0
Thumbs Up
Thumbs Down

Mobil yang Halangi Tamu Negara Ternyata Pakai Pelat Palsu

Republika Online
Republika Online - Wed, 06 Nov 2019 08:09
Dilihat: 28
Mobil yang Halangi Tamu Negara Ternyata Pakai Pelat Palsu

JAKARTA -- Mobil Nisaan Terra berplat nomor B 1 RI yang sempat membuat heboh lantaran parkir menghalangi jalan tamu negara di Hotel Raffles ternyata menggunakan plat nomor palsu.

Kepala Sub Bidang Penerangan Masyarakat Polda Metro Jaya AKBP I Gede Nyeneng mengatakan plat nomor sebenenarnya dari mobil tersebut adalah B 1442 KJM.

"Dari hasil pendalaman dari tersangka maka mobil yang dimakan pelat B 1 RI diperiksa ke Ditlantas ternyata pelatnya palsu atau tidak benar," kata AKBP Gede di Polda Metro Jaya, Selasa.

Gede Nyeneng mengatakan pemilik mobil yang bernama Prof. DR. E. Irwannur Latubual Ph.D alias IL tersebut akhirnya ditahan petugas namun penyabab utamanya bukan karena plat nomor palsu tersebut, namun karena membawa sejata tajam jenis golok sepanjang sekitar satu meter.

Kepada polisi IL mengaku senjata tajam itu adalah peninggalan dari keluarganya yang merupakan keluarga keturunan raja dari Pulau Buru di Maluku.

Penyidik kemudian melakukan pemeriksaan dan penelusuran terhadap silsilah keluarga ningrat yang diakui oleh IL, namun namanya tidak tercantum dalam silsilah tersebut.

"Namun setelah dilakukan pengecekan silsilah kerajaan yang diakui tersangka itu bukan silsilah dari Pulau Buru, jadi itu cuma alasan saja," katanya.

Ternyata setelah diperiksa di Polda Metro Jaya, penyidik juga menemukan jika IL juga dilaporkan ke polisi dalam perkara penipuan dan penggelapan. "Kemudian tersangka IL ini juga ada LP (laporan polisi) penipuan dan penggelapan juga yang sedang disidik oleh Polda metro Jaya," katanya.

Atas kepemilikan senjata, IL ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 UU darurat nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah mobil Nissan Terra dengan plat nomor B 1 RI yang terparkir di Hotel Raffles, Kuningan Jakarta Selatan pada hari pelantikan presiden yakni 20 Oktober 2019.

Hotel Raffles adalah hotel yang banyak diisi oleh tamu negara yang akan menghadiri pelantikan presiden dan mobil tersebut menimbulkan kegaduhan karena parkir menghalangi jalan tamu negara.

Anggota kepolisian yang bertugas mengawal tamu negara akhirnya berkoordinasi dengan pihak hotel untuk mencari pemilik mobil tersebut. Pemiliki mobil itu kemudian diketahui juga menginap di hotel itu.

Pihak keamanan hotel dan polisi akhirnya mendatangi kamar pemilik mobil untuk memintanya memindahkan mobil tersebut.

Saat pemilik mobil tiba dan membuka mobilnya, petugas kemudian memeriksa mobil dan menemukan senjata tajam yang tersimpan di dalam kendaraan.


Akibatnya pemilik mobil dan sopirnya diamankan oleh petugas untuk diperiksa intensif. Namun sopir mobil akhirnya dibebaskan sedangkan pemilik mobil ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka.

Berita Terkait
  • Berharap Kemajuan
  • Dituduh Sumbang Rp 75 Ribu untuk Aksi Teror, RA Ditangkap
  • Menristek Siapkan Badan Riset dan Inovasi Nasional
Berita Lainnya
  • Viola Davis Ikut Tanggapi Martin Scorsese
  • Dompet Dhuafa Ajak Sumbang Sepatu Layak Pakai di EJM 2019

Mobil yang Halangi Tamu Negara Ternyata Pakai Pelat Palsu

Mobil yang Halangi Tamu Negara Ternyata Pakai Pelat Palsu

Mobil yang Halangi Tamu Negara Ternyata Pakai Pelat Palsu

Mobil yang Halangi Tamu Negara Ternyata Pakai Pelat Palsu

Mobil yang Halangi Tamu Negara Ternyata Pakai Pelat Palsu

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya