenarnya kurang pas. Sebab, secara menyeluruh keseluruhan lekukan-lekukan pada mobil ini hampir menyerupai Beta. Meskipun terbilang varian rendah, namun pelek yang digunakan adalah alloy 16 inchi berbalut ban dengan ukuran 195 / 60. Pelek tersebut hampir sama dengan milik Beta dan Alpha.

Kemudian perbedaan Suzuki XL7 antara Zeta, Beta, dan Alpha terlihat dari door handle. Zeta senada dengan warna bodinya, sedangkan varian lainnya berlapiskan kromium.

Pada bagian atap, Alpha dicat dengan warna hitam, sedangkan varian Zeta dan Beta tidak menggunakan baju two-tone. Rear upper spoiler dan garnish plat nomor Alpha terletak di belakang, lalu emblemnya menempel. Selain itu, perbedaan terletak pada pelindung sill bagian dalam pintu dan door visornya. Aksesori pada varian Alpha ini sangat beragam dan lebih lengkap dari pada Zeta dan Beta.

Suzuki XL7 tipe Zeta dan Beta memanjakan pengguna dengan berbagai pilihan warna menarik. Warna-warna tersebut antara lain Prime Cool Black, Pearl Snow White, Pearl Burgundy Red, dan Metallic Magma Grey. Sayangnya dari warna-warna yang tersedia pada varian Zeta dan Beta tidak ada kombinasi warna 2 nada.

Khusus varian tertinggi Alpha, tersedia pilihan warna ciamik seperti, Rising Orange and Black, Brave Khaki and Black, Prime Cool Black, serta Prime Snow White. Hal ini yang membuat varian Alpha menjadi semakin menarik. Pasalnya terdapat kombinasi 2 nada dari warna-warna yang elegan.

Interior

Apabila kita melihat sekilas, perbedaan ketiga tipe tersebut tidak begitu terlihat. Di bawah dashboard, AC digital ditempatkan namun belum terdapat fitur otomatis. Varian Suzuki XL7 semuanya menggunakan penyejuk kabin digital. Lengkap dengan fitur praktis power outlet yang ada di baris satu dan dua. Bahkan Anda dapat menggunakannya untuk mengisi daya pada ponsel.

Beralih ke bagian tengah terdapat arm rest untuk penumpang di baris tengah. Kemudian pada kemudi Beta telah berbalut material yang terbuat dari kulit, pada baris depan dan kedua terdapat arm rest, AC Auto Climate, tambahan pemanas, serta cup holder berventilasi pendingin. Dashboard dan jok terbuat dari bahan fabric hampir mendominasi seluruh kabin.

Baca Juga: Intip Perbandingan Suzuki XL7 dengan Honda BRV

Ornamen serat karbon tersebut menjadi penguat kesan sporty. Kemudian terdapat layar 8 inci yang terpampang di tengah dashboard. Untuk menyalakan dan mematikan mesin, pada tipe Beta memakai tombol dan keyless entry.

Meskipun Zeta terbilang varian terbawah dari Suzuki XL7, namun tidak perlu meragukan perangkat yang tersemat di dalamnya. Tampilannya menggunakan eksterior LED pada lampu utama, DRL untuk lampu siang hari auto-on serta lampu belakang. Pada Zeta terdapat konektivitas Bluetooth yang dapat dioperasikan dengan mudah dari kemudi.

Tipe Zeta menggunakan handle pintu dengan warna yang sama dengan bodinya. Kemudian dikombinasikan dengan palang kromium di grille, cladding hitam pada wheel arch, lower bumper, dan pelek berukuran 16 inci. Lalu pada varian Beta dan Alpha terdapat tambahan handle pintu berwarna krom.

Namun berbeda dengan Alpha, karena di dalamnya terdapat Smart e-Mirror yang dapat mengawasi belakang mobil dari layar di balik cermin spion tengah. Menariknya, fitur dash cam dapat merekam seluruh kejadian di depan mobil. Pengguna semakin dimanjakan berkat hadirnya dua tweeter tambangan untuk akurasi nada frekuensi tinggi.

Safety

Suzuki XL7 berbekal fitur safety seperti ABS, EBD, rear camera, rear parking sensor, security alarm, dan masih banyak lagi. Kemudian khusus untuk varian Alpha terdapat beberapa penambahan aksesori. Diantaranya adalah rear upper spoiler, door visor, door sill guard, number plate garnish chrome, unit touchscreen 8 inci dengan emblem Alpha, dan smart e-mirror.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, tersedia dual airbag yang akan menggembung dan memberikan perlindungan kepada para penumpang dari hantaman yang keras. Asisten bermanuver terbaik oleh sensor dari kamera parkir.

Namun sayangnya terdapat dua komponen yang tidak disematkan pada sektor keamanan Zeta. Pertama adalah Hill Hold Control yang berfungsi menahan posisi ketika menanjak supaya tidak mundur bebas. Komponen kedua adalah Vehicle (VSC) untuk mengurangi risiko selip ketika menikung. Karena pada kendaraan yang memiliki postur tinggi dalam keadaan ekstrim, selip bisa mengakibatkan posisi rebahan.

Mesin

Perbedaan Suzuki XL7 Alpha, Beta, dan Zeta dari sektor pemacu daya masing-masing dibekali dengan unit K15B 1.500 cc dari Ertiga. Kekuatan memuntirnya 138 NM dengan angka output yang terbilang biasa saja, yakni tercatat 104,7 PS. Tenaga tersebut kemudian disalurkan ke roda bagian depan melalui lima percepatan transmisi manual dan empat percepatan otomatis.

Konsumsi BBM Suzuki XL7 hampir sama dengan Ertiga. Pasalnya mesin yang digunakan adalah K15B berkapasitas 1.462 cc pada tipe 4 silinder. Jika dilihat dari tes di jalanan perkotaan dengan average speed 22 km/jam, KL7 Alpha AT mencapai 14,1 km/l.

Mengingat kondisi lalu lintas yang beragam, termasuk rute macet, konsumsi BBM kendaraan ini lumayan irit. Kemudian rute dengan kecepatan tinggi mencapai 18,6 km/l. Dengan demikian konsumsi bahan bakar Suzuki XL7 termasuk irit di kelasnya.

Hal ini menjadi salah satu kelebihan dari kendaraan tersebut. Jadi, konsumsi BBM mobil ini hampir sama dengan Ertiga karena memakai mesin yang sama.

Mulai dari eksterior hingga kelengkapan safety, fitur Zeta lumayan komplit sehingga cocok untuk Anda pinang. Namun, jika anggaran Anda lebih, maka dapat memilih peningkatan pada piranti keselamatan berupa VSC dan fitur tambahan seperti tombol start dan stop engine, cup holder berventilasi, hingga smart e-mirror. Pilihan Suzuki XL7 dapat Anda jatuhkan pada tipe menengah Beta atau Alpha yang eksklusif.


The post Perbedaan Suzuki XL7, Alpha, Beta, dan Zeta, Pilih Mana? appeared first on Review dan Berita Mobil.

Sumber: RajaMobil

Perbedaan Suzuki XL7, Alpha, Beta, dan Zeta, Pilih Mana?

Perbedaan Suzuki XL7, Alpha, Beta, dan Zeta, Pilih Mana?

Perbedaan Suzuki XL7, Alpha, Beta, dan Zeta, Pilih Mana?

Perbedaan Suzuki XL7, Alpha, Beta, dan Zeta, Pilih Mana?

Perbedaan Suzuki XL7, Alpha, Beta, dan Zeta, Pilih Mana?

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya