0
Thumbs Up
Thumbs Down

Peneliti: Kandang Telur Baterai Picu Munculnya Pandemi Baru

genpi
genpi - Tue, 24 Nov 2020 15:05
Dilihat: 43

GenPI.co - Antisipasi Pandemi Baru, LSM Internasional Temukan Investigasi Praktik Kandang Telur Baterai Yang Berisiko Oleh Pemasok Supermarket di Indonesia.

Sebuah organisasi perlindungan konsumen dan kesejahteraan hewan, Equitas Global telah menemukan adanya praktik bisnis yang berisiko memunculkan pandemi baru lewat praktik kandang telur baterai.

Praktik bisnis tersebut menjadikan ternak ayam petelur tinggal di dalam kandang yang sangat sesak dan sempit hingga kesulitan untuk bergerak hingga menimbulkan kecacatan.

BACA JUGA: Sri Mulyani: Libur Panjang Pandemi Tak Perbaiki Ekonomi

Hasil investigasi LSM internasional ini menemukan terdapat sejumlah pemasok telur di Indonesia yang memasok telur ayam bagi salah satu pemain ritel ternama di Indonesia, di bawah perusahaan global Ahold Delhaize.

Praktik kandang telur baterai bahkan menjadikan kotoran ayam menumpuk dan burung-burung liar beterbangan, sehingga sangat berisiko memunculkan penyebaran mutasi flu burung.

Bonnie Tang, campaign manager dari Equitas, menyebutkan, data dari United Nations Environment Programme (UNEP) memperlihatkan tiga dari empat penyakit menular baru pada manusia adalah zoonosis, yang berasal dari hewan liar.

"Peternakan kandang baterai yang mengurung hewan, seperti halnya temuan investigasi kami pada salah satu Supermarket Indonesia tentunya meningkatkan munculnya risiko epidemi zoonosis seperti flu burung dan kontaminasi salmonella," ujar Boonie dalam keterangan resminya, Selasa (24/11).

Menurutnya hal ini sangat ironis mengingat saat ini dunia tengah berjuang melawan pandemi yang disebabkan oleh penyimpangan dan kelalaian keamanan produksi pangan.

BACA JUGA: KTT G20: Jokowi Desak Transformasi Besar Usai Pandemi

Padahal di lintas benua Asia, perusahaan ritel dan supermarket internasional telah berkomitmen untuk hanya menjual dan memasok telur yang berasal dari peternakan ayam "bebas kandang".

"Akan lebih baik bagi para pelaku bisnis, khususnya di Indonesia, untuk terus menerapkan praktik bisnis berkelanjutan, salah satunya menghilangkan kandang telur baterai yang berisiko." tutup Bonnie.(*)

Video populer saat ini:

Sumber: genpi

Peneliti: Kandang Telur Baterai Picu Munculnya Pandemi Baru

Peneliti: Kandang Telur Baterai Picu Munculnya Pandemi Baru

Peneliti: Kandang Telur Baterai Picu Munculnya Pandemi Baru

Peneliti: Kandang Telur Baterai Picu Munculnya Pandemi Baru

Peneliti: Kandang Telur Baterai Picu Munculnya Pandemi Baru

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya