0
Thumbs Up
Thumbs Down

Milenial Paling Semangat Beli Properti

Rumah
Rumah - Wed, 19 Jun 2019 17:43
Dilihat: 121
Milenial Paling Semangat Beli Properti

Rumah.com - Berdasarkan prediksi Badan Pusat Statistik (BPS), Generasi milenial yang meliputi rentang usia 17-30 tahun, pada 2020 jumlahnya akan mencapai 35% dari total populasi rakyat Indonesia. Setidaknya 75 juta jiwa generasi milenial di Indonesia masuk dalam kelas menengah yang populasinya di Indonesia terus meningkat.

Menurut catatan Real Estate Indonesia (REI), data statistik ini mengungkapkan bahwa pasar properti dalam negeri sedang mengalami perubahan. Muncul disrupsi baru yangmemaksa pengembang menyesuaikan diri dan mulai menyiapkan produk-produk yang menjangkau pasar milenial.

Rumah.com sendiri melalui survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index menemukan bahwa generasi milenial adalah generasi yang paling antusias dalam membeli rumah. Sebanyak 72% dari total responden milenial mengaku berniat membeli rumah dalam enam bulan ke depan.

DirekturPT Agung Podomoro Land Tbk., Paul Christian Ariyanto, mengungkapkan dengan kondisi saat ini, properti komersial yang terdiri atas apartemen hingga lahan industri masih menunjukkan permintaan yang tumbuh positif dengan kecenderungan relatif landai.

Emiten berkode saham APLN ini pun berusaha menyikapi dengan strategi-strategi pemasaran yang fokus pada pasar baru yakni generasi milenial kelas menengah. Karakteristik segmen ini cenderung memilih produk hunian dengan harga di bawah Rp1 miliar.

Baca juga: Panduan menyiapkan keuangan untuk membeli rumah pertama.

"Oleh karenanya, salah satu strateginya mengapa kami pada akhirnya juga mengembangkan proyek Podomoro Park Bandung, hunian satu lantai di klaster Padmagriya dengan harga yang ditawarkan mulai Rp800 juta," jelasnya.

Selain itu, tingginya jumlah generasi milenial yang bekerja di perkantoran juga membuat minat dalam mencari lokasi hunian yang dekat dengan tempatnya berkerja semakin tinggi. Salah satunya dengan pertimbangan kepraktisan karena lebih dekat ke kantor.

Direktur Utama PT Diamondland Development Adam Bilfaqih mengatakan, mayoritas pembeli Apple Residence Jatipadang, Jakarta Selatan,berasal dari kalangan milenial yang berusia di bawah 40 tahun.

Adam memperkirakan milenial ini sebagian besar berkerja di sepanjang Jalan TB Simatupang yag dikenal sebagai kawasan perkantoran. Memperebutkan ceruk pasar untuk generasi ini, maka hunian yang nantinya memiliki tinggi empat lantai dan terdiri atas tiga blok akan ditawarkan dengan harga mulai dari Rp700 juta per unit. Hingga akhir Mei lalu, perusahaan sudah berhasil menjual 80 persen dari total unit yang dibangun.

"Generasi milenial ini sebenarnya jarang memiliki mobil pribadi sebagai sarana transportasi, mereka lebih suka menggunakan transportasi online atau angkutan umum," ungkapnya.

Secara global, berdasarkan riset yang dilansir Bloomberg, saat ini ada kenaikan lebih dari 60% pembelian properti oleh generasi milenial di Tiongkok. Jumlah transaksinya mencapai US$740 juta atau setara dengan Rp10,5 triliun pada 2018.

Angka itu diproyeksikan meningkat dua kali lipat pada 2019. Generasi milenial China dinilai lebih melirik untuk investasi properti di Asia Tenggara lantaran harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan di Beijing, Shanghai, terlebih Hong Kong.

Sebelumnya, para investor milenial cederung membidik Selandia Baru, Kanada, Singapura, dan Australia. Namun, sederetan negara itu memiliki beberapa regulasi terkait dengan larangan kepemilikan properti oleh orang asing. Oleh karena itu, para investor muda mulai melirik Thailand, Indonesia, dan Filipina, ditambah adanya kemudahan membeli melalui situs properti daring.


Data Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1 2019 menunjukkan bahwa sebanyak 47% milenial sudah menggunakan situs properti untuk mencari informasi seputar properti dan informasi terkait lainnya.

Sumber: Rumah

Milenial Paling Semangat Beli Properti

Milenial Paling Semangat Beli Properti

Milenial Paling Semangat Beli Properti

Milenial Paling Semangat Beli Properti

Milenial Paling Semangat Beli Properti

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya