0
Thumbs Up
Thumbs Down

Nostalgia Hari Ini: Lahirnya Genoa, Klub Tertua di Italia

Football5star
Football5star - Fri, 10 Apr 2020 18:25
Dilihat: 44

Football5star.com, Indonesia - Pada 10 April 1897, Genoa Cricket and Athletic Club berkembang menjadi tim sepak bola, menjadikan mereka tim tertua yang ada di Italia.

Pada saat itu, tim sepak bola lainnya cuma Internazionale Torino dan FCB Torinese. Genoa, didirikan pada tahun 1893 oleh ekspatriat Inggris, pada awalnya mencurahkan perhatian mereka pada kriket. Mereka menganggap sepak bola hanya cocok untuk kelas bawah.

Tetapi pada tahun 1897, James Richardson Spensley, seorang dokter dan penggemar sepak bola Inggris, membujuk klub untuk membuka bagian yang dikhususkan untuk sepak bola. Dia juga menjabat sebagai manajer tim.

Tim langsung sukses, memenangkan kejuaraan Italia pertama mereka pada tahun 1989, kemudian memenangkan lima dari enam kejuaraan berikutnya (cumakalah dari AC Milan pada tahun 1901). Sementara itu, Internazionale Torino dibubarkan pada tahun 1900 dan Torinese mengikuti pada tahun 1906.

Secara keseluruhan, Il Grifone telah memenangkan total sembilan gelar liga, meskipun yang terakhir adalah pada tahun 1924. Mereka juga memenangkan Piala Italia (1937) dan yang terakhir Piala Anglo-Italia (1996).

Kebencian Mussolini Terhadap Genoa
Wikipedia

Rivalitas sengit terjadi di antara klub-klub di Kota Genoa dan sudah dimulai ketika abad ke-20. Ketika segala kesuksesan yang diperoleh Il Grifone pada saat itu, tak membuat hati gembira dan menimbulkan kebencian bagi seorang diktator Benito Mussolini.

Hal ini disebabkan oleh lekatnya akar Inggris yang ada di dalam tubuh Genoa. Akibat fasisme yang dianut Mussolini, ia tak rela sebuah kesebelasan yang beranggotakan para pemain non-Italia menjadi penguasa sepak bola di Italia.

Il Grifone pun dianggap sebagai antek Inggris atau asing. Mussolini yang menganut paham fasisme, menganggap Genoa sebagai antek asing yang menodari kesucian tanah kelahirannya tersebut.

Wikipedia

Melalui campur tangan pemerintahan fasismenya, Mussolini pun memerintahkan agar Sampier dan Doria menggabungkan kekuatan untuk melawan dominasi Genoa.

Pada 1927, terciptalah Domnante Genova. Penamaan La Dominante, sebagaimana terlihat dari akar katanya, yaitu dominan adalah harapan kesebelasan yang baru tersebut mengambil pucuk kekuasaan dari tangan Genoa.

Namun harapan tinggal harapan. Kesebelasan bentukan Musolini ini hanya bertahan selama tiga tahun. La Dominante pun pecah karena gagal menggoyahkan kedigdayaan Genoa yang sudah kelewat kuat sehingga Sampier dan Doria memilih kembali ke jalannya masing-masing seperti sebelumnya. Justru Doria menampilakn peningkatan kualitasnya setelah pecahnya La Dominante.

Sementara Sampier melakukan merger dengan kesebelasan asal Genoa lain, yakni Corniglianese dan Rivarolese untuk melahirkan Associazione Liguria Calcio. Di sisi lain, Mussolini ditembak mati dan mayatnya digantung terbalik di Pzaale Loreto, Milan.

Tapi ide-ide untuk menggulingkan Genoa masih bertahan di Liguria dan Doria sehingga lahirlah Sampdoria.


The post Nostalgia Hari Ini: Lahirnya Genoa, Klub Tertua di Italia appeared first on Berita Bola Terupdate, Live Score, Jadwal & Klasemen - Football5star.com.

Sumber: Football5star

Nostalgia Hari Ini: Lahirnya Genoa, Klub Tertua di Italia

Nostalgia Hari Ini: Lahirnya Genoa, Klub Tertua di Italia

Nostalgia Hari Ini: Lahirnya Genoa, Klub Tertua di Italia

Nostalgia Hari Ini: Lahirnya Genoa, Klub Tertua di Italia

Nostalgia Hari Ini: Lahirnya Genoa, Klub Tertua di Italia

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya