0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pengamat: Pertemuan Jokowi - Alumni 212 Deal Politik

Indonesia Raya News
Indonesia Raya News - Thu, 26 Apr 2018 16:37
Dilihat: 746
Pengamat: Pertemuan Jokowi - Alumni 212 Deal Politik

@IRNews | Jakarta - Pertemuan Presiden Jokiw - Alumni 212 terus bergulir. Para pengamat politik berpendapat, terungkapnya pertemuan itu merugikan Alumni 212. Sebab, bisa menimbulkan persepsi publik bahwa mereka berpolitik.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Ubedilah Badrun, berpendapat, Alumni 212 menyembunyikan sesuatu hal dari pertemuan tersebut.

Dia mengibaratkan bahwa dunia sekarang ini seperti rumah kaca, di mana semua orang bisa tahu segala macam hal. Baginya, pertemuan semacam itu harusnya tak perlu lagi ditutupi.

"Saya melihatnya kalau itu bocor berarti kecelakaan bagi mereka (Alumni 212). Yang lainnya dari pertemuan itu adalah keuntungan untuk Jokowi, walaupun belum ada konfirmasi mengenai bahasan dari pertemuan itu," ujarnya, kepada wartawan, Rabu (25/4).

Terpisah, pengamat politik Bawono Kumoro menilai ada kepentingan tersendiri yang dimiliki oleh Alumni 212 sehingga tidak menginginkan pertemuan tersebut diketahui publik.

"Ada kepentingan yang coba diseimbangkan oleh kelompok 212," kata dia.

Kepentingan pertama adalah menjaga kepentingan kelompok umat Islam umat Islam yang selama ini menjadi basis kekuatan kelompok tersebut.

Kepentingan kedua, kepentingan politik. Terungkapnya pertemuan itu potensial mengganggu basis massa umat Islam yang selama ini dimiliki dan relasi dengan partai politik yang menjadi oposisi pemerintah.

Kepentingan ketiga, kepentingan menjaga citra. Sebab, ada kekhawatiran pertemuan tersebut akan membuat Alumni 212 dicap sebagai kelompok yang mencoba mendapatkan kekuasaan.

"Dicap atau dipersepsikan tidak lebih sebagai kelompok yang mencoba meraih kekuasaan, alasan berjuang untuk kepentingan umat hanya kamuflase atau hanya slogan-slogan, ada semacam kekhawatiran semacam itu," tutur Bawono.

Kekhawatiran tersebut, kata Bawono terbukti dengan reaksi cepat yang dilakukan oleh Alumni 212 dengan menggelar konferensi pers untuk memberikan penjelasan tentang pertemuan dengan Jokowi.

Peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Indria Samego menyebut pertemuan antara Alumni 212 dengan Jokowi sebagi tanda kemenangan Jokowi dalam mengendalikan pihak oposisi. Pasalnya, selama ini Alumni 212 memang santer bersuara dan memberikan kritik terhadap Jokowi.

"Ya jadi saya kira kemenangan Jokowi untuk mengendalikan oposisi," ujarnya.

Indria menilai pertemuan tersebut juga menunjukkan jika Alumni 212 terkesan plin-plan dengan sikap yang selama ini ditunjukkan kepada Jokowi.

"Plin plan karena 212 kan memang keras terhadap Jokowi, sikap yang tidak mau kompromi, tapi ternyata kooperatif juga," kata Indria.

Namun, Bawono menilai pertemuan itu belum bisa dijadikan indikasi Alumni 212 akan beralih memberikan dukungan pada Jokowi. Sebab, pertemuan tersebut baru merupakan pertemuan awal.

Menurutnya, masih ada proses panjang jika memang akhirnya Alumni 212 akan mendukung Jokowi, terutama dalam kaitannya membahas konsesus atau kesepakatan antara kedua belah pihak.

"Misalnya, Habis Rizieq dipulangkan tanpa perlu diusut kasus hukumnya yang coba ditawarkan Jokowi, atau mungkin konsensus lainnya ya sudah tidak ada lagi kriminalisasi ulama, dan sebagainya, 212 bisa memberikan apa ke Jokowi," ujar Bawono.

Bawono mengatakan proses kesepakatan antara Alumni 212 dengan Jokowi tak jauh berbeda seperti sebuah partai politik yang mencoba mendekati calon presiden yang berpotensi memenangkan Pilpres.

Sebelumnya, Sekretaris Tim 11 Ulama Alumni 212 Muhammad Al Khaththath menyatakan pertemuan tersebut tidak membahas soal dukungan kepada Jokowi di Pilpres 2019.


"Tidak ada persepsi kami mendukung. Tidak ada deal dan dukung-mendukung," kata dia. (*)

Pengamat: Pertemuan Jokowi - Alumni 212 Deal Politik

Pengamat: Pertemuan Jokowi - Alumni 212 Deal Politik

Pengamat: Pertemuan Jokowi - Alumni 212 Deal Politik

Pengamat: Pertemuan Jokowi - Alumni 212 Deal Politik

Pengamat: Pertemuan Jokowi - Alumni 212 Deal Politik

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya