0
Thumbs Up
Thumbs Down

PAM Tirta Sanjiwani Raih Top BUMD Bintang 4

Nusabali
Nusabali - Thu, 16 Sep 2021 07:57
Dilihat: 81
PAM Tirta Sanjiwani Raih Top BUMD Bintang 4Perumda eks PDAM Gianyar ini meraih predikat Top BUMD Kategori Bintang 4 dalam ajang Top BUMD Awards 2021 di Jakarta, Jumat (10/9). Prestasi membanggakan ini diraih adalah kali ketiga diraih BUMD tersebut secara berturut-turut sejak tahun 2019.

Raihan itu juga mengantarkan Dirut PAM TS Gianyar Ir I Made Sastra Kencana memperoleh predikat Top CEO BUMD 2021. Ajang Top BUMD Awards 2021 diselenggarakan oleh majalah Top Business diterbitkan PT Madani Solusi Internasional, bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (I-OTDA) dan beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan bisnis. Antara lain, LKN (Lembaga Kajian Nawacita), SGL Management, PPM Manajemen, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K Harriman & Associate, Solusi Kinerja Bisnis, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Bandung.

Ajang ini dengan empat kriteria penilaian, yakni berkinerja baik, improvement (berinovasi untuk perbaikan), berkontribusi dalam pembangunan daerah, memiliki strategi dan inovasi di masa pandemi Covid-19 hingga bisnis tumbuh berkelanjutan.

Dirut PAM TS Gianyar Ir I Made Sastra Kencana mengakui penghargaan Top BUMD Award ini diraih berkat kerja keras seluruh jajaran PAM TS. Tak terkecuali, berkat pembinaan intensif oleh Bupati Gianyar I Made 'Agus' Mahayastra, dan jajaran pimpinan Pemkab Gianyar. Dia menjelaskan, PAM TS telah menggarap pelbagai inovasi usaha, terutama di tengah pandemi Covid-19. Antara lain, memberikan kemudahan akses pelayanan pembayaran PDAM secara online. Dengan sistem ini, konsumen dapat membayar rekening air bank, Kantor Pos, toko swalayan yang ditunjuk, tanpa harus berkerumun di loket PDAM. ''PAM TS Gianyar kini punya 12 modul sistem keuangan online, semua itu saling terintegrasi," ujarnya.

Karena pendemi, papar dia, pendapatan PAM TS turun, namun masih bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD) Gianyar. ''Meski pendapatan turun, kami masih bisa eksis. Di masa pandemi ini kami bertekad agar dapat berkontribusi untuk PAD. Caranya, antara lain dengan efisiensi pembiayaan, tentu tanpa mengurangi kualitas layanan," papar Sastra Kencana.

Selain efisiensi, jelasnya, PAM TS juga membuat usaha Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Kini sedang dikembangkan pelayanan air minum dalam saluran pipa.

Untuk mengurangi beban masyarakat di tengah pandemi, PAM TS merelaksasi pembayaran pelanggan. Bentuknya, zero terminasi atau tidak memutus sambungan air jika ada keterlambatan pembayaran rekening air. Jika ada pelanggan menunggak pembayaran, managemen membijaksanai dengan pembayaran cicil, tanpa mengurangi atau menambah nilai hutang. Begitupula untuk sambungan baru, pelanggan cukup mengajukan permintaan, bayar deposit, dan sisanya dapat dicicil.

Sastra Kencana mengakui, penghargaan yang diraih tersebut tak boleh membuat dirinya dan jajaran managemen puas. Ke depan, wajib ada ada peningkatan prestasi hingga membawa PAM TS ini ke peringkat bintang 5. Dengan itu, maka BUMD ini layak jadi contoh atau model untuk usaha serupa lainnya. Untuk mencapai itu, antara lain, PAM TS akan membuat suatu desain modul penanganan kebocoran. "Desain modul penanganan kebocoran ini diminta oleh BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan). PAM TS ini diminta menjadi brand smart atau pilot project. Jika ini berhasil, maka kami bisa menjadi contoh untuk bisnis serupa di lain tempat," jelas Sastra Kencana.

Selain PAM TS, Bank Daerah Gianyar juga meraih predikat Top BUMD Awards 2021 dan Top CEO BUMD 2021. Menyusul awards dua BUMD itu, Bupati Gianyar I Made 'Agus' Mahayastra menerima penghargaan sebagai Top Pembina BUMD 2021. *lsa
Sumber: Nusabali

PAM Tirta Sanjiwani Raih Top BUMD Bintang 4

PAM Tirta Sanjiwani Raih Top BUMD Bintang 4

PAM Tirta Sanjiwani Raih Top BUMD Bintang 4

PAM Tirta Sanjiwani Raih Top BUMD Bintang 4

PAM Tirta Sanjiwani Raih Top BUMD Bintang 4

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya