0
Thumbs Up
Thumbs Down

Pandemi Corona, Kak Seto : Kekuatan yang Bisa Melawan Itu Senyum

okezone
okezone - Wed, 03 Jun 2020 12:36
Dilihat: 32
Pandemi Corona, Kak Seto : Kekuatan yang Bisa Melawan Itu Senyum

JAKARTA - Di masa pandemi sekarang ini pola pendidikan anak berbeda dari biasanya. Anak yang biasanya harus berangkat sekolah sekarang menjadi belajar dari rumah. Peran orang tua menjadi sangat penting dalam hal ini karena menjadi pendamping anak di rumah. Pemerintah juga belakangan ini telah mewacanakan new normal, namun sebagian besar sekolah di Indonesia masih belum dibuka.

Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Seto Mulyadi mengungkapkan dalam pengasuhan anak di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini gembira menjadi salah satu poin penting. Pasalnya stres mungkin kerap kali muncul di tengah pandemi sekarang ini.

"Salah satu kekuatan yang bisa melawan itu senyum, karena senyum itu penuh rasa syukur dan penuh percaya diri. Salah satu kemampuan manusia itu adaptasi dan daya lenting yang luar biasa dengan berbagai situasi," kata pria yang akrab disapa Kak Seto dalam Webinar online "Bincang Bersama Kak Seto," Rabu (3/6/2020).

Kak Seto juga menekankan pengasuhan anak berbasis hak anak di masa pandemi sangat penting. Hak anak tersebut di antaranya hak untuk hidup, hak untuk tumbuh, hak perlindungan, dan hak partisipasi. Selain itu dalam masa pandemi sekarang ini orang tua juga perlu membangun rumah yang rama anak. Orang tua juga dituntut untuk serba bisa dan kreatif.

"Dunia anak adalah dunia bermain, suasana bermain dibarengi dengan suasana belajar. Bagaimana kita kreatif dan serba bisa menjadi penyanyi, pendongeng, seniman, pelawak, pesulap, dan ilmuwan. Fokus membantu hak anak melimpahi dengan penuh cinta maka tercipta hak anak di era new normal," imbuh Kak Seto.

Tidak hanya sampai disitu, Kak Seto juga mengungkapkan bahwa sebelum memenuhi hak anak orang tua juga perlu memenuhi hak diri pada orang tua. Pertama-tama orang tua juga harus sehat fisik dan mental.

"Jangan mager, selalu latihan fisik, melompat-lompat saja, atau senam akhirnya psikologi juga nyaman. Kemudian, emosi cerdas, marah boleh marah tapi marah yang cerdas. Misalnya tidak membanting piring dan bilang kalau bunda marah jadi tidak merusak persahabatan," imbuh Kak Seto.

Di sisi lain, Ketua Umum HIMPSI Pusat Psikolog Seger Handoyo mengungkapkan pendidikan karakter penting dalam situasi sekarang ini. Ia menyampaikan Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) juga perlu fokus terhadap psikologis anak dalam membangun kebijakan.

"Materi pelajaran memang penting tapi porsinya sekarang lebih penting psikologis anak. Kalau ada guru minta tugas video membantu orang tua, jangan hanya berhenti disitu saja. Penguatan psikologis anak itu penting," kata Seger.

Baca Juga : Cara Ajukan Permohonan Pengembalian Dana Jamaah Haji

Seger mengungkap mental anak yang kuat saat dibully atau dalam kondisi apapun akan tetap bisa bertahan.

"Wajar selama pandemi covid ini anak-anak merasakan kecemasan dan kesedihan dan khawatir. Mereta tidak dapat bermain, apalgi misalnya di keluarga tidak harmonis dan masalah ekonomi. Namun semuanya itu jika anak memiliki kekuatan mental dia akan menghadapi dengan baik. Kalau tidak maka menghadapi situasi sekaran anak rewel dan tertekan dengan tugas sekolah, murung dan penyalahgunaan narkoba. Kalau dibiarkan akan menjadi masalah kejiwaan," tambah Seger.

Sumber: okezone

Pandemi Corona, Kak Seto : Kekuatan yang Bisa Melawan Itu Senyum

Pandemi Corona, Kak Seto : Kekuatan yang Bisa Melawan Itu Senyum

Pandemi Corona, Kak Seto : Kekuatan yang Bisa Melawan Itu Senyum

Pandemi Corona, Kak Seto : Kekuatan yang Bisa Melawan Itu Senyum

Pandemi Corona, Kak Seto : Kekuatan yang Bisa Melawan Itu Senyum

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya