0
Thumbs Up
Thumbs Down

Mesin MIVEC Bukti Nyata Ketangguhan Mobil Mitsubishi

Garduoto
Garduoto - Wed, 03 Jun 2020 17:32
Dilihat: 132
Mesin MIVEC Bukti Nyata Ketangguhan Mobil Mitsubishi Mitsubishi Motors Corporation (MMC) sebagai salah satu pabrikan kendaraan yang sudah terkenal di dunia terus berupaya menghadirkan mobil dengan performa mesin yang optimal.

Hal ini dibuktikan dengan diciptakannya mesin dengan teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system.

MIVEC merupakan nama umum untuk semua mesin yang dilengkapi dengan mekanisme pengaturan valve-timing (waktu bukaan katup udara dalam mesin) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mesin secara otomatis.

MMC telah lama berfokus pada teknologi untuk mengatur kinerja waktu (valve timing) dan besarnya bukaan katup udara dalam mesin (valve lift) dengan tujuan menghasilkan tenaga besar, konsumsi bahan bakar efisien, dan emisi gas buang yang rendah.

Mesin MIVEC pertama kali digunakan pada tahun 1992 pada Mitsubishi Mirage, dan sejak itu Mitsubishi Motors telah menambahkan sejumlah perangkat tambahan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Mitsubishi Motors kemudian terus mengembangkan mesin MIVEC menjadi mesin All New MIVEC yang mengendalikan intake valve timing (waktu bukaan katup udara masuk) dan besarnya valve lift pada waktu yang sama, sepanjang waktu.

"Dengan mesin MIVEC yang dipasangkan di kendaraan Mitsubishi Motors tidak hanya memiliki teknologi mengoptimalkan performa tenaga mesin, namun juga memperhitungkan tingkat konsumsi bahan bakar dan gas buang yang efisien sekaligus juga memperhatikan keberlangsungan lingkungan," tegas Guntur Harling, Group Head of Product Strategy Division PT MMKS dalam rilis ke 100KPJ, Rabu (3/6).

Pada tahun 2011, Mitsubishi Motors menyematkan mesin All New MIVEC SOHC (Single Over Head