0
Thumbs Up
Thumbs Down

Obrolan Telko Sepekan: Kominfo Godok Aturan Blokir Medsos

telsetNews
telsetNews - Fri, 23 Oct 2020 15:14
Dilihat: 58

Jakarta - Dunia telekomunikasi (telko) menjelang akhir Oktober 2020 cukup ramai. Berita yang ramai dibicarakan adalah rencana Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang sedang menyusun aturan pemblokiran media sosial (medsos).

Banyak pihak yang berkomentar mengenai rencana aturan pemblokiran tersebut. Selain itu ada juga terkait penyebaran hoaks mengenai Covid-19 dan Telkomsel yang mengalihkan ribuan menara mereka kepada Mitratel.

Bagi yang penasaran, timTelset.idtelah merangkumnya dan berikut ini 7 berita telko terpopuler minggu ini. Yuk disimak!

Kominfo Godok Aturan Blokir Media Sosial

Kominfo sedang menyiapkan aturan untuk blokirmedia sosial. Kebijakan tersebut nantinya berisi tahapan-tahapan yang harus dilakukan sebelum pemerintah melakukan pemblokiran.

Pernyataan ini diungkapkan oleh Dirjen Aptika Kominfo,Semuel Abrijani Pangerapan melaluikonferensi pers virtualpada Senin (19/10/2020).

Ia mengatakan, Kominfo saat ini tengah mengolah peraturan menteri terkait pemblokiran. Aturan blokir media sosial ininantinya akan berisi tahapan-tahapan, mulai dari pemberian sanksi administratif hingga pemblokiran.

Baca berita selengkapnya disini
UU ITE Ancam Kebebasan Berekspresi? Begini Kata Kominfo

Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE dianggap telah mengancam kebebasan berekspresi maupun berpendapat. Kominfo pun buka suara terkait isu tersebut.

Diungkapkan Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, pemerintah sama sekali tidak berniat membatasi kebebasan berekspresi atau berpendapat masyarakat melalui UU ITE.

Baca berita selengkapnya disini

Bahaya! Kominfo Temukan 2.020 Hoaks Tentang Covid-19 di Medsos

Terhitung sampai Oktober 2020, terdapat 2.020 berita hoaks terkait Covid-19 yang disebar di media sosial. Untungnya, diklaim Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, hampir semua berita palsu itu sudah dihapus.

Melalui konferensi pers virtual, ia menjelaskan bahwa Kominfo telah melakukan penelusuran berita hoaks terkait Covid-19 di Indonesia sejak Januari 2020 hingga Oktober 2020.

Baca berita selengkapnya disini

Aturan Blokir Medsos Dinilai Ancam Kebebasan Berekspresi

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPR RI menanggapi rencana Kominfo untuk menerbitkan Peraturan Menteri (Permen) mengenai pemblokiran media sosial (medsos). PKS menilai aturan tersebut mengancam kebebasan berekspresi.

Dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/10/2020), anggota Komisi I DPR asal Fraksi PKS, Sukamta mengatakan aturan blokir medsos ini akan menimbulkan kebijakan yang sifatnya subjektif.

Baca berita selengkapnya disini

Kominfo Hanya Blokir Akun Medsos Penyebar Hoaks?

Menkominfo Johnny G. Plate memberikan pernyataan yang cukup mengejutkan mengenai pemblokiran media sosial (medsos). Johnny secara tidak langsung mengatakan kalau pemblokiran hanya dilakukan kepada akun penyebar hoaks.

Melalui diskusi Indonesia Lawyers Club TV One (ILC) pada Selasa (20/10/2020) pernyataan tersebut dilontarkan saat Johnny disinggung oleh seniman Sujiwo Tejo perihal pemblokiran media sosial. Sujiwo Tejo sempat menyinggung Johnny karena akan memblokir media sosial.

Baca berita selengkapnya disini

Rancangan Aturan Pemblokiran Medsos Harus Libatkan Masyarakat

Director Executive ICT Institute, Heru Sutadi menilai masyarakat perlu dilibatkan dalam rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permen Kominfo) mengenai pemblokiran media sosial (medsos).

Melalui wawancaraTim Telset.idpada Kamis (22/10/2020) permen pemblokiran media sosial memang diperlukan saat ini. Namun, masyarakat harus dilibatkan dalam proses rancangan peraturan tersebut.

Baca berita selengkapnya disini
Telkomsel Alihkan Kepemilikan 6.050 Menara ke Mitratel

Telkomsel melakukan aksi korporasi untuk penataan portofolio bisnis dengan mengalihkan kepemilikan 6.050 menara milik Telkomsel kepada Mitratel.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Telset.id, Selasa (20/10/2020), aksi korporasi ini dilakukan karena Telkomsel ingin fokus mengembangkan ekosistem digital.

Baca berita selengkapnya disini


Artikel Obrolan Telko Sepekan: Kominfo Godok Aturan Blokir Medsos dan berita teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.id.

Sumber: telsetNews

Obrolan Telko Sepekan: Kominfo Godok Aturan Blokir Medsos

Obrolan Telko Sepekan: Kominfo Godok Aturan Blokir Medsos

Obrolan Telko Sepekan: Kominfo Godok Aturan Blokir Medsos

Obrolan Telko Sepekan: Kominfo Godok Aturan Blokir Medsos

Obrolan Telko Sepekan: Kominfo Godok Aturan Blokir Medsos

  
Berita Trending Gadget
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya