0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pegunungan Hima Saudi Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO

Republika Online
Republika Online - Mon, 26 Jul 2021 05:15
Dilihat: 40
Pegunungan Hima Saudi Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO

RIYADH -- Hima Arab Saudi, daerah pegunungan yang merupakan rumah bagi banyak koleksi gambar seni cadas yang berusia ribuan tahun, telah ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO. Situs prasasti batu di wilayah barat daya itu adalah lokasi keenam di Arab Saudi yang ditambahkan ke dalam daftar tersebut.

"Kami sangat senang memiliki situs kuno yang luar biasa ini yang diakui UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Kawasan ini memiliki nilai universal yang luar biasa, memberi kita banyak pelajaran tentang evolusi budaya dan kehidupan manusia di zaman kuno," kata CEO Komisi Warisan Arab Saudi Jasir al-Herbish, dilansir di Al Arabiya, Ahad (25/7).

Kawasan Hima pernah menjadi rute utama bagi para pedagang, tentara, dan peziarah haji yang melakukan perjalanan dari berbagai bagian Arab, Mesopotamia, Levant, dan Mesir. Para musafir meninggalkan ribuan prasasti yang menggambarkan perburuan, satwa liar, tumbuhan, simbol, dan alat-alat dalam puluhan naskah kuno termasuk Musnad, Aram-Nabatean, Arab Selatan, Thamudik, Yunani, dan Arab.

Lokasi ini juga merupakan rumah bagi beberapa sumur yang berusia setidaknya 3.000 tahun dan masih menghasilkan air tawar. Pelestarian dan perlindungan warisan budaya dan alam Kerajaan Saudi ini adalah bagian penting dari Visi Kerajaan Arab Saudi 2030, sebuah rencana reformasi yang diajukan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk mendiversifikasi ekonomi Arab Saudi.

"Kami bekerja melestarikan daerah dan melakukan penelitian untuk lebih memahami prasasti batu, dan berharap dapat menyambut lebih banyak pengunjung lokal dan internasional untuk datang dan melihat situs budaya bersejarah ini sendiri," tambah al-Herbish.

Diawasi oleh Komisi Warisan, beberapa penemuan baru telah memperkuat reputasi Saudi sebagai tujuan utama bagi para arkeolog, sejarawan, dan ilmuwan yang ingin memahami sejarah manusia di seluruh wilayah. Tahun lalu, Komisi tersebut mengumumkan salah satu penemuan paling inovatif Kerajaan di Tabuk, yaitu jejak kaki manusia dan hewan purba yang berusia lebih dari 120 ribu tahun. Temuan tersebut menandai bukti pertama kehidupan manusia di Semenanjung Arab.

Menteri Kebudayaan Saudi Pangeran Badr bin Abdullah bin Farhan menyampaikan, di balik setiap pencapaian budaya ada tuntunan dan visi seorang pemimpin yang hebat. Dia mengucapkan terima kasih kepada Putra Mahkota atas dukungannya yang terus-menerus dan juga kepada rekan-rekannya di Komisi Heritage, Komisi Nasional Pendidikan dan pemangku kepentingan lain.

Pangeran Badr juga berterima kasih kepada Bahrain, Oman, Kuwait, dan Mesir. Mesir sendiri, menurutnya, negara yang selalu memegang teguh prinsip kerja sama Arab di setiap forum budaya. "Negara kita kaya situs warisan manusia, dan masa depan selalu lebih indah," kata Pangeran Badr.

Hima wells is a site of great historical significance, serving as one of the main stations for caravans on trade routes passing through the Arabian Peninsula.#HeritageCommission#HimaNajranOnWorldHeritageList#SaudiVision2030 pic.twitter.com/oIpwJnLdsb

- (@MOCHeritage) July 24, 2021

Sumber: https://english.alarabiya.net/News/gulf/2021/07/25/Saudi-Arabia-s-Hima-rock-art-added-to-UNESCO-World-Heritage-List


Berita Terkait
  • Jamaah tidak Perlu Tes dan Isolasi Setelah Pulang Haji
  • Jamaah Umroh Pertama Tiba di Masjidil Haram
  • Arab Saudi Luncurkan Pameran Sejarah
Berita Lainnya
  • Berapa Kadar Saturasi Oksigen Normal Pasien Covid-19?
  • Jadwal Indonesia di Olimpiade Tokyo Hari Ini

Pegunungan Hima Saudi Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO

Pegunungan Hima Saudi Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO

Pegunungan Hima Saudi Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO

Pegunungan Hima Saudi Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO

Pegunungan Hima Saudi Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya