0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pemprov Jawa Barat dan Blibli.com Gandengan Tingkatkan UMKM

wartaekonomi
wartaekonomi - Mon, 15 Jul 2019 15:11
Dilihat: 29
Jakarta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berkomitmen mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai pilar pertumbuhan ekonomi. Salah satunya dengan menggandeng e-commerce, karya anak bangsa Blibli.com.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan PT Global Digital Niaga yang menaungi Blibli.com terkait Pengembangan Pelayanan Publik dan Peningkatan Ekonomi Digital dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Minggu (14/7/2019).

Menurut Emil, demikian Ridwan Kamil disapa, kerja sama tersebut merupakan salah satu bentuk konsep pembangunan yang melibatkan pemerintah, masyarakat, pengusaha, akademisi, dan media, atau bernama Pentahelix. Dia yakin dengan kolaborasi, pembangunan Jawa Barat akan lebih optimal.

"Cita-citanya sudah sama, agar Indonesia adil makmur maju bersama. Saya selalu percaya teori kolaborasi, tidak percaya maju bisa cepat bila sendiri-sendiri," katanya.

Baca Juga: Buka The Big Start, Blibli Siapkan Hadiah Rp1,3 M untuk UMKM

"Kita gunakan teori Pentahelix, A-B-C-G-M, akademisi, business, community, government, dan media. Kita sekarang adalah contoh B dan G bersatu menghasilkan sebuah perubahan," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Emil mengungkapkan beberapa kelemahan masyarakat Jawa Barat dalam berwirausaha. Menurutnya, masyarakat Jawa Barat, khususnya pemuda mempunyai ide dan gagasan, tetapi tidak semua mampu mengeksekusi ide dan gagasan tersebut.

Selain itu, kata Emil, ada masyarakat Jawa Barat yang berupaya merealisasikan ide dan gagasannya dalam berwirausaha, tetapi gagal karena kurang wawasan.

"Kelemahan anak-anak kita itu dia punya ide, tapi tidak semua bisa take off. Ada yang take off, tidak mengerti online, tidak mengerti maintenance dan akhirnya gagal, itu banyak sekali. Jadi, kalau boleh, nanti Blibli.com buat forum yang membimbing mereka yang punya ide bagus, tapi tidak punya kemampuan memulai," ucapnya.

Oleh karena itu, Pemprov Jawa Barat mencanangkan kebijakan dan program untuk mengembangkan industri UMKM dengan fokus utama pada edukasi, permodalan, infrastruktur dan juga teknologi digital di era industri 4.0.

Kebijakan tersebut sejalan dengan Blibli.com yang memiliki komitmen tinggi terhadap pengembangan UMKM dan produk lokal buatan anak bangsa. Sejauh ini, Blibli.com sudah membantu 3.000 UMKM Jawa Barat untuk go online pada kuartal II 2019 atau naik 125% dari tahun sebelumnya.

Selain itu, jumlah produk yang dihasilkan oleh UMKM Jawa Barat pun mencapai lebih dari 100 ribu produk. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 120% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

CEO Blibli.com, Kusumo Martanto menuturkan, Pemprov Jawa Barat dan Blibli.com memiliki misi yang sama dalam mengembangkan UMKM, yang mana dalam realisasinya tidak bisa berjalan sendiri, melainkan membutuhkan kerja sama dari semua stakeholders, termasuk pemerintah.

"Kami dari Blibli.com merasa terhormat atas kepercayaannya dan juga kerja sama dengan seluruh instansi Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kita mempunyai misi yang sama untuk pengembangan ekonomi digital, dan juga ingin terus membawa UMKM ini menjadi salah satu pilar perkembangan ekonomi di Indonesia," katanya.

"Terus terang untuk memajukan UMKM ini tidak bisa dilaksanakan hanya oleh satu pihak harus benar-benar semua stakeholders yang harus bekerja sama," sambungnya.

Baca Juga: UMKM Berpotensi Bawa Ekonomi RI Tumbuh 7%

Kusumo berharap MoU tersebut menjadi langkah awal kolaborasi bersama Pemprov Jabar yang lebih baik. Menurutnya, ada banyak program Pemprov Jawa Barat yang bisa disinergikan dengan program milik Blibli.com.

"Satu hari mimpi kami adalah membawa UMKM, mudah-mudahan dari Jawa Barat terlebih dahulu, ke pasar global," katanya.

Kusumo juga menyatakan bahwa Blibli.com mendukung UMKM melalui dua inisiatif utama, yaitu The Big Start dan Galeri Indonesia. Pada tahun ini, The Big Start menyediakan total hadiah sebesar Rp1,3 miliar yang bisa digunakan sebagai model pengembangan usaha, memberikan berbagai pelatihan, workshop, membuka networking, serta kolaborasi dengan profesional di bidangnya.

Sesudah The Big Start, para pengusaha kreatif akan mendapat dukungan lanjutan melalui Galeri Indonesia, kategori khusus di platform Blibli.com bagi produk pengusaha lokal. Tidak sekadar menghubungkan UMKM ke ekosistem e-commerce, Galeri Indonesia juga memberikan pengetahuan tentang kemampuan bisnis bagi UMKM.

Penulis: ***

Editor: Rosmayanti


Foto: Humas Pemprov Jabar

Sumber: wartaekonomi

Pemprov Jawa Barat dan Blibli.com Gandengan Tingkatkan UMKM

Pemprov Jawa Barat dan Blibli.com Gandengan Tingkatkan UMKM

Pemprov Jawa Barat dan Blibli.com Gandengan Tingkatkan UMKM

Pemprov Jawa Barat dan Blibli.com Gandengan Tingkatkan UMKM

Pemprov Jawa Barat dan Blibli.com Gandengan Tingkatkan UMKM

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya