0
Thumbs Up
Thumbs Down

Mengurai Tantangan yang Menanti Julian Nagelsmann di Bayern Munich

Football5star
Football5star - Thu, 29 Apr 2021 15:42
Dilihat: 55

Football5Star.com, Indonesia - Julian Nagelsmann ke Bayern Munich memang bukan sebuah kejutan. Sudah lama pelatih muda itu diramal akan menangani Die Roten. Jikapun ada kejutan, itu adalah waktunya. Tak ada yang memperkirakan dia menjadi pelatih Bayern pada musim 2021-22 dalam umur 34 tahun.

Nagelsmann memang pelatih muda potensial. Saat menangani TSG 1899 Hoffenheim dan RB Leipzig, dia mampu menunjukkan tangan dinginnya. Namun, untuk menangani Bayern, tak sedikit orang yang menilai belum pantas. Dia dinilai masih terlalu mentah, terlalu hijau. Apalagi, dia belum mampu meraih satu pun trofi.

Kini, setelah memastikan jadi pengganti Hansi Flick saat musim berakhir, Nagelsmann tak dapat mengesampingkan segala pertanyaan dan keraguan. Bagaimanapun, dia akan menghadapi tantangan berat di Bayern. Jadi pelatih Die Roten sangat berbeda dengan menangani klub-klub lain di Jerman.

Getty Images

Satu hal yang pasti, di Bayern, dia akan dituntut membawa timnya juara di semua ajang. Tantangan makin berat karena Bayern begitu digdaya bersama Hansi Flick. Mereka mampu menyapu bersih gelar pada musim 2029-20. Sekadar catatan, Pep Guardiola saja gagal mengulangi treble winners yang diraih Jupp Heynckes.

Ujian berat akan dihadapi Nagelsmann di Liga Champions. Bukan apa-apa, dia terkesan selalu kehilangan akal saat menghadapi tim-tim besar Eropa. Musim lalu, setelah tampil luar biasa, RB Leipzig jadi bulan-bulanan Paris Saint-Germain. Lalu, musim ini, Die Roten Bullen dua kali kalah dari Liverpool yang sebetulnya tengah menukik.

Nagelsmann Tanpa Transfer Wah

Mengulangi prestasi Flick bukan hal mudah. Apalagi, Julian Nagelsmann kemungkinan besar tak didukung dana transfer besar untuk perekrutan pemain baru. Salah satu sebabnya, kedatangannya ke Saebener Strasse telah membuat Bayern harus mengeluarkan uang sekitar 25 juta euro.

Padahal, Bayern musim depan sudah pasti ditinggal David Alaba, Jerome Boateng, dan Javi Martinez. Belum lagi Douglas Costa yang dikembalikan ke Juventus. Logikanya, mereka digantikan oleh pemain-pemain berkelas. Namun, hal itu tak akan dengan mudah disetujui Direktur Olahraga Hasan Salihamidzic.

bavarianfootballworks.com

Inilah hal yang dihadapi Flick pada musim 2020-21. Tersisih dari DFB Pokal dan Liga Champions, dia terang-terangan mengakui skuat Bayern tak sebagus musim sebelumnya. Itu karena kepergian Ivan Perisic, Thiago Alcantara, dan Philippe Coutinho hanya dikompensasi pemain-pemain kelas dua.

Sulitnya, Nagelsmann tak akan punya ruang leluasa untuk meminta pemain-pemain tertentu. Salihamidzic sudah bersabda, perencanaan skuat adalah mutlak hak manajemen, bukan pelatih. Prinsip ini nyata-nyata jadi pemicu ketidakbetahan Flick yang berujung permintaan mengakhiri kontrak lebih awal.

Alhasil, menjalin hubungan baik dengan Salihamidzic akan jadi pekerjaan rumah juga bagi Nagelsmann. Sudah begitu, sang direktur olahraga kemungkinan makin menjadi setelah Karl-Heinz Rummenigge lengser dari posisi CEO pada akhir tahun nanti.

Waspadai Player Power

Bukan itu saja tantangan yang dihadapi Julian Nagelsmann sebagai pelatih baru Bayern Munich. Dari Flick, setidaknya ada dua hal yang jadi tantangan yang tak kalah besar. Pertama, mengendalikan ruang ganti pemain.

Sudah bukan rahasia, kunci sukses Flick di Bayern adalah kemampuan mengendalikan semua pemain. Dia mampu membuat Manuel Neuer cs. nyaman. Belakangan ini, hal tersebut jadi faktor yang sangat penting di Bayern. Patut diingat, Carlo Ancelotti dan Niko Kovac tercelat karena ada unsur player power.

dfb.de

Potensi gesekan dengan pemain sangat terbuka. Pasalnya, Nagelsmann masuk pada saat Bayern mendekati masa transisi. Manuel Neuer, Thomas Mueller, dan Robert Lewandowski tak lagi muda. Secara bertahap, Nagelsmann harus mempersiapkan pengganti mereka.

Masalahnya, mampukah dia membujuk mereka untuk mundur perlahan? Musim ini, Neuer nyata-nyata tak mau memberikan kesempatan bermain kepada Alexander Nuebel. Nagelsmann tak bisa gegabah. Salah langkah, bisa jadi malah dirinya yang terjengkang.

Akomodasi Pemain Muda

Kemampuan membujuk para pilar tua juga berkaitan dengan hal kedua yang diwariskan Flick. Itu adalah pengorbitan pemain-pemain muda. Dalam kurang dari dua musim di Bayern, Flick mampu mengorbitkan Alphonso Davies dan Jamal Musiala.

Nagelsmann punya kewajiban melanjutkan hal tersebut. Memang benar, kualitas pemain yang bersangkutan sangat menentukan. Namun, kemampuan pelatih dalam memberikan kesempatan dan kepercayaan diri juga tak kalah penting.

Getty Images

Nagelsmann perlu menengok ke belakang. Guardiola mampu meraih banyak trofi bersama Bayern. Namun, soal mengorbitkan pemain muda, dia gagal total. Bahkan, dia gagal mendorong pemain yang sangat dipujinya, Pierre-Emile Hojbjerg.

Untungnya, untuk hal yang satu ini, Nagelsmann punya modal apik. Semasa di Hoffenheim dan Leipzig, dia terbiasa menangani pemain-pemain muda. Soal meroketkan talenta apik, Dani Olmo jadi bukti terbaru tangan dingin pelatih asli Bavaria ini.

Semua tantangan itu tentunya membuat keberadaan Julian Nagelsmann di Bayern Munich kian menarik untuk diikuti. Akankah dia mampu menjawab semuanya dengan baik dan bertahan 5 musim seperti kontrak yang telah ditandatanganinya?


The post Mengurai Tantangan yang Menanti Julian Nagelsmann di Bayern Munich appeared first on Berita Bola Terupdate, Live Score, Jadwal & Klasemen - Football5star.com.

Sumber: Football5star

Mengurai Tantangan yang Menanti Julian Nagelsmann di Bayern Munich

Mengurai Tantangan yang Menanti Julian Nagelsmann di Bayern Munich

Mengurai Tantangan yang Menanti Julian Nagelsmann di Bayern Munich

Mengurai Tantangan yang Menanti Julian Nagelsmann di Bayern Munich

Mengurai Tantangan yang Menanti Julian Nagelsmann di Bayern Munich

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya