0
Thumbs Up
Thumbs Down

Modifikasi Yamaha Scorpio 2005: Ubah Konsep Sesuai Usia Tapi Tetap Berjiwa Muda

MotorExpertz
MotorExpertz - Sun, 02 May 2021 11:50
Dilihat: 61
Modifikasi Yamaha Scorpio 2005: Ubah Konsep Sesuai Usia Tapi Tetap Berjiwa Muda

DEPOK, ME. Arief  Mulyadi pengguna Yamaha Scorpio lansiran tahun 2005 ini mulanya galau antara ganti motor baru atau mengcustom motor tunggangannya, agar makin sesuai dengan karakter dirinya, bradsis.

Setelah berdiskusi dengan sang putra kesayangannya, akhirnya diputuskan  memodifikasi saja dengan alasan  lebih unik dan beda.

Dari sini semua dimulai,pria yang akrab disapa Pak Andre ini coba mencari referensi dan memutuskan pilihan ke rumah modifikasi kawakan Tauco Custom Motorcycle di bilangan Tanah Baru Beji Depok.

"Ada banyak rujukan dan pilihan bengkel custom yang lumayan bagus , tapi saya  percayalah sepenuhnya  sama mas Topo  Goedel Atmodjo,  yang dari hasil temuan saya lebih pengalaman dan punya talenta di bidang modifikasi " buka  pria asli Betawi ini .

Yamaha Scorpio pak Andre semula ingin dimodif menjadi klasik saja dan pilihan pertama jatuh ke bentuk Royal Enfield ,karena ada beberapa pertimbangan terakhir diputuskan mengambil tema Bmw R27.

Alasan memilih konsep BMW R27 ini diambil dari sisi antik dan klasiknya dapat dan menyesuaikan dengan usia yang memang tidak muda lagi, meskipun jiwanya masih terasa muda terus.

Yamaha Scorpio ini adalah motor kenangan dari pemiliknya, makanya ada nilai historis yang bakal di bangun, bradsis. Ini terlihat dari Arief Mulyadi yang sangat  peduli dan sayang keluarga.

Ada pesan khusus yang wajib dijadikan identitas di modifikasi kali ini , yaitu logo NFS ( Nafas Andre ) adalah Akronim dari 3 nama anak tersayang nya, yang penerapannya ada dibenerapa variant custom seperti knalpot ,tas kulit dan juga emblem khusus.

Topo Goedel Atmodjo, Builder veteran yang sama seperti pak Andre ini (tidak muda lagi) menemukan tantangan tersendiri di modifikasi motor kali ini. Bukan Topo namanya kalau tidak unik dan selalu melahirkan ide dan hasil yang bernilai, bradsis.

Terbukti dari ubahan Yamaha Scorpio kali ini yang meskipun sudah ditentukan konsep dasarnya dari user nya menjadi BMW R 27 , hasil akhirnya tidak dan gak mau persis seperti hasil copas.

Perubahan paling utama ada di ubahan subframe, dan jarak sumbu roda nya yang biasa disebut axisdistance. Dan ini yang akan berpengaruh terhadap hasil akhir secara keseluruhan.

Panjang sumbu roda adalah kunci kenyamanan yang akan didapat,yang di ubahan kali ini memanjangkan sumbu roda tapi masih dalam batas ideal.

Tidak terlalu panjang yang kesannya mengejar bentuk aslinya , belajar dari pengalaman malah dipakai tidak nyaman dan cenderung susah belok dan kaku untuk manuver.

Karena memang dirancang bukan untuk motor display ,tapi buat kebutuhan harian atau daily use.

"Modifikasi itu fleksibel , dan harus jelas menjawab kebutuhan , artinya  ada nilai khusus yang didapat , selain estetika yang didapat , utamanya tetap  fungsi dan nyamannya bisa diwujudkan. " jelas Topo.

Hasil akhir adalah kesan montok ,padat dan berisi  terlihat dari harmonisasi bodi kit yang di rancang dari plat galvanis 0,9 mm ,ciri khas Tauco Custom Motorcycle yang paten punya.

Terakhir untuk menopang performance dari ubahan overall ,Scorpio Bmw R27 ini diutamakn dengan upgrade secara total dengan merubah paket bore up piston 72 dari BRT berikut pengapian setnya.

Tidak lupa dengan porting polish dan mengganti nokes as nya yang juga product BRT. Tidak lupa suplay bensinya diganti dengan karburator PE 28 yang mendukung knalpot custom double silencer full system.

Untuk menjaga mesin terlihat fresh dan maksimal , sentuhan vafor dan powder coating di seluruh bodi mesin ,sukses diwujudkan.

Target waktu atau just in time yang mulai diterapkan Tauco Custom motorcycle pun berhasil tepat waktu ,3 bulan yang dijanjikan tidak meleset , dari total dana 30 juta .

Pesan Inspiratif: Cakep banget, konsep klasiknya dapet dan paduan warna cukup singkron dengan insiprasi dari BMW R27.

Saran Tim ME: Posisi footstep pengendara mungkin kalau diubah bisa lebih cakep.

Penilaian Tim ME: (9*): Mantaff, detailnya cakep.

Note: (1 *) : Kacau Banget, (2*): Payah, (3*) : Kurang kreatif, (4*) Terlalu biasa : (5*): Oke, tapi… (6*): Lumayanlah (7*): Bagus, (8*): Keren, (9*): Mantaff, (10*): Dahsyat

Data modifikasi. :

Shock depan : yamaha Byson original. Shock belakang : Variasi Ride it  34. Lampu depan : Daymaker spider 7 inchi. Stang setir : Camar 16. Tutup tangki : Pop up  type . Spidometer : Gorilla digital. Lampu blkng : variasi aftermarket. Lampu sein : variasi jalu + variasi aftermarket. Knalpot : dauble silencer WRC racing muffler. Jok + tas  kulit : BAKTI LEATHER. Bodi full set. : plat galvanis Tauco Custom Motorcycle

Bengkel: Tauco Custom Motorcycle ; Jl. Sama Berkah no 121 Rt 1  Rw 12. Tanah Baru Beji Depok


Telp : 0822 9801 3322

Sumber: MotorExpertz

Modifikasi Yamaha Scorpio 2005: Ubah Konsep Sesuai Usia Tapi Tetap Berjiwa Muda

Modifikasi Yamaha Scorpio 2005: Ubah Konsep Sesuai Usia Tapi Tetap Berjiwa Muda

Modifikasi Yamaha Scorpio 2005: Ubah Konsep Sesuai Usia Tapi Tetap Berjiwa Muda

Modifikasi Yamaha Scorpio 2005: Ubah Konsep Sesuai Usia Tapi Tetap Berjiwa Muda

Modifikasi Yamaha Scorpio 2005: Ubah Konsep Sesuai Usia Tapi Tetap Berjiwa Muda

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya