0
Thumbs Up
Thumbs Down

Penerapan Rekapitulasi Elektronik Tunggu Hasil Simulasi

Republika Online
Republika Online - Wed, 08 Jan 2020 14:44
Dilihat: 21
Penerapan Rekapitulasi Elektronik Tunggu Hasil Simulasi

JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar simulasi pengisian formulir hasil penghitungan suara di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) dalam rangka penerapan rekapitulasi elektronik (rekap-el) pada pemilihan tahun 2020 di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (7/1). Hasil simulasi tersebut masih membutuhkan waktu untuk dianalisis tim teknologi informasi (IT).

"Tim IT itu lah yang akan mempelajari menganalisis dan kemudian memberikan hasilnya kepada kami, kepada KPU," ujar Komisioner KPU RI Evi Novida Manik saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (8/1).

Ia menjelaskan, simulasi itu juga merupakan rangkaian uji coba pertama dalam menerapkan rekap-el pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. KPU pusat menguji coba pengisian formulir model C-KWK yang berukuran plano untuk hasil penghitungan suara.

KPU akan mendapatkan jenis formulir yang tepat mulai dari ketebalan dan kontras kertas yang akan digunakan untuk mendukung implementasi teknologi rekap-el. Kemudian sampai kepada cara penulisan manual pada formulir oleh masing-masing Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Ketika formulir itu difoto oleh petugas KPPS lalu dikirimkan ke server KPU dapat terbaca oleh sistem. Saat simulasi petugas menggunakan telepon seluler yang memiliki kamera dan dapat mengambil foto formulir tersebut.

"Itu kita lakukan pertama adalah untuk merekayasa formulir jadi supaya bisa terbaca dengan teknologinya, teknologi yamg akan kita gunakan untuk e-rekap," kata Evi.

Ia menuturkan, formulir itu juga didesain dengan tiga jenis metode teknologi yakni optical character recognition (OCR), optical mark reader (OMR), serta gabungan OCR dan OMR. Ketiga jenis ini masih dipertimbangkan oleh KPU sebagai pilihan yang tepat untuk digunakan dalam rekap-el.

Sistem OCR merupakan sistem yang berfungsi memindai gambar atau foto formulir rekapitulasi suara yang ditulis manual oleh petugas menjadi teks yang nantinya dikonversi dalam bentuk hitungan suara berbasis elektronik. Sedangkan OMR adalah sistem yang membaca tanda bulatan dalam formulir yang diisi petugas seperti diterapkan pada ujian nasional.

"Kemudian yang ketiga adalah gabungan dari OCR dan OMR tadi. Ini yang juga kami tes dengan menggunakan keterangan kontras tadi yang 85 persen dengan 90 persen. Kemudian kalau kertasnya sama ininya. Kemudian itu yang mau kami ketahui bagaimana nanti pembacaan oleh teknologi itu dari mulai foto itu, ketajaman," jelas Evi.

Evi menambahkan simulasi pengisian formulir rekapitulasi suara ini hingga foto yang diambil, masih dianalisis tim IT mana yang paling akurat. Hasilnya KPU akan memilih dari ketiga metode itu untuk diterapkan dalam rekapitulisasi elektronik.

"Sehingga nanti hasilnya kami bisa diberikan hasil analisis dari tim IT itu apa yang akan kita gunakan, OCR, OMR atau gabungan keduanya digunakan," lanjut Evi.


Berita Terkait
  • Mulai Kemarin, Kepala Daerah Dilarang Rotasi Pejabat
  • Pilkada 2020, KPU Jatim Terapkan Rekapitulasi Elektronik
  • Pilkada Diyakini tak Ganggu Persiapan Piala Dunia U20
Berita Lainnya
  • Jepang Kirimkan Kapal Tempur Ke Timur Tengah
  • Gubernur Sumbar Ajak Berzikir di Malam Tahun Baru

Penerapan Rekapitulasi Elektronik Tunggu Hasil Simulasi

Penerapan Rekapitulasi Elektronik Tunggu Hasil Simulasi

Penerapan Rekapitulasi Elektronik Tunggu Hasil Simulasi

Penerapan Rekapitulasi Elektronik Tunggu Hasil Simulasi

Penerapan Rekapitulasi Elektronik Tunggu Hasil Simulasi

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya