0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pemerintah Kebut Revitalisasi Empat Pasar Rakyat

wartaekonomi
wartaekonomi - Mon, 13 Jan 2020 20:38
Dilihat: 42
Jakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya tengah merevitalisasi empat pasar rakyat, yakni Pasar Pariaman di Kota Pariaman-Sumatera Barat, Pasar Kaliwungu di Kabupaten Kendal dan Pasar Klewer Timur di Surakarta-Jawa Tengah, serta Pasar Sukawati di Kabupaten Gianyar, Bali. Pekerjaan tersebut dimulai pada bulan Desember 2019 dan ditergetkan selesai pada tahun 2020.

"Konsep revitalisasi pasar disesuaikan dengan keselarasan lingkungan yang mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal. Seluruh kegiatan mulai dari tahap perencanaan hingga pembangunan melibatkan Pemerintah Daerah," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: PUPR Gaet Korsel Terbitkan SOP Manajemen Proyek Konstruksi

Revitalisasi Pasar Pariaman yang menggunakan konsep Bangunan Gedung Hijau (BGH) memiliki fungsi selain sebagai tempat aktivitas transaksi antara pedagang dan konsumen, juga sebagai tsunami shelter. Bangunan pasar ini terdiri empat lantai dengan konstruksi yang tahan gempa yang menelan biaya sebesar Rp85,8 miliar dari APBN 2019-2020.

Berikutnya Pasar Kaliwungu, Kendal yang terbakar pada tahun 2017 silam di Jawa Tengah saat ini tengah dibangun kembali dengan desain dan kualitas yang lebih baik. Fasilitas yang dibangun yakni kios pasar di lantai 1 dan 2, pembangunan los pasar, pembangunan pagar, pos jaga, paving, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), pekerjaan Alat Pemadam Api (APAR), pekerjaan groundtank, serta penampungan air hujan.

Revitalisasi ini menelan biaya sebesar Rp32 miliar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019-2020 dengan progres fisik mencapai 27%.

Selanjutnya, pasar Klewer Timur Kota Surakarta dibangun kembali dengan konsep pasar ramah lingkungan dengan konstruksi 3 lantai vertikal ke bawah. Bangunan pasar terdiri dari 2 lantai di bawah tanah dan 1 lantai di permukaan. Adapun anggaran dari pembangunan tersebut sebesar Rp51 miliar dari APBN 2019-2020 dan progres fisiknya mencapai 2,8%.

Di Provinsi Bali, Kementerian PUPR juga tengah merevitalisasi Pasar Sukawati di Kabupaten Gianyar yang populer di kalangan para wisatawan mancanegara dan domestik. Di Pasar Sukawati dijual hasil kerajinan karya seni masyarakat Bali dengan harga terjangkau. Anggaran untuk pembangunan pasar tersebut sebesar Rp74 miliar dari APBN 2019-2020 dan progresnya mencapai 5%.

Penulis: Boyke P. Siregar

Editor: Puri Mei Setyaningrum


Foto: Ari Bowo Sucipto

Sumber: wartaekonomi

Pemerintah Kebut Revitalisasi Empat Pasar Rakyat

Pemerintah Kebut Revitalisasi Empat Pasar Rakyat

Pemerintah Kebut Revitalisasi Empat Pasar Rakyat

Pemerintah Kebut Revitalisasi Empat Pasar Rakyat

Pemerintah Kebut Revitalisasi Empat Pasar Rakyat

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya