0
Thumbs Up
Thumbs Down

PeduliLindungi Miliki Fitur Baru Vaksin Luar Negeri

Republika Online
Republika Online - Tue, 14 Sep 2021 20:48
Dilihat: 210
PeduliLindungi Miliki Fitur Baru Vaksin Luar Negeri

JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan fitur baru pada aplikasi PeduliLindungi. Yaitu fitur agar warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara asing (WNA) yang menerima vaksinasi Covid-19 di luar negeri bisa memperoleh Kartu Verifikasi Vaksinasi Non Indonesia (VNI).

"Hari ini kami akan memperkenalkan bagaimana para WNI, terus kemudian juga nanti itu WNA bisa mengakses PeduliLindungi walaupun sertifikat vaksinnya bukan diperoleh di Indonesia," ujar Chief Digital Transformation Office Kemenkes Setiaji, dalam keterangan pers secara daring, Selasa (14/9).

Penambahan fitur ini guna memudahkan verifikasi bagi WNI maupun WNA yang sudah mendapatkan vaksinasi di luar negeri. "Jadi kami sudah menyiapkan website dengan alamat vaksinln.dto.kemkes.go.id untuk para WNI maupun WNA untuk mendaftarkan dan kemudian nanti akan kita verifikasi," tuturnya.

Adapun prodesur untuk memperoleh Kartu Verifikasi tersebut, para pendaftar baik WNA atau WNI yang divaksinasi di luar negeri dapat mengakses laman vaksinln.dto.kemkes.go.id. Setelah itu bisa melakukan pendaftaran dan mengajukan verifikasi sertifikat.

Setelah tahap pendaftaran dan pengajuan verifikasi, Kemenkes akan melakukan melakukan verifikasi data vaksinasi WNI, sedangkan untuk WNA akan diverifikasi oleh kedutaan masing-masing. "Untuk WNA, kami bersama Kemenlu, bekerja sama juga nanti, akan melakukan koordinasi dengan kedutaan masing-masing, sehingga sertifikat vaksin yang bukan dari Indonesia ini akan diverifikasi oleh kedutaan masing-masing," terang Setiaji.

Nantinya, persetujuan hasil verifikasi akan dikirimkan melalui surat elektronik. "Setelah diverifikasi hasilnya akan dikonfirmasi melalui email yang sudah didaftarkan di website tersebut, kurang lebih maksimal tiga hari kerja," ujarnya.

Ihwal pengakuan atau klaim, WNI atau WNA harus mendaftar dan login ke dalam aplikasi PeduliLindungi agar dapat mengecek status vaksinasi dan mendapatkan kartu verifikasi VNI. "Harus diklaim, masuk ke dalam PeduliLindungi untuk melengkapi ataupun mengklaim sertifikat vaksin. Nanti muncul setelah ini diverifikasi," terang Setiaji.

Setelah check in WNA dan WNI dapat menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan scan QR code di berbagai tempat aktivitas masyarakat, seperti mal, penerbangan, dan lain-lain. Setiaji berharap keberadaan fitur ini para penerima vaksinasi di luar negeri dapat menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk mengakses fasilitas publik.

"Dengan adanya seperti ini kita juga bisa memastikan bahwa yang masuk ataupun juga yang melakukan pergerakan/mobilitas di Indonesia bisa terjaga secara protokol kesehatan maupun juga secara skrining dan lain sebagainya," ujar Setiaji.



Berita Terkait
  • Bioskop di DKI Dipastikan Beroperasi Mulai Kamis
  • Ridwan Kamil Optimistis Pariwisata Jabar Bangkit 2022
  • Tracing Digital bagi Pengunjung Supermarket Hero
Berita Lainnya
  • Wagub: Pembukaan Bioskop di Jakarta Masih Pembahasan
  • Jalan Poros Mamuju Berlakukan Buka Tutup Akibat Longsor

PeduliLindungi Miliki Fitur Baru Vaksin Luar Negeri

PeduliLindungi Miliki Fitur Baru Vaksin Luar Negeri

PeduliLindungi Miliki Fitur Baru Vaksin Luar Negeri

PeduliLindungi Miliki Fitur Baru Vaksin Luar Negeri

PeduliLindungi Miliki Fitur Baru Vaksin Luar Negeri

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya