0
Thumbs Up
Thumbs Down

Menghitung Peluang Timnas Indonesia Lolos Kualifiasi Piala Dunia 2022

Antvklik
Antvklik - Thu, 12 Sep 2019 06:35
Dilihat: 36
Timnas Senior Indonesia, sudah menelan dua kekalahan home secara beruntun, dalam misi mengarungi Babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, Zona Asia, Grup-G. Timnas Merah Putih, kalah 2-3 dari Malaysia, kemudian kalah lagi 0-3 dari Thailand. Bagaimana peluang realistis, Indonesia untuk bisa lolos dari fase grup?

Saat ini, Indonesia menempati paling bawah klasemen dengan nol poin dari dua laga. Dengan sistem home dan away, otomatis masing-masing tim di Grup G yang diisi Malaysia, Thailand, Vietnam dan Uni Emirat Arab akan mendapat jatah delapan kali pertandingan dengan poin maksimal 24.

Akan ada 12 tim yang lolos dari dari delapan grup yang ada. Yaitu delapan juara grup dan empat runner up terbaik.

Melihat kekuatan pesaing dan kekuatan yang tergambar di Grup G, Indonesia sebenarnya punya peluang realistis bisa menjadi runner up terbaik di bawah Uni Emirat Arab. Hitungan awalnya, Timnas diprediksi bisa menyapu bersih poin penuh, di laga kandang.

Namun, fakta di lapangan berkata lain. Gagal memanfaatkan laga kandang, malah tidak mendapat poin sama sekali, di dua laga awal yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno Senayan lalu.

Timnas Indonesia, kini tinggal memiliki enam laga sisa, dua laga kandang dan empat laga tandang.Poin tertinggi Indonesia jika mampu meraih semua kemenangan di laga sisa adalah 18 poin. Bukan tidak mungkin, tapi dipastikan sulit karena harus sapu bersih alias menang terus, termasuk laga di kandang UEA, Thailand, Malaysia dan Vietnam.

Masih ada enam pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Grup-G. Masih ada waktu berbenah untuk berebut tiket empat runner up terbaik.[/caption]

Apalagi, Indonesia saat ini dalam performa kurang meyakinkan di bawah asuhan Pelatih Simon McMenemy. Dan jika pun berhasil meraih 18 poin, tugas kedua mereka adalah berharap tim-tim di grup lainnya terpeleset.

Peluang Lebih Realistis ke Piala Asia 2023

Saat ini, target paling realistis bagi skuad Garuda adalah memburu tiket Piala Asia 2023 yang digelar di China. Sekadar informasi, Kualifikasi Piala Dunia kali ini juga digunakan untuk Kualifikasi Piala Asia 2023. Lantas, bagaimana caranya agar Indonesia dapat membuka jalan ke Piala Asia 2023?

Piala Asia 2023 akan diikuti 24 negara. Nantinya, 12 negara yang tampil di Piala Asia 2023 adalah tim yang finis di posisi teratas dan empat runner-up terbaik di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Kemudian, 12 tim lainnya akan didapat dari babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Lantas, siapa saja tim yang tampil di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023?

Nantinya, akan ada 24 tim yang ambil bagian di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Sebanyak 24 tim itu diambil dari empat runner-up grup yang gagal lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022, delapan tim yang finis di posisi tiga, dan empat tim dengan peringkat empat terbaik.

Jika ditotal, sudah ada 16 tim yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Kemudian, delapan tim lagi berasal dari 12 negara yang menduduki peringkat empat (bukan peringkat empat terbaik) dan posisi lima di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Jalan menuju Piala Dunia 2022 masih panjang dan berliku. Ada 18-22 pertandingan harus dilalui jika lolos dan mulus terus.[/caption]

Setelah ditemukan 24 tim yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, AFC akan membagi tim-tim tersebut ke dalam enam grup yang masing-masing grupnya berisikan empat negara. Nantinya, posisi satu dan dua di enam grup (12 negara) tersebut akan lolos ke putaran final.

Dengan begitu, bakal ditemukan 24 negara yang akan lolos ke Piala Asia 2023. Karena itu, jika ingin lolos ke Piala Asia 2023, Timnas Indonesia wajib melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Cara paling praktis adalah finis di posisi tiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Jalan Terjal Menuju Piala Dunia 2022

Saat ini Indonesia berada di fase kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022, yang diikuti oleh 40 negara yang terbagi dalam delapan grup. Nantinya akan ada 12 negara yang lolos ke fase selanjutnya, delapan juara grup ditambah empat runner up terbaik.

Seandainya Timnas Indonesia bisa lolos dari Grup-G yang dihuni Uni Emirat Arab, Thailand, Vietnam, dan Malaysia, selanjutnya akan menjalani fase kualifikasi ketiga yang bakal diikuti 12 negara dan akan dibagi menjadi dua grup, masing-masing enam negara.

Juara dan runner up grup, berarti 4 tim akan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Tim peringkat tiga masing-masing grup, akan bertarung berebut "Tiket Play Off Antar Zona". Pemenang duel "Play Off" ini akan kembali bertanding dengan wakil "Play Off" dari Zona Oceania, Concacaf, atau Conmebol yang belum ditentukan hingga kini. Jika menang barulah akan berhak lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Jika mengukuti alur seleksi tahapan itu, Timnas Indonesia harus menjalani 18 hingga 22 pertandingan sebelum kaki benar benar menjejak lolos ke Piala Dunia 2022. Di Piala Dunia 2018 lalu Thailand, adalah satu satunya negara ASEAN yang lolos ke fase akhir ini. Namun Thailand kalah bersaing dengan "Raksasa Asia" lain seperti Jepang, Iran, Korea Selatan, Australia, hingga Saudi Arabia.

Bagaimanha peluang Timnas Indonesia..? Apa yang mesti dibenahi menjalani fase kualifikasi tahap dua, yang akan berlangsung hingga 4 Juni 2020.? Jalan masih panjang, terjal dan berliku. Berjuang dan berdo'a wajib, pesimis jangan.

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikias Piala Dunia 2022 :

10 Oktober Away : Uni Emirat Arab vs Timnas Indonesia

15 Oktober Home : Timnas Indonesia vs Vietnam

19 November Away : Malaysia vs Timnas Indonesia

26 Maret Away : Thailand vs Timnas Indonesia

31 Maret Home : Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab

4 Juni Away : Vietnam vs Timnas Indonesia

Sumber: Antvklik

Menghitung Peluang Timnas Indonesia Lolos Kualifiasi Piala Dunia 2022

Menghitung Peluang Timnas Indonesia Lolos Kualifiasi Piala Dunia 2022

Menghitung Peluang Timnas Indonesia Lolos Kualifiasi Piala Dunia 2022

Menghitung Peluang Timnas Indonesia Lolos Kualifiasi Piala Dunia 2022

Menghitung Peluang Timnas Indonesia Lolos Kualifiasi Piala Dunia 2022

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya