0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pemulihan Sektor Perkantoran Terhambat Tren Work From Home

Rumah
Rumah - Thu, 01 Oct 2020 15:58
Dilihat: 49
Pemulihan Sektor Perkantoran Terhambat Tren Work From Home

- Sektor perkantoran merupakan salah satu bisnis properti yang dampak pelemahannya cukup dalam saat situasi pandemi Covid-19. Riset Cushman & Wakefield menyebut sektor ini akan mengalami pemulihan yang lebih lambat karena faktor tren WFH dan akan mulai kembali pada situasi sebelum krisis sekitar dua tahun lagi.

Berbagai analisis untuk sektor properti terus dikeluarkan oleh lembaga layanan di bidang ini khususnya imbas yang ditimbulkan akibat pandemi Covid-19. Sektor perkantoran misalnya, menurut Cushman & Wakefield, sebuah perusahaan layanan real estat global, fundamental penyewaan perkantoran (office leasing) di dunia akan terdampak secara signifikan oleh resesi yang disebabkan pandemi Covid-19 dengan salah satunya perubahan tren work from home (WFH).

Namun begitu, office leasing ini akan kembali membaik pada tahun 2022 dan diprediksikan bisa pulih total pada 2-3 tahun setelah tahun 2022 tersebut. Jadwal pemulihan total ini diamati saat resesi besar (the great recession) dengan sedikit keterlambatan karena tren WFH. Ini merupakan garis besar yang dihasilkan dari Lembaga Kajian Global (Global Think Tank) yang dibentuk oleh Cushman & Wakefield untuk menganalisis pasar perkantoran global dan efeknya saat recovery.

Menurut Kevin Thorpe, Chief Economist dan Global Head of Research Cushman & Wakefield, pihaknya terus mencari upaya untuk menjawab tren mengenai perubahan perkantoran dengan berbagai hal mendasar maupun ambigu terkait lainnya melalui penjabaran ilmiah atas kondisi yang ditimbulkan akibat pandemi dan dampak akumuliatifnya terhadap sektor ini.

"Kami mengamati dampak kolektif dari kondisi ini termasuk hilangnya pekerjaan, kekosongan ruang perkantoran dan harga sewa perkantoran, karakteristik geografis, perkembangan WFH, dan lainnya. Berdasarkan riset yang kami lakukan kami menetapkan skenario masa depan. Intinya, seluruh produk properti akan sangat terkait dengan lokalitas dan tidak seluruh pasar lokal akan mengikuti jalan pemulihan yang sama," ujarnya.

Beli rumah dengan cicilan KPR Ringan, bisa dan mudah kok. Simak video berikut ini untuk tau triknya!

Beberapa temuan dari studi Dampak Perkantoran Global 2020 terfokus pada pemulihan total sektor ekonomi dan ketenagakerjaan. Hal ini juga terkait dengan permintaan ruang perkantoran dan bagaimana tren kekosongan mulai menurun dan harga sewa mulai meningkat. Pada tahun 2025, kekosongan perkantoran global diantisipasi akan kembali ke tingkat yang sama sebelum krisisi, sekitar 11 persen harga sewa juga akan kembali pada level puncak sebelum krisis.

"Walaupun dampak dari tren WFH akan memperlambat pemulihan sektor perkantoran, pertumbuhan secara umum sektor pekerjaan yang membutuhkan ruang kantor dan beberapa faktor lain secara kolektif tetap mengindikasikan bahwa perkantoran akan terus memiliki peran penting pada perekonomian ke depannya," imbuhnya.

Untuk kawasan Asia Pasifik, dampak resesi global akan lebih lunak dibandingkan wilayah lainnya di dunia. Kondisi seluruh sektor eknomi di sebagian besar Asia Pasifik akan dapat kembali pada level sebelum pandemi pada kuartal ketiga tahun depan. Hal ini akan terlihat dari penyewaan ruang perkantoran untuk periode 6-18 bulan ke depan masih akan menghadapi tantangan yang berat ditambah dengan melambatnya lapangan kerja baru dalam jangka pendek dan hilangnya pekerjaan pada jangka menengah.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar PropertidanPanduan Referensiseputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Rumah

Pemulihan Sektor Perkantoran Terhambat Tren Work From Home

Pemulihan Sektor Perkantoran Terhambat Tren Work From Home

Pemulihan Sektor Perkantoran Terhambat Tren Work From Home

Pemulihan Sektor Perkantoran Terhambat Tren Work From Home

Pemulihan Sektor Perkantoran Terhambat Tren Work From Home

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya