0
Thumbs Up
Thumbs Down

Mengenal Struktur Teks Ulasan Produk, Ciri-Ciri dan Contoh Kalimat Lengkap!

rumah123
rumah123 - Mon, 23 May 2022 08:00
Dilihat: 41
Mengenal Struktur Teks Ulasan Produk, Ciri-Ciri dan Contoh Kalimat Lengkap!

Struktur teks ulasan biasa dibuat oleh pengulas dari pengamatan, pemeriksaan, analisis dari suatu karya hingga produk yang ada di pasaran. Kamu bisa ikuti ciri, jenis kalimatnya secara lengkap di sini!

Teks ulasan menjadi salah satu bagian dari sastra yang banyak ditemukan dalam media massa, buku, film, serial hingga komentar blog.

Jenis kalimat struktur teks ulasan juga mudah ditemukan dan dibaca oleh semua orang dengan pemahaman yang jelas.

Teks ulasan secara garis besar memberikan pandangan yang berhubungan dengan objek yang jelas berdasarkan paparan objek atau karya.

Seiring berjalannya waktu, struktur teks ulasan bukan hanya berkaitan dengan karya sastra saja melainkan juga teknik pemasaran.

Pasalnya, teks ulasan menurut blog atau para ahli juga kerap menjadi salah satu pertimbangan seseorang untuk membeli suatu produk atau tidak.

Apa saja yang perlu kamu ketahui mengenai struktur teks ulasan? Simak pembahasannya bersama-sama!

Pengertian Struktur Teks Ulasan

Teks ulasan merupakan teks yang dibuat berdasarkan pengamatan, pemeriksaan, pertimbangan, hasil penilaian.

Penulis juga dapat membuat informasi secara rinci suatu karya atau peristiwa dengan sangat lengkap.

Teks ulasan juga mengandung penilaian, resensi (review) tentang suatu karangan (puisi, film, cerpen, buku) untuk dijadikan pedoman pembaca.

Jenis teks ini bisa menjadi pembelajaran dalam Bahasa Indonesia karena memberikan informasi dan mempengaruhi pembaca untuk mendiskusikan lebih jauh mengenai sebuah karya.

Pembaca juga bisa mempertimbangkan apakah layak untuk dinikmati pembaca atau penonton film, apakah juga ulasan tersebut layak jadi pengambilan keputusan.

Kaidah dalam Struktur Teks Ulasan1. Istilah

Istilah merupakan kata atau gabungan yang cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, sifat khas bidang tertentu.

Hal ini digunakan untuk orang dalam bidang tertentu dan pemakaiannya hanya dipahami oleh orang berkecimpung dalam bidang tersebut.

Contoh :

1. Istilah umum : Film, ikan, bunga.

2. Istilah khusus : komedi, gurame, mawar.

2. Sinonim dan Antonim pada Struktur Teks Ulasan

1. Sinonim adalah kata yang memiliki bentuk berbeda, tapi memiliki arti pengertian yang sama atau mirip. Contoh : "Obrolan orang itu dianalogikan layaknya Romeo dan Juliet."

2. Antonim adalah kata yang artinya berlawanan satu dengan yang lain. Contoh : "besar atau kecil bukanlah jaminan barang itu berharga atau tidak."

3. Nomina

Kata benda adalah kelas kata yang menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda atau segala yang dibedakan.

Kata benda dibagi menjadi dua jenis, yaitu konkret seperti meja, buku, bola maupun abstrak yakni pikiran dan angin.

4. Verba/Kata Kerja

1. Verba Aktif adalah verba yang subjeknya berperan sebagai perilaku atau menunjukkan tindakan atau perbuatan.

Contoh : Putra memelihara ikan gurame.

2. Verba Pasif adalah verba yang subjeknya berperan sebagai penderita, sasaran tindakan, atau hasil.

Contoh : Film horor kini banyak disiarkan di televisi Indonesia.

5. Promina

Promina atau kata ganti pada struktur teks ulasan adalah jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina. Contoh :

1. Kata ganti orang : saudara, Bapak, Ibu, nyonya, tuan, ia, dia.

2. Kata ganti pemilik : ku-, mu-, -nya.

3. Kata ganti petunjuk : ini, itu.

4. Kata ganti penghubung : yang.

5. Kata ganti penghubung : siapa, barang siapa, sesuatu, masing-masing.

6. Konjungsi

1. Konjungsi Koordinatif. Contoh : dan, atau, tetapi

2. Konjungsi Subordinatif. Contoh : jika, agar, meskipun, alih-alih, sebab, maka, sesuah, sebelum, sementara.

3. Konjungsi Korelatif. Contoh : baik, maupun, bukan, melainkan, tidak hanya, tetapi

4. Konjungsi Antar Kalimat. Contoh : sebaliknya, di samping itu, selanjutnya

7. Preposisi

Tugas preposisi dalam struktur teks ulasan berfungsi sebagai unsur pembentuk frasa preposisional

Contoh : di, ke, dari, pada, daripada, dengan, secara, tanpa, bagi.

8. Artikel

Membatasi tugas dan makna jumlah nomina

Contoh : Si, Sang.

9. Kalimat Simpleks dan Kompleks

Kalimat Simpleks adalah kalimat yang memiliki suatu verba utama.

Contoh : "Mobil SUV kian digemari oleh kaum hawa karena kemampuannya."

Kalimat kompleks adalah kalimat yang memiliki dua verba utama atau lebih.

Contoh : "Mobil SUV adalah kendaraan besar serbaguna untuk memenuhi kebutuhan perjalanan ke segala medan dengan rasa percaya diri yang tinggi."

10. Menggunakan Ungkapan Perbandingan

Contoh : daripada, sebagaimana, demikian halnya, berbeda dengan, seperti halnya, serupa dengan, dan sebagainya.

11. Kata Kerja Material dan Relasional

Penggunaan kata kerja material yaitu kata kerja yang menyatakan kegiatan fisik/proses. Misalnya : makan, minum, membawa, berbicara, melamun, bertepuk tangan, mendengarkan, dan lainnya.

Kata kerja relasional adalah kata kerja yang berfungsi untuk membentuk predikat nominal (kata kopulatif) dan dapat memperjelas predikat (kata kerja bantu) seperti : harus, perlu, wajib, jadi, mungkin, boleh, hendak, ada dan sebagainya.

Jenis Struktur Teks Ulasan

1. Informatif : Mengandung gambaran singkat, padat , dan umum suatu karya. Memaparkan bagian penting pada kelebihan dan kekurangan saja.

2. Kritis : Mengacu pada pendekatan ilmu pengetahuan tertentu. Isi ulasan objektif dan kritis, tidak hanya opini dari pembuat resensi.

Jenis teks ini umumnya mengandalkan teori dan sudut pandang dari berbagai disiplin ilmu.

3. Deskriptif : memberikan gambaran sebagian atau suatu karya atas informasi maupun argumentasi pada karya fiksi.

Langkah Menulis Struktur Teks Ulasan

1. Topik : Tentukan topik yang digunakan untuk teks ulasan, sesuai dengan keinginan atau pengamatan terlebih dahulu. Cari hal yang menarik juga dalam suatu karya.

2. Paragraf Pendahuluan : Buat paragraf pendahuluan untuk diulas. Kamu bisa membuat pokok persoalan untuk menentukan kalimat selanjutnya. Cari hal yang menarik dan penting pada suatu karya.

3. Rangkaian Paragraf : Paragraf bisa berisi kelebihan dan kekurangan penulis dalam suatu karya. Karena pengulas bisa membaca referensi untuk memperkuat argumen.

Kamu bisa menuliskan opini berdasarkan pendapat pribadi dalam membentuk ulasan. Kamu juga bisa berdiskusi untuk menentukan kelebihan dan kekurangan karya.

4. Kesimpulan : Bagian akhir adalah kesimpulan yang berfungsi menegarkan kalimat sebelumnya, dan juga saran untuk pembaca mengenai karya tersebut.

Contoh Struktur Teks UlasanStruktur Teks Ulasan Kritis Produk iPhone 13 Terbaru

Generasi iPhone selalu ditunggu oleh masyarakat dunia, tak terkecuali pada iPhone 13 yang baru saja hadir di tahun ini.

Masih mengusung konsep yang sama seperti iPhone 12, iPhone 13 memiliki berbagai inovasi yang lebih presisi baik pada sisi perangkat keras maupun perangkat lunak.

Satu yang tak kasat mata pada iPhone 13 terbaru ada pada pemindahan posisi kamera diagonal, yang diklaim akan menghasilkan fokus foto dan gambar yang jauh lebih baik lagi.

iPhone terbaru ini juga sudah mengusung video cinematic, sehingga untuk kreator mobile pastinya akan sangat dimanjakan dengan kualitas gambar perekaman pada produk Apple ini.

Tak hanya inovasi dan teknologi, iPhone 13 terbaru juga hadir dalam beberapa warna terbaru mulai dari putih gading, hijau tua, biru muda dengan tekstur warna yang lebih simpel tapi tetap berkarakter.

Meski demikian, ada beberapa kelemahan yang belum diwujudkan oleh Apple terlebih format layarnya yang masih 60 Mhz dengan sensor yang sama seperti iPhone 12 sebelumnya.

Dengan penambahan inovasi yang tidak sebanyak pada iPhone 12, maka rasanya berpindah ke iPhone 13 untuk pemakaian sehari-hari saja tidak terasa signifikan.

Hanya saja, jika kamu adalah pengguna iPhone untuk kebutuhan konten maka ini akan jadi pilihan yang sangat tepat sekali.

Contoh Struktur Teks Ulasan Informatif Ulasan Hyundai IONIQ 5

Pabrikan Hyundai bisa dikatakan sangat masif dalam dua tahun ke belakang, khususnya dalam mengembangkan mobil listrik.

Setelah menjual mobil listrik, kini Hyundai memberanikan diri untuk memproduksi mobil listrik dalam keadaan terurai bersama Hyundai IONIQ 5.

Kendaraan dengan predikat "Mobil Terbaik 2022" ini memiliki desain yang datang dari masa depan dengan memadukan konsep klasik modern.

Bukan hanya dari sisi desain, segala aspek inovatif juga dikombinasikan dengan unsur ekologi yang baik bahkan seluruh faktor produksi yang digunakan dibuat dari bahan ramah lingkungan.

Tak ayal, jika fakta tersebut membuktikan bahwa mobil listrik Hyundai IONIQ 5 layak dijadikan sebagai kendaraan terbaik saat ini.

Meski menggunakan sumber daya listrik, Hyundai IONIQ 5 juga diklaim mampu mengalirkan daya listrik, terlebih jika rumah mengalami listrik padam sehingga akan sangat membantu aktivitas keluarga sehari-hari.

Hyundai IONIQ 5 dijual dengan rentang harga Rp720 juta sampai Rp820 juta, harga tersebut juga masih sangat kompetitif mengingat inovasi yang sudah diusungnya.

Dengan harga yang cukup kompetitif untuk sebuah mobil listrik, biaya operasional dari mobil ini juga sangat menguntungkan untuk kebutuhan sehari-hari khususnya dari perhitungan daya listrik hingga biaya pajak sangat rendah.

Biaya listrik yang murah juga ditunjang oleh subsidi dari PLN bagi pengguna mobil listrik sebanyak 30 persen untuk pengisian dari jam 11 malam hingga 5 pagi.

Disimpulkan jika Hyundai IONIQ 5 adalah pilihan mobil listrik terbaik saat ini dengan harga kompetitif, jangan lupakan juga bahwa ada banyak keringanan dari Pemerintah yang sangat menguntungkan pengguna mobil listrik.

Itulah beberapa contoh struktur teks ulasan yang bisa kamu aplikasikan sebagai salah satu hasil karya sastra.

Temukan berbagai inspirasi menarik seputar gaya hidup dan keluarga modern, selengkapnya di artikel.rumah123.com.

Kamu bisa wujudkan hunian idaman seperti LRT City Cibubur, hanya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!

]]>
Sumber: rumah123

Mengenal Struktur Teks Ulasan Produk, Ciri-Ciri dan Contoh Kalimat Lengkap!

Mengenal Struktur Teks Ulasan Produk, Ciri-Ciri dan Contoh Kalimat Lengkap!

Mengenal Struktur Teks Ulasan Produk, Ciri-Ciri dan Contoh Kalimat Lengkap!

Mengenal Struktur Teks Ulasan Produk, Ciri-Ciri dan Contoh Kalimat Lengkap!

Mengenal Struktur Teks Ulasan Produk, Ciri-Ciri dan Contoh Kalimat Lengkap!

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya