0
Thumbs Up
Thumbs Down

Penyaluran KPR Bersubsidi Jadi Penopang Bank Ini

Rumah
Rumah - Fri, 23 Oct 2020 12:16
Dilihat: 42
Penyaluran KPR Bersubsidi Jadi Penopang Bank Ini

- Setiap perusahaan harus ekstra berjuang saat situasi bisnis yang tidak menentu akibat pandemi Covid-19. Di tengah berbagai kendala tersebut Bank BTN masih bisa mencatatkan kinerja yang memuaskan hingga periode kuartal ketiga 2020 dengan penyaluran kredit KPR bersubsidi yang tumbuh signifikan.

Periode kuartal ketiga 2020 menjadi periode dengan catatan kinerja yang positif bagi Bank BTN dan hal ini menjadi berkah tersendiri di saat situasi pandemi Covid-19. Bank yang fokus menyalurkan pembiayaan perumahan ini bisa mencatatkan laba bersih yang naik signifikan mencapai 39,72 persen secara tahunan (year on year/YOY) atau dari Rp801 miliar menjadi Rp1,12 triliun.

Menurut Direktur Utama Bank BTN Pahala Nugraha Mansury, Bank BTN terus melakukan berbagai langkah penguatan dan terbukti bisa menunjukan hasil yang positif saat situasi pandemi ini. Diantaranya, bank BUMN ini melakukan penguatan dari sisi kualitas aset, likuiditas, permodalan bisnis, hingga berbagai langkah efisiensi.

"Di tengah berbagai tekanan akibat pandemi, kenaikan laba bersih Bank BTN menjadi bukti strategi yang kami lakukan berada pada jalur yang tepat. Hingga akhir tahun nanti kami optimistis bisa mencapai target penyaluran kredit maupun laba bersih dengan berbagai indikator kinerja beberapa bulan ini," ujarnya.

Di tengah berbagai perubahan perilaku nasabah terkait situasi pandemi hingga pertumbuhan transaksi melalui kanal elektronik ataupun digital yang mencapai 38 persen. Bank BTN masih mencatatkan realisasi penyaluran kredit bulanan yang juga terus meningkat saat bulan April lalu mengalami realisasi yang terendah.

Pada bulan April 2020, Bank BTN mencatatkan transaksi penyaluran kredit bulanan sebesar Rp1,876 triliun. Pada bulan Juni langsung meningkat menjadi Rp3,044 triliun dan bulan September menjadi Rp4,405 triliun. Pencapaian ini membuat optimistis target penyaluran kredit akan tercapai pada tahun ini bahkan untuk bulan Oktober ini diperkirakan angkanya akan mencapai lebih dari Rp5 triliun.

Ingin punya rumah lewat KPR tapi sering ditolak? Simak informasinya di video berikut ini agar lolos KPR bank!

Penyaluran kredit perumahan khususnya untuk segmen KPR bersubsidi juga telah menjadi penopang pendapatan Bank BTN. Pada periode kuartal ketiga tahun ini, Bank BTN telah menyalurkan pembiayaan perumahan senilai Rp254,91 triliun. Untuk penyaluran KPR bersubsidi nilainya mencapai Rp116,32 triliun atau naik 4,19 persen dari Rp111,64 triliun.

Sementara untuk penyaluran kredit KPR non subsidi nilainya mencapai Rp80,18 triliun hingga kuartal ketiga 2020 ini. Dengan begitu, total Bank BTN telah menyalurkan KPR sebesar Rp196,51 triliun atau naik 1,39 persen yoy dari Rp193,8 triliun. Pada segmen kredit non perumahan Bank BTN menyalurkan senilai Rp23,57 triliun.

Selain itu Bank BTN juga sukses mencatatkan penurunan beban bunga dan meningkatkan efisiensi perusahaan dan mencatatkan kenaikan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK). Nilai DPK naik 18,66 persen dari Rp230,35 triliun menjadi Rp273,33 triliun pada kuartal ketiga tahun ini.

"Kami juga berhasil menjaga kualiitas aset meski tekanan akibat pandemi belum mereda. Kami juga berhasil menurunkan rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) net di level 2,26 persen dari posisi bulan yang sama tahun sebelumnya di level 2,33 persen. Sejalan dengan komitmen kami untuk memupuk coverage ratio, per September coverage ratio kami di level 111,36 persen atau melesat dari 52,67 persen pada periode yang sama tahun lalu," jelas Pahala.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar PropertidanPanduan Referensiseputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Rumah

Penyaluran KPR Bersubsidi Jadi Penopang Bank Ini

Penyaluran KPR Bersubsidi Jadi Penopang Bank Ini

Penyaluran KPR Bersubsidi Jadi Penopang Bank Ini

Penyaluran KPR Bersubsidi Jadi Penopang Bank Ini

Penyaluran KPR Bersubsidi Jadi Penopang Bank Ini

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya