0
Thumbs Up
Thumbs Down

NASA Tangguhkan Kontrak SpaceX Senilai Rp 41,8 Triliun

Republika Online
Republika Online - Sat, 01 May 2021 20:15
Dilihat: 65
NASA Tangguhkan Kontrak SpaceX Senilai Rp 41,8 Triliun

FLORIDA -- Badan Antariksa Amerika (NASA) telah menangguhkan kontrak pendarat bulan baru yang rencananya digarap SpaceX. Proyek senilai 2,9 miliar dolar AS atau Rp 41,8 triliun itu terhambat usai badan pengawas federal menerima dua protes atas rencana kontrak tersebut.

NASA memilih menunda pekerjaan Sistem Pendaratan Manusia (atau HLS) sampai Kantor Akuntabilitas Pemerintah (GAO) membuat keputusan tentang dua protesnya. Ini berarti SpaceX tidak akan segera menerima bagian pertama dari hibah 2,9 miliar dolar AS. SpaceX juga tidak akan memulai pembicaraan awal dengan NASA yang biasanya akan dilakukan terjadi pada awal kontrak besar.

SpaceX dipilih oleh NASA pada 16 April untuk membangun pendarat bulan manusia pertama sejak program Apollo. Alasannya, NASA memilih untuk mengandalkan hanya satu perusahaan untuk kontrak profil tinggi yang diharapkan banyak orang di industri luar angkasa.

Akibatnya, dua perusahaan yang bersaing untuk kontrak tersebut, Blue Origin dan Dynetics, memprotes keputusan NASA kepada Kantor Akuntabilitas Pemerintah yang memutuskan sengketa penawaran. Blue Origin menuduh NASA tidak adil dan membahayakan timeline cepat 2024 NASA dengan hanya memilih SpaceX.

"Berdasarkan protes GAO, NASA menginstruksikan SpaceX bahwa kemajuan pada kontrak HLS telah ditangguhkan sampai GAO menyelesaikan semua litigasi terkait dengan pengadaan ini," kata juru bicara NASA Monica Witt dalam sebuah pernyataan dilansir dari the Verge pada Sabtu (1/5).

Starship merupakan sistem roket SpaceX yang sepenuhnya dapat digunakan mengangkut manusia dan kargo ke Bulan dan Mars. Starship sukses memenangkan tender NASA. Terutama untuk kemampuan kargo masifnya dan tawaran yang diusulkan sebesar 2,9 miliar dolar AS - jauh lebih murah daripada Blue Origin's and Dynetics ', menurut sebuah Dokumen pemilihan sumber NASA.

Perkembangan Starship hingga titik ini didorong terutama oleh Elon Musk, pendiri dan kepala eksekutif SpaceX. Perusahaan itu telah meluncurkan beberapa prototipe Starship dalam penerbangan uji ketinggian pendek dan tinggi di fasilitas peluncurannya di Boca Chica, Texas.

Mendaratkan prototipe setelah melayang lebih dari enam mil di udara telah terbukti menjadi tantangan yang berat. Semua roket prototipe ketinggian SpaceX telah hancur dalam ledakan fase pendaratan. Pengembangan Starship pribadi SpaceX kemungkinan akan berlanjut.


Uji terbaru perusahaan terhadap prototipe Starship, SN15, dijadwalkan untuk diluncurkan dalam beberapa hari ke depan setelah memperoleh persetujuan lisensi dari Administrasi Penerbangan Federal minggu ini. NASA mengatakan memilih satu perusahaan adalah keputusan terbaik yang dapat dibuat pada saat itu dengan dana yang disediakan dari Kongres. Tahun lalu, Kongres memberi agen 850 juta dolar AS dari 3,3 miliar dolar AS yang diminta untuk pengadaan dua pendarat bulan.

Berita Terkait
  • Absen 45 Tahun, Rusia akan Kembali Luncurkan Misi ke Bulan
  • Elon Musk: Roket Siap Bawa Manusia ke Bulan Tahun 2024
  • NASA Rilis Foto Terbaru Bintang Paling Terang
Berita Lainnya
  • India: Vaksinasi Melambat Saat Angka Infeksi Capai Rekor Baru
  • Gletser Jerman Diprediksi Habis Mencair dalam 10 Tahun

NASA Tangguhkan Kontrak SpaceX Senilai Rp 41,8 Triliun

NASA Tangguhkan Kontrak SpaceX Senilai Rp 41,8 Triliun

NASA Tangguhkan Kontrak SpaceX Senilai Rp 41,8 Triliun

NASA Tangguhkan Kontrak SpaceX Senilai Rp 41,8 Triliun

NASA Tangguhkan Kontrak SpaceX Senilai Rp 41,8 Triliun

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya