0
Thumbs Up
Thumbs Down

Mobilitas Meningkat, Kasus Covid-19 Meningkat

Republika Online
Republika Online - Wed, 19 Jan 2022 13:12
Dilihat: 76
Mobilitas Meningkat, Kasus Covid-19 Meningkat

JAKARTA -- Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro menyampaikan, mobilitas masyarakat mengalami peningkatan pada Januari ini. Pada saat bersamaan, terjadi peningkatan kasus Covid-19 selama satu pekan ini.

Reisa mengatakan, peningkatan mobilitas disebabkan oleh kegiatan bisnis dan ekonomi yang kembali berjalan, kedatangan wisatawan dari luar negeri, dan juga telah diselenggarakannya pembelajaran tatap muka di sekolah. Dari data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), selama periode Nataru sejak 24 Desember 2021-2 Januari 2022, terjadi peningkatan rata-rata penumpang kendaraan umum yang sebanyak 13,91 persen jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

"Perlu diketahui bahwa pada bulan Januari ini kita mengalami peningkatan mobilitas," kata Reisa saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (19/1).

Sementara itu, hingga 18 Januari kemarin, penambahan kasus konfirmasi positif mencapai sebanyak 1.362 orang. "Ini menunjukan bahwa kemarin merupakan angka tertinggi dalam satu hari sejak pertengahan bulan Oktober 2021," kata Reisa.

Reisa mengingatkan, pengalaman lonjakan kasus pada tahun lalu setelah libur Nataru dan Idulfitri. Kenaikan kasus karena mobilitas masyarakat yang tinggi serta pelonggaran protokol kesehatan.

Reisa mengatakan, kondisi ini harus menjadi pengingat agar masyarakat dapat disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan baik saat menggunakan transportasi umum, beraktivitas di ruang publik, dan menerapkan protokol kedatangan saat kembali ke rumah agar risiko penularan berkurang. Karena itu, ia mengajak masyarakat agar kembali mewaspadai penyebaran kasus Covid-19, terutama varian omicron yang mudah menular dan menyebabkan gelombang kasus di berbagai negara.

Varian omicron ini telah ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia, seperti di DKI Jakarta, Malang, Surabaya, Bogor, Tangerang Selatan, Bandung, dan Medan. "Tentunya agar tidak menyebar luas kita semua harus ikut andil dalam upaya pengendalian penularan Covid-19, terutama untuk varian ini. Karena apapun variannya pencegahannya tetap sama, disiplin menerapkan prokes dan vaksinasi," jelas dia.

Karena itu, ia meminta masyarakat yang baru saja kembali bepergian dari luar negeri untuk mematuhi ketentuan karantina. "Kerja sama dari berbagai pihak adalah kuncinya. Kita masyarakat memegang peranan utama dalam faktor utama pencegahan untuk dapat selalu mendukung upaya-upaya yang telah dilakukan," jelas dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengimbau agar masyarakat mengurangi kegiatan di pusat keramaian dan tak melakukan perjalanan ke luar negeri jika tak ada keperluan yang mendesak. Selain itu, ia juga menyarankan agar pekerja perkantoran bisa kembali bekerja secara //work from home (WFH)// untuk meminimalisir penularan varian omicron.


Berita Terkait
  • Pemkot Bandung Kaji WFH Antisipasi Varian Omicron
  • KSP: Perketat Syarat Perjalanan Luar Negeri untuk Wisata
  • Tanda-Tanda Omicron yang Harus Diwaspadai
Berita Lainnya
  • Klarifikasi Soal Sunda, Arteria: Saya Bantu Agar tak Ada Sunda Empire di Kejaksaan
  • Mobilitas Meningkat, Kasus Covid-19 Meningkat

Mobilitas Meningkat, Kasus Covid-19 Meningkat

Mobilitas Meningkat, Kasus Covid-19 Meningkat

Mobilitas Meningkat, Kasus Covid-19 Meningkat

Mobilitas Meningkat, Kasus Covid-19 Meningkat

Mobilitas Meningkat, Kasus Covid-19 Meningkat

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya