0
Thumbs Up
Thumbs Down

PD Swatantra Rancang Pembangunan Gedung dan Gudang

Nusabali
Nusabali - Wed, 23 Jun 2021 12:39
Dilihat: 105
PD Swatantra Rancang Pembangunan Gedung dan Gudang
Rencana itu dipaparkan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi III yang dipimpin Ketua Komisi III Luh Marleni, dengan perusahaan daerah Kabupaten Buleleng, Selasa (22/6) kemarin. Dewan pun menyarankan rencana pembangunan tersebut agar dikaji ulang, untuk menghindari kerugian akibat tak mamu menutupi biaya operasional dan penyusutan gedung.

Direktur Utama PD Swatantra Kabupaten Buleleng, I Gede Boby Suryanto usai rapat menjelaskan, rancangan pembangunan gedung dan gudang terpadu itu direncanakan akan dibangun pada tahun 2022 mendatang. PD Swatantra pun melirik lahan milik Pemkab Buleleng di sebelah kolam renang Nirmala Asri, wilayah Kelurahan Banyuasri, Kecamatan/Kabupaten Buleleng. Lahan yang sebelumnya sempat dipakai pasar darurat kini sudah kosong pasca pedagang dimasukkan ke Pasar Banyuasri.

"Rencananya kami akan membangun gedung lantai tiga untuk perkantoran, ruang rapat dan baper stok produk UMKM Buleleng. Selain itu juga kami ingin punya gudang stok produksi pertanian, bengkel perawatan mobil, coffee shop dan rumah kemasan dalam satu lokasi," kata Boby. Pembangunan gedung perkantoran dan gudang yang menyangkut usaha yang dikembangkan, menurutnya sangat didambakan PD Swatantra. Karena sejauh ini, untuk usaha perkebunan, produksinya masih dititipkan pada penyakap. Begitu juga usaha sewa kendaraan yang menjadi sumber pendapatan terbesar PD Swatantra masih bekerjasama dengan bengkel dealer mobil.

"Sekarang kami selain usaha perkebunan juga ada usaha sewa kendaraan dan perdagangan sudah dimulai juga dengan pemasaran produk pertanian lokal. Tetapi untuk pembangunan ini kami berharap dapat dukungan pemerintah daerah. Usulan anggarannya sekitar sembilan belas sampai dua puluh miliar dengan lahan 50-60 are," imbuh dia.

Namun dengan saran yang diberikan Komisi III, Boby mengaku PD Swatantra akan melakukan analisis dan kajian lebih lanjut. Baik dari kajian akutansi dan permodalan, hingga kajian bisnis. Sehingga kekhawatiran dewan terjadi potensi kerugian dapat dicegah.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Buleleng I Nyoman Wandira Adi mengapresiasi program dan inovasi yang dirancang oleh PD Swatantra. Dia pun memberikan pujian kepada PD Swatantra yang awalnya hanya mengelola usaha perkebunan, saat ini sudah bisa mengembangkan bisnis di bidang sewa kendaraan dan perdagangan dengan menyerap hasil pertanian Buleleng. "Kalau kami lihat sekarang bidang usaha sewa kendaran yang malah memberikan pendapatan luar biasa. Hal lain kami apresiasi sudah mampu menyerap pertanian salah satunya produksi beras petani Buleleng. Harapan kami ini tetap berjalan untuk ketahanan pangan dan stabilitas harga beras," ucap Ketua Fraksi Golkar DPRD Buleleng.

Kader partai berlambang pohon beringin ini juga mengaku sependapat dengan program dan rencana inovasi pembangunan gedung perkantoran dan gudang PD Swatantra. Hanya saja Wandira Adi mengingatkan agar PD Swatantra membuat kajian sedetai-detailnya, sehingga kegagalan perusahaan daerah yang tak dapat mengcover biaya operasional dan penyusutan gedung megah tidak terjadi.

"Kami anggap Pasar Banyuasri dari sisi pendapatan terdampak pembangunan pasar sangat susah dikejar. Bangunan pasar yang megah tidak mampu diback up dari sisi pendapatan pasar untuk menutupi biaya operasional dan penyusutan bangunan. Kami tidak ingin kegagalan ini berulang dan tidak mau hal ini terjadi pada PD Swatantra, sehingga perlu kajian mendalam," ucap politisi asal Kelurahan Kaliuntu, Kecamatan/Kabupaten Buleleng ini. *k23
Sumber: Nusabali

PD Swatantra Rancang Pembangunan Gedung dan Gudang

PD Swatantra Rancang Pembangunan Gedung dan Gudang

PD Swatantra Rancang Pembangunan Gedung dan Gudang

PD Swatantra Rancang Pembangunan Gedung dan Gudang

PD Swatantra Rancang Pembangunan Gedung dan Gudang

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya