0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pembangunan Desa Perlu Ditunjang Akses Internet

Republika Online
Republika Online - Wed, 23 Sep 2020 19:41
Dilihat: 42
Pembangunan Desa Perlu Ditunjang Akses Internet

JAKARTA -- Akses teknologi internet dan informasi digital telah menjadi kebutuhan hampir semua lapisan masyarakat, termasuk di desa. Karena itu, ciri pembangunan desa maju saat ini di antaranya akses internet dan teknologi digital bagi masyarakat desa.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi, menjelaskan tiga ciri desa yang berpotensi untuk menjadi desa maju. Yakni, masih adanya anak muda yang bertahan di desa, SDM yang kreatif dan inovatif, partisipasi warga desa tersebut.

"Saat ini pembangunan desa dan kawasan perdesaan tidak bisa terlepas dari teknologi. Sarana dan prasarana internet merupakan satu cara untuk menguatkan bisnis secara online di kawasan perdesaan," kata dia pada webinar yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Perdesaan (Ditjen PKP) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Rabu, (23/9).

Tidak hanya itu, Budi Arie juga mengatakan, pentingnya peran infrastruktur telematika di desa. Sebab, menurut dia, sekarang eranya pembangunan harus menjadikan masyarakat desa itu sendiri sebagai pelaku dan penggerak utama dari pertumbuhan kawasan perdesaan.

Dia mengatakan, peran infrastruktur telematika di desa ini memungkinkan kita semua menjadi serba terbuka. Semua bisa membeli di mana pun barang itu berada.

Layanan internet dibutuhkan untuk mendukung marketplace produk unggulan kawasan perdesaan. "Pengembangan potensi produk unggulan di kawasan perdesaan yang berjalan saat ini membutuhkan akses terhadap pasar, Jadi akses ke pasar itu sangat penting untuk menjual produk unggulan sebagai jalan menyejahterakan warga," tambah Budi Arie.

Karena itu, lanjut Budi Arie, Kemendes PDTT akan melakukan intervensi kebijakan, intervensi langkah-langkah dan akan terus mendorong pembangunan sarana dan prasarana berbasis digital di kawasan perdesaan.

Intervensi kebijakan tersebut bertujuan untuk membentuk dan meningkatkan konektivitas internet Kawasan perdesaan. Meningkatkan capacity building berupa pelatihan teknis mengembangkan sarana dan prasarana digital/internet.

Juga untuk memacu dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital melalui Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma). "Jadi, persoalan infrastruktur digital dan juga manajemen logistiknya harus kita pikirkan bersama-sama," imbuh dia.


Berita Terkait
  • Kemendes PDTT Siapkan 41 Desa Wisata Super Prioritas
  • Mendes PDTT Dorong Tercapainya SDGs Desa
  • Mendes: Jadikan SDG's Langkah Kongkret Bangun Bangsa
Berita Lainnya
  • Islam di Srilanka, Jejak Politik Nasional Tak Terbantahkan
  • IGD RSUD Mamuju Tutup karena Perawat Positif Covid-19

Pembangunan Desa Perlu Ditunjang Akses Internet

Pembangunan Desa Perlu Ditunjang Akses Internet

Pembangunan Desa Perlu Ditunjang Akses Internet

Pembangunan Desa Perlu Ditunjang Akses Internet

Pembangunan Desa Perlu Ditunjang Akses Internet

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya