0
Thumbs Up
Thumbs Down

Musim Hujan, Sejumlah Lokasi Rawan Bencana

Nusabali
Nusabali - Thu, 06 Oct 2022 07:08
Dilihat: 48
Musim Hujan, Sejumlah Lokasi Rawan Bencana
Langkah ini untuk antisipasi dan mitigasi bencana alam dampak memasuki musim hujan. Kepala Pelaksana BPBD Buleleng Putu Ariadi Pribadi mengatakan BPBD telah memetakan lokasi atau daerah-daerah potensial terjadi bencana tanah longsor maupun banjir.

Berdasarkan informasi dari BMKG, Bali khususnya Buleleng sudah memasuki musim hujan sejak akhir September. Namun intensitasnya belum terlalu tinggi, karena puncak hujan diprediksi baru akan terjadi pada Desember hingga Januari 2023. "Sekarang intensitas hujannya belum terlalu tinggi. Ini masih peralihan dari musim panas ke musim hujan, belum puncaknya," ujarnya, Rabu (5/10).

Meski intensitas hujan belum terlalu besar, bencana mitrologi seperti banjir hingga tanah longsor, hingga puting beliung dan pohon tumbang kemungkinan bisa terjadi. Untuk itu pihaknya mengimbau kepafa seluruh relawan yang terbentuk di beberapa desa tangguh bencana untuk selalu waspada.

Adapun daerah berpotensi terjadi tanah longsor di kawasan perbukitan atau dataran tinggi. Di Kecamatan Sukasada seperti di Desa Gitgit dan Wanagiri. Di Kecamatan Tejakula yakni di Desa Sembiran, Pacung, Julah hingga Madenan. Di Kecamatan Busungbiu, seperti Desa Kekeran, Sepang, Tista, Kedis, dan Pucaksari. Di Kecamatan Kubutambahan, seperti di Desa Tajun, Bontihing dan Mengening, dan Kecamatan Sawan, seperti di Desa Galungan, Sekumpul, dan Lemukih.

Sementara daerah rawan banjir, sebagian besar berada di wilayah Kecamatan Buleleng yang berada di dataran rendah. Seperti di Kelurahan Penarukan, Kampung Baru, Kampung Kajanan, Kampung Anyar, Baktiseraga, Pemaron, Kalibukbuk, dan Anturan. Serta di Kecamatan Seririt seperti di Desa Joanyar, Bubunan, Patemon, dan Kelurahan Seririt.

Berikutnya, di Kecamatan Gerokgak seperti di Desa Celukan Bawang, Pengulon, Patas, Gerokgak, Musi, Penyabangan, Pejarakan, Pemuteran hingg Banyupoh. Pihak BPBD mengimbau masyarakat Buleleng untuk kerja bakti membersihkan selokan-selokan agar tidak terjadi luapan air yang menyebabkan banjir serta tidak membuang sampah sembarangan. "Kami juga koordinasi dengan Dinas PUTR, serta TNI dan Polri, dan Perbekel untuk waspada. Petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) kami juga selalu siaga 24 jam di pos kami yang ada di Desa Tukadmungga," tutupnya. *mz
Sumber: Nusabali

Musim Hujan, Sejumlah Lokasi Rawan Bencana

Musim Hujan, Sejumlah Lokasi Rawan Bencana

Musim Hujan, Sejumlah Lokasi Rawan Bencana

Musim Hujan, Sejumlah Lokasi Rawan Bencana

Musim Hujan, Sejumlah Lokasi Rawan Bencana

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya