0
Thumbs Up
Thumbs Down

Penerapan Konsep Green Harus Dimulai Oleh Pemerintah

Rumah
Rumah - Fri, 13 Mar 2020 11:19
Dilihat: 53
Penerapan Konsep Green Harus Dimulai Oleh Pemerintah

- Pengembang saat ini masih jauh dari penerapan konsep green property. Padahal adanya konsep ini bisa memberikan dampak luas yang dirasakan langsung. Melakukan hal konkrit lebih efektif dibandingkan hanya imbauan saja.

Selama ini konsep green property atau pengembangan yang lebih berwawasan lingkungan hanya bagus di konsep karena penerapannya belum banyak dilakukan. Masih banyak kalangan pengembang yang menyebut konsep green property dalam pengembangan proyeknya hanya sekadar untuk gimmick marketing. Sampai saat ini penerapannya masih sangat jauh dari konsep ideal.

Menurut Nirwono Joga, pengamat perkotaan dari Universitas Trisakti Jakarta, semua pihak harus berpartisipasi dan memulai penerapan konsep green dari hal yang paling mungkin dilakukan dan pada banyak hal. Dampaknya bisa lebih luas dan bisa dirasakan langsung.

"Kalau dampaknya mau lebih luas memang harus pemerintah khususnya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang memang salah satu fokusnya pada bidang perumahan. Pemerintah harus bisa memberikan hal konkrit, misalnya insentif pengurangan pajak atau lainnya bagi kalangan pengembang yang mulai menerapkan konsep hijau pada proyeknya," ujarnya.

Kota mandiri memang dibangun untuk jangka panjang, tetapi berpotensi baik untuk diinvestasikan kemudian. Simak jurus investasinya di video berikut ini, ya!

Sebagai kementerian fisik, PUPR dengan kewenangannya bisa membantu pengembang untuk sarana prasana utilitas (PSU) sehingga pengembang menjadi berlomba-lomba untuk menerapkan konsep green pada proyek maupun untuk mengejar insentif pajaknya. Dengan begitu ada insentif yang jelas untuk pengembang memulai penerapan konsep yang lebih berwawasan lingkungan pada proyeknya.

Selain itu harus ada standarisasi dari produk maupun bahan-bahan material bangunan yang bisa memunculkan sentra-sentra industri baru di daerah. Selama ini material bahan bangunan terpusat di Pulau Jawa sehingga distribusinya ke berbagai daerah khususnya di luar pulau menjadi sangat mahal dan tidak green.

"Berbagai kemudahan seperti pembangunan PSU, insentif pajak, dan lainnya lebih konkrit dibandingkan hanya berupa himbauan dan tidak ada penerapan sanksi apapun saat pengembang membangun proyeknya dengan serampangan. Minimal harus dimulai dengan hal-hal seperti ini yang lebih jelas sehingga konsep green bisa mulai diaplikasikan dan untuk jangka panjang sambil terus disempurnakan hasilnya pasti akan lebih baik," jelasnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap dalamDaftar propertidari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Sumber: Rumah

Penerapan Konsep Green Harus Dimulai Oleh Pemerintah

Penerapan Konsep Green Harus Dimulai Oleh Pemerintah

Penerapan Konsep Green Harus Dimulai Oleh Pemerintah

Penerapan Konsep Green Harus Dimulai Oleh Pemerintah

Penerapan Konsep Green Harus Dimulai Oleh Pemerintah

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya