0
Thumbs Up
Thumbs Down

Modifikasi WR155R 2021: Bore Up 185 cc, Konsep Dua Alam Konsumen Asal Timor Leste

MotorExpertz
MotorExpertz - Thu, 25 Mar 2021 12:09
Dilihat: 102
Modifikasi WR155R 2021: Bore Up 185 cc, Konsep Dua Alam Konsumen Asal Timor Leste

CIBINONG, ME. Ingin tampil beda dengan mengikuti trend modifikasi yang ada di Indonesia, Rey Speedshop (RSS) kedatangan konsumen jauh dari Timor Leste untuk memodifikasi motor Yamaha Wr155R miliknya bergaya dua alam, yaitu untuk adventure juga untuk supermoto.

Beliau adalah Helder Vieira Aniceto, yang merupakan wakil ketua Federacão de Motociclismo de Timor-Leste (FMCTL). Kalau di sini (Indonesia) merupakan wakil ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), bradsis.

Jadi ini merupakan kepercayaan luar biasa bagi bengkel modifikasi milik pembalap nasional, Rey Ratukore untuk memodifikasi salah satu orang penting di dunia otomotif negara tetangga kita tersebut.

Gak tanggung-tanggung, Helder Vieira Aniceto juga membeli unit Yamaha WR155R ini di dealer Yamaha Mekar Motor Cibinong, dan langsung dimodifikasi di bengkel RSS sesuai keinginannya dengan konsep dua alam, yaitu untuk aspal (supermoto) dan tanah (grasstrack).

"Saya memilih RSS untuk modifikasi motor WR155R saya karena saya memantau sosial media teman saya yang bekerja di sana, yaitu Thibar. Jadi RSS salah satu bengkel yang bagus di Bogor dan saya ingin promosikan motor WR155R yang sudah dimofikasi sekaligus melihat peminat motor ini di Timor Leste," ujar Helder Vieira Aniceto saat dihubungi tim ME.

"Untuk konsepnya saya minta ada dua, yaitu grasstrack dan supermoto, makanya saya pesan pelek dan ban dua set, untuk kedua konsep tersebut. Jadi konsepnya umum bisa dipakai untuk aspal dan adventure," tambahnya.

Langsung saja tanpa waktu lama, motor WR155R yang masih 'gress' dari dealer ini langsung dimodifikasi tampilan dan performa mesinnya, bradsis.

Bagian mesin dibore up menjadi 185 cc menggunakan blok + piston set 63 mm (kompresi dibuat 11,5 dikarenakan di sana sulit mecari bahan bakar yang octanenya di atas 95). Lalu cam custom by RSS memakai basic R15 VVA.

Sedangkan gir timing bawah dan rantai keteng memakai punya Yamaha MX-King, karena gir timing atas diganti dengan yang adjustable, agar memudahkan mekanik mencari setingan, dan juga rantai keteng asli punya wr155r lebih kecil di banding MX-King, bradsis.

Untuk per klepnya dibuat custom, throotle body pakai ukuran 32 mm + velocity di custom sesuai keperluan. sedangkan ECU memakai Aracer RC Mini 5, dan knalpot tentu memakai produk dari RSS yang sudah teruji sering dipakai oleh Rey Ratukore terabasan setiap akhir pekan dan hasil dyno yang bisa menambah tenaga mesin.

Lalu untuk tampilan, bagian decal menggunakan desain dari LT design dengan material motocross grade otomotif dari Max Decal, bradsis. Sementara itu bagian kaki-kaki peleknya memilih warna hitam agar lebih terlihat sangat dan berani.

Nah, dari dua konsep supermoto dan grasstrack tentu membuat ukuran pelek dan ban jadi berbeda. Untuk konsep supermoto menggunakan pelek dari TDR Ushape dengan ukuran 300 dan 350-17. Sedangkan untuk grasstrack atau terabas menggunakan pelek Expedition ukuran 160/21 di depan dan di belakang 215/18.

Pesan Inspiratif: Sangat fungsional, sesuai dengan model motor dual purpose, konsep modifikasinya bisa untuk aspal dan tanah.

Saran Tim ME: Karena satu motor untuk dua konsep, mungkin lebih baik tiap konsep dibuat 1 motor. Tapi balik lagi ke estimasi biaya, dan tidak masalah satu motor dua konsep karena niatnya memperkenalkan trend modifikasi WR55R ke Timor Leste.

Penilaian Tim ME: (9*): Mantaff, detailnya cakep.

Note: (1 *) : Kacau Banget, (2*): Payah, (3*) : Kurang kreatif, (4*) Terlalu biasa : (5*): Oke, tapi… (6*): Lumayanlah (7*): Bagus, (8*): Keren, (9*): Mantaff, (10*): Dahsyat

Data Modifikasi:

Engine : Blok + piston set 63 mm, Cam custom by RSS, Gir timing bawah dan rantai keteng MX-King, Per klep Custom, Throotle body 32 mm + velocity Custom,  injector 180, ECU memakai Aracer RC Mini 5, knalpot RSS. Velg Supermoto: TDR Ushape ukuran 300.350-17, jari-jari TDR, Tromol original Yamaha di cat hitam, ban luar Pirelli Diablo Rosso Sport ukuran 120/70-17 ( depan ),  150/60-17 (belakang). Pelek terabas: velg expedition dengan warna hitam dan ukuran 160/21 belakang 215/18, ban Dunlop DGX01 ukuran depan 80/100-21 belakang 100/100-18.


Bengkel: Rey Speedshop,  Jl. Raya Mayor Oking Jaya Atmaja No.88a, Cirimekar, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Sumber: MotorExpertz

Modifikasi WR155R 2021: Bore Up 185 cc, Konsep Dua Alam Konsumen Asal Timor Leste

Modifikasi WR155R 2021: Bore Up 185 cc, Konsep Dua Alam Konsumen Asal Timor Leste

Modifikasi WR155R 2021: Bore Up 185 cc, Konsep Dua Alam Konsumen Asal Timor Leste

Modifikasi WR155R 2021: Bore Up 185 cc, Konsep Dua Alam Konsumen Asal Timor Leste

Modifikasi WR155R 2021: Bore Up 185 cc, Konsep Dua Alam Konsumen Asal Timor Leste

  
Berita Trending Motor
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya