0
Thumbs Up
Thumbs Down

Penjualan Masih Berat, Pengembang Terus Berikan Berbagai Kemudahan Untuk Konsumen

Rumah
Rumah - Tue, 29 Sep 2020 15:53
Dilihat: 35
Penjualan Masih Berat, Pengembang Terus Berikan Berbagai Kemudahan Untuk Konsumen

- Kalangan pengembang masih merasakan beratnya dampak bisnis akibat pandemi Covid-19. Sulitnya membukukan transaksi penjualan membuat target-target marketing sales pada tahun ini masih di bawah target yang diterapkan. Untuk itu diterapkan berbagai strategi untuk mengurangi dampak buruk ini.

Kondisi pasar yang berat masih terus dirasakan kalangan pengembang akibat dampak pelemahan bisnis dari pandemi Covid-19. Kelesuan transaksi penjualan dirasakan hampir oleh semua pengembang tanpa terkecuali termasuk kalangan pengembang yang telah menerapkan perusahaan Terbuka (Tbk).

Salah satunya adalah pengembang PT Metropolitan Land Tbk (Metland) yang hingga periode semester pertama (Januari-Juni) 2020 catatan transaksi penjualannya masih cukup berat. Perusahaan dengan kode di pasar bursa MTLA ini meraih marketing sales semester pertama sebesar Rp540 miliar atau sekitar 27 persen dari target perusahaan sebesar Rp2 triliun pada tahun 2020 ini.

Direktur Metland Olivia Surodjo mengatakan, pendapatan ini disumbang dari aktivitas presales properti sebesar Rp365 miliar dan pendapatan berulang (recurring income) Rp175 miliar. Total semester pertama 2020 ini Metland meraih pendapatan usaha sebesar Rp390 miliar dan laba bersih sebesar Rp88 miliar.

"Pendapatan ini turun dibandingkan periode yang sama tahun 2019 lalu. Penurunan ini sejalan dengan kondisi perekonomian global dan khususnya Indonesia yang mengalami perlambatan akibat Covid-19. Selain itu pendapatan berulang yang lebih rendah dari properti komersial karena adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang berlaku penuh selama 2,5 bulan ini," ujarnya.

Selain itu penjualan produk properti residensial juga merupakan salah satu sektor yang terdampak cukup dalam. Hal ini, jelas Olivia, karena segmen utama Metland dari kalangan pengguna akhir (end user) yang kebanyakan memilih untuk menyimpan uangnya saat situasi pandemi ini kendati membelanjakannya untuk produk properti.

Sementara itu untuk kontribusi terbesar perusahaan masih dari proyek di Metland Cibitung, Metland Cileungsi, dan Metland Menteng. Penjualan rumah untuk kelas middle to middle low di Metland Cibitung dan Metland Cileungsi masih cukup baik karena kebutuhan masyarakat yang besar. Demikian juga untuk penjualan di Metland Menteng.

Inilah kebijakan pemerintah yang akan bantu masyarakat agar punya rumah. Selengkapnya nonton yuk di video berikut ini.

Akhirnya, perusahaan menerapkann strategi penundaan untuk banyak pengembangan proyek yang sebetulnya telah ditargetkan pada tahun ini. Pengembangan proyek-proyek baru maupun pembangunan proyek-proyek komersial yang sedang berlangsung semuanya ditunda hingga menunggu situasi perekonomian yang lebih baik.

Namun begitu beberapa proyek tetap dikerjakan misalnya pembangunan Rumah Sakit Hermina di dalam kawasan Metland Cibitung yang melakukan groundbreaking akhir pekan lalu. RS Hermina dibangun di atas lahan seluas 6.000 m2 yang akan mencakup enam lantai dengan fasilitas 150 tempat tidur.

Fasilitas yang berada di rumah sakit ini meliputi radiologi, laboratorium, ruang operasi, ruang ginekolog, serta sarana pendukung lainnya. RS Hermina ditargetkan akan beroperasi akhir tahun depan dan diharapkan bisa menjadi salah satu fasilitas yang dapat digunakan oleh penghuni di Metland Cibitung.

Metland juga tetap melanjutkan pemasaran untuk proyek residensial seperti Metland Menteng yang tengah memasarkan Klaster Jura untuk rumah yang menyediakan tiga kamar tidur. Begitu pula untuk segmen middle to middle low yang pemasarannya masih relatif baik seperti di Metland Cileungsi. Sementara itu di Metland Puri dan Metland Cibitung akan meluncurkan tipe baru untuk bulan Oktober 2020.

Untuk aktivitas perkantoran Metland, saat ini masih diterapkan program new normal dan untuk memberikan kemudahan kepada konsumen ada beberapa program menarik untuk pembelian produk Metland. Misalnya, kemudahan diskon hingga Rp500 juta dan pembebasan biaya-biaya seperti BPHTB, KPR, dan AJB.

"Kemudahan ini kami hadirkan dengan tambahan beberapa value lain seperti hadiah langsung berupa kitchen set, AC, logam mulia, voucher belanja senilai hingga Rp10 juta, dan sebagainya. Program ini dihadirkan untuk seluruh produk residensial seperti apartemen, Metland Menteng, Metland Puri, Metland Transyogi, Metland Cileungsi, Metland Tambun, Metland Cibitung, Metland Cyber City, M Gold Tower, dan Kaliana Apartment," beber Olivia.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar PropertidanPanduan Referensiseputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Rumah

Penjualan Masih Berat, Pengembang Terus Berikan Berbagai Kemudahan Untuk Konsumen

Penjualan Masih Berat, Pengembang Terus Berikan Berbagai Kemudahan Untuk Konsumen

Penjualan Masih Berat, Pengembang Terus Berikan Berbagai Kemudahan Untuk Konsumen

Penjualan Masih Berat, Pengembang Terus Berikan Berbagai Kemudahan Untuk Konsumen

Penjualan Masih Berat, Pengembang Terus Berikan Berbagai Kemudahan Untuk Konsumen

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya