0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pembawa Virus Corona Bisa Sangat Menular di 5 Hari Awal

okezone
okezone - Sun, 22 Nov 2020 04:30
Dilihat: 42
Pembawa Virus Corona Bisa Sangat Menular di 5 Hari Awal

SESEORANG kemungkinan besar menularkan virus corona dalam lima hari pertama setelah mengidap gejala-gejala Covid-19, menurut sebuah penelitian.

Para peneliti menemukan virus corona yang dibawa seorang pasien mencapai taraf tertinggi pada masa awal mereka terjangkit. Adapun virus "hidup", yang mampu mereplikasi diri, ditemukan hingga sembilan hari setelah gejala dimulai.

Para ilmuwan Inggris mengatakan penelitian mereka menekankan isolasi secara dini sangat penting untuk menghentikan penyebaran.

Penelitian ini diterbitkan di jurnal Lancet Microbe.

'Masa puncak penularan'

Seberapa menular seseorang bergantung pada banyak faktor, termasuk seberapa banyak virus hidup-virus yang mampu mereplikasi diri-pada tubuh orang tersebut.

Sejumlah laporan menunjukkan seseorang paling menular sebelum dia mengidap gejala dan pada pekan pertama mereka terpapar virus.

Para ilmuwan meneliti 79 studi mengenai Covid-19 di dunia, melibatkan orang-orang dengan gejala Covid-19 di sejumlah rumah sakit, yang telah dinyatakan positif terjangkit virus corona.

Para peneliti dapat mengidentifikasi dan mereplikasi virus hidup dari sampel yang diambil di tenggorokan hingga sembilan hari setelah infeksi dimulai.

Dan mereka menemukan jumlah partikel RNA (bagian materi genetik dari virus) memuncak dalam sampel tenggorokan orang pada saat gejala dimulai atau dalam lima hari.

Sementara itu, fragmen RNA pada virus yang tidak aktif dapat ditemukan di sampel hidung dan tenggorokan rata-rata hingga 17 hari sejak gejala dimulai.

Sejumlah laporan menunjukkan seseorang sangat menular sebelum dia menunjukkan gejala dan pada pekan pertama mereka terpapar virus.

Para peneliti menyimpulkan bahwa meskipun fragmen ini tetap ada-karena tidak ada virus hidup yang dapat menggandakan diri ditemukan lebih dari sembilan hari-kecil kemungkinan orang masih sangat menular setelah masa ini.

Dr Muge Cevik dari Universitas St Andrews berkata kepada BBC bahwa temuan ini menunjukkan bahwa pembawa virus corona sangat menular pada masa awal mereka tertular virus, sejalan dengan studi-studi lain terkait pelacakan kontak.

"Orang-orang benar-benar perlu didukung untuk memastikan mereka mengisolasi diri segera setelah mereka mengidap gejala, betapapun ringannya. Pada saat beberapa orang mendapatkan hasil tes usap (swab test), mereka mungkin telah melewati fase paling menular.


"Jadi kita perlu meninjau lebih jauh mengapa beberapa orang tidak dapat segera mengisolasi dan membantu mereka untuk melakukannya," katanya.

Sumber: okezone

Pembawa Virus Corona Bisa Sangat Menular di 5 Hari Awal

Pembawa Virus Corona Bisa Sangat Menular di 5 Hari Awal

Pembawa Virus Corona Bisa Sangat Menular di 5 Hari Awal

Pembawa Virus Corona Bisa Sangat Menular di 5 Hari Awal

Pembawa Virus Corona Bisa Sangat Menular di 5 Hari Awal

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya