0
Thumbs Up
Thumbs Down

Narasi Konservatif dan Islamis Dominasi Medsos

Republika Online
Republika Online - Sat, 28 Nov 2020 01:00
Dilihat: 59
Narasi Konservatif dan Islamis Dominasi Medsos

JAKARTA -- Riset Media and Religious Trend Indonesia (MERIT) menemukan ada empat kategori paham yang berkembang dan mendominasi narasi keagamaan di media sosial. Di antaranya yaitu paham konservatif sebesar 62,2 persen, moderat 22,2 persen, liberal 6,1 persen dan Islamis 4.5 persen.

Sedang paham radikal tidak teridentifikasi karena sangat kecil. Riset tersebut Menggunkanan data twitter dari 2009-2019 dengan sampel kata kunci keagamaan dengan 2 juta twit, 7,5 adges dan 750 ribu user.

Koordinator MERIT, Iim Halimatusadiyah menjelaskan perubahan narasi keagamaan di media sosial juga dipengaruhi oleh kompetisi elit politik. Seperti narasi konservatif yang terus meningkat pada 2014 hingga saat ini. "Politisasi agama untuk kepentingan politik ternyata berperan dalam perubahan narasi keagamaan dan meningkatnya narasi konservatisme di Media Sosial," tutur Iim saat menjadi pembicara dalam diskusi virtual Moderasi Beragama dan Polarisasi di Dunia Maya pada Jumat (27/11).

MERIT juga menganalisis narasi keagamaan yang berkembang di dunia maya melalui hashtag di mana ada empat kategori isu yaitu keagaman secara umum yang cenderung netral, keagamaan koservatif, agama dan politik, dan kelompok yang diperdebatkan. Di temukan isu agama konservatif, dan isu agama politik di medsos meningkat tajam terutama pada tahun politik seperti 2014 dan 2018. Sedang isu-isu kelompok keagamaan di medsos meningkat bersamaan dengan meningkatnya isu agama-politik.

Lalu bagaimana politisasi narasi keagamaan berdampak pada polarisasi di media sosial? Iim menjelaskan dari proporsi hastag tersebut dengan prediksi liberal, moderat, konservatif dan Islamis ditemukan bahwa hastag agama-politik paling banyak terkonsentrasi di narasi konservatif sebanyak 55 persen. Sedangkan untuk isu kelompok keagamaan, narasi Islamis mendominasi sebanyak 48 persen. Begitu juga untuk isu agama konservatif paling banyak didominasi pada narasi Islamis sebesar 41 persen.

Sedangkan untuk isu agama umum didominasi oleh narasi moderat sebesar 46 persen. "kelompok liberal belum cukup lihai bermain media sosial dalam kontek hashtag. Yang lebih dominan disini konservatif dan islamis. Mereka tahu benar bagaimana menggunakna media sosial untuk menggaungkan narasi yang mereka buat," tuturnya.


Iim menjelaskan dari hasil riset MERIT itu dapat disimpulkan bahwa narasi keagamaan di media sosial didominasi oleh narasi konservatisme. Selain itu riset itu juga menunjukan politisasi agama berklontribusi bagi peningkatan narasi konservatisme di media sosial. Selain itu politisasi narasi keagamaan juga berdampak pada polarisasi di media sosial.

Berita Terkait
  • Pedofil Paling Bejat di Inggris Jerat 5.000 Anak, Modusnya?
  • Bawaslu: Pengawasan Kampanye di Media Sosial PR Bersama
  • Facebook Ungkap Angka Prevalensi Ujaran Kebencian
Berita Lainnya
  • 36 Hotel dan Gedung DKI Diizinkan Gelar Resepsi Nikah
  • Menpora: Pemerintah Gerak Cepat Benahi Sepak Bola

Narasi Konservatif dan Islamis Dominasi Medsos

Narasi Konservatif dan Islamis Dominasi Medsos

Narasi Konservatif dan Islamis Dominasi Medsos

Narasi Konservatif dan Islamis Dominasi Medsos

Narasi Konservatif dan Islamis Dominasi Medsos

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya