0
Thumbs Up
Thumbs Down

Netizen Terkejut Pertemuan Jokowi dan Prabowo

Republika Online
Republika Online - Sun, 14 Jul 2019 19:43
Dilihat: 48
Netizen Terkejut Pertemuan Jokowi dan Prabowo

JAKARTA -- Pertemuan antara presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dengan rivalnya dalam Pilres 2019 Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada Sabtu (13/7) memunculkan keterkejutan bagi netizen.

Indonesia Indicator (I2) melalui kajian analisis media sosial mencatat, sejak pukul 11.30 hingga 17.35 WIB, terdapat sebanyak 56 ribu percakapan yang ditujukan pada Jokowi. Sementara, percakapan yang menyebut nama Prabowo mencapai 101.027.

"Sebanyak 79 persen netizen yang merespons pertemuan bersejarah kedua tokoh itu adalah kaum milenial," ujar Direktur Komunikasi (I2) Rustika Herlambang dalam siaran persnya kepada Republika.co.id, Ahad (14/7). Sebanyak 67 persen netizen yang menaruh perhatian adalah laki-laki.

Menurut Rustika, pada percakapan di Twitter yang menyebut nama Prabowo, netizen terlihat ada kesan kecewa, kaget, dan sedih saat pertemuan tersebut terjadi. Secara garis besar, kata dia, emosi yang ditujukan kepada Prabowo lebih bervariasi. "Hal itu diakibatkan karena percakapan soal rekonsiliasi masih menjadi isu di kalangan pendukung Prabowo di linimasa," ungkapnya.

Rustika mengungkapkan, saat pertemuan itu terjadi perbedaan pendapat antarnetizen yang sepakat rekonsiliasi dan tidak setuju terlihat begitu kontras.

Rustika mengungkapkan, percakapan tentang Jokowi dan Prabowo pascapilpres hampir tiap hari bergaung di linimasa Twitter. Setiap hari, kata dia, selalu saja ada trending topik yang senantiasa dimunculkan oleh para netizen tentang harapan mereka terhadap capres dan cawapresnya.

"Salah satu isu besar yang dimunculkan dan menjadi perdebatan adalah isu rekonsiliasi. Ada yang setuju dan ada yang tidak setuju," ucap Rustika. Menurut dia, sepanjang Sabtu (13/7), Prabowo menjadi sentral percakapan netizen.

Sementara itu, kata Rustika, pada percakapan yang dominan menyebut nama Jokowi, pada awalnya terlihat bahwa emosi trust, dukungan, kesepakatan pada keputusan Jokowi merupakan emosi terbesar.

"Selain itu, emosi 'joy' yang mengutarakan kesenangan dan emosi anticipation yang berisi harapan terhadap pertemuan itu juga diungkapkan oleh netizen melalui cuitannya.


"Pernyataan Jokowi soal 'cebong' dan 'kampret' paling banyak dikutip oleh netizen, dan lagi, direspons dengan berbagai emosi," ujar Rustika.

Berita Terkait
  • Jawaban Ketua PBNU Soal Kursi Kementerian yang Diincar
  • Pertemuan Lanjutan Jokowi-Prabowo akan Bahas Posisi Gerindra
  • Soal Pendukung yang Kecewa, Ini Respons Prabowo
Berita Lainnya
  • Anne Avantie tak Nilai Negatif Lansia Dititip di Panti Jompo
  • Setkab: Jateng dan Jatim Jadi Contoh Sinergi Pusat-Daerah

Netizen Terkejut Pertemuan Jokowi dan Prabowo

Netizen Terkejut Pertemuan Jokowi dan Prabowo

Netizen Terkejut Pertemuan Jokowi dan Prabowo

Netizen Terkejut Pertemuan Jokowi dan Prabowo

Netizen Terkejut Pertemuan Jokowi dan Prabowo

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya