0
Thumbs Up
Thumbs Down

Mengenal Pallas, Benda Langit Paling Kasar di Tata Surya

Republika Online
Republika Online - Mon, 17 Feb 2020 10:39
Dilihat: 47
Mengenal Pallas, Benda Langit Paling Kasar di Tata Surya

NEW YORK -- Asteroid yang bernama Pallas dikenal sebagai benda langit paling kasar di dunia. Foto-foto baru mengungkapkan bahwa Pallas merupakan obyek langit yang paling banyak tertutupi oleh kawah atau memiliki banyak lekukan besar.

Pallas memiliki diameter 512 kilometer. Pallas adalah asteroid terbesar ketiga di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter. Ukurannya mencapai sekitar 7 persen dari massa wilayah itu.

Ketika Pallas ditemukan pada 1802, Pallas adalah asteroid kedua yang pernah ditemukan. Penemunya, seorang astronom Jerman Heinrich Wilhelm Matthus Olbers, awalnya mengklasifikasikan Pallas sebagai sebuah planet.

Dilansir di Live Science, Senin (17/2) disebutkan, Pallas telah lama dikenal mengikuti jalur aneh melalui ruang Angkasa. Pallas jatuh ke dalam dan keluar dari sabuk utama karena mengikuti jalur di sekitar matahari yang sangat miring dibandingkan dengan orbit planet-planet.

Pallas melemparkan dirinya sendiri ke utara dan ke selatan di atas dan di bawah bidang orbit Bumi mengelilingi matahari, dan kumpulan benda-benda kecil mengikuti jejak asteroid. Kini, foto yang baru dirilis menunjukkan konsekuensi dari perjalanan orbit istimewa itu.

"Dari foto-foto ini, kita sekarang dapat mengatakan bahwa Pallas adalah objek paling banyak memiliki kawah yang kita ketahui di sabuk asteroid. Ini seperti menemukan dunia baru," kata astronom MIT, Michal Marsset, penulis utama makalah yang menjelaskan foto tersebut.

Asteroid di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter bergerak sangat cepat. Asteroid-asteroid ini juga cenderung memiliki orbit yang sangat mirip. Ketika batuan ruang angkasa ini saling menabrak, tumbukan bisa menjadi bencana besar, menghasilkan kawah.

Gambarannya, seperti Anda sedang mengendarai truk dengan kecepatan 129 km/jam menyusuri jalan raya dan mobil di sebelah Anda bergerak dengan kecepatan 132 km / jam, berbelok sedikit dan menyenggol bempernya ke mobil Anda. Ini akan menyebabkan beberapa kerusakan, tetapi selama kedua pengemudi tetap mengendalikan kendaraan mereka, semua orang mungkin akan baik-baik saja.

Seperti halnya kendaraan yang mengalami penyok, benda-benda di sabuk asteroid sering memiliki banyak kawah akibat tabrakan. Beberapa dari tanda itu cukup besar. Tapi Pallas memiliki jumlah kawah besar yang tidak masuk akal.

Ketika Pallas lewat, seolah-olah kereta api barang melaju secara diagonal melintasi jalan raya itu dengan kecepatan tinggi. Lalu membuat ada ledakan-ledakan kecil karena bertapbarakan. Pallas kemudian melanjutlan lintasannya dan tidak mengalami kerusakan berkat momentumnya yang sangat besar.

Pallas mengalami dua atau tiga kali lebih banyak tabrakan dibandingkan Ceres atau Vesta. Ceres dan Vesta merupaka dua objek terbesar di sabuk asteroid.

"Dan orbitnya yang miring adalah penjelasan langsung untuk permukaan yang sangat aneh yang tidak kita lihat di salah satu dari dua asteroid lainnya," ucap Marsset.

Gambar-gambar yang diambil menggunakan instrumen SPHERE di Very Large Telescope European European Observatory di Chile, menunjukkan bahwa Pallas memiliki setidaknya 36 kawah yang lebih besar. Kawah ini termasuk yang berukuran selebar 400 km. Kawah ini kemungkinan merupakan hasil dari tabrakan dengan objek berdiameter 40 km.


Pallas juga memiliki titik terang di belahan bumi selatan. Para ilmuwan menduga titik terang ini sebagai deposit garam besar. Makalah ini diterbitkan 10 Februari di jurnal Nature Astronomy.

Berita Terkait
  • Bor Dasar Laut, Ilmuwan Selidiki Akhir Keberadaan Dinosaurus
  • Asteroid Seukuran Mesin Cuci Nyaris Menabrak Bumi
  • Peneliti Temukan Asteroid Pertama Mengorbit ke Venus
Berita Lainnya
  • Thailand Temukan Enam Kasus Baru Virus Corona
  • Arena Bermain di IBF 2020 Bisa Tampung 400 Anak

Mengenal Pallas, Benda Langit Paling Kasar di Tata Surya

Mengenal Pallas, Benda Langit Paling Kasar di Tata Surya

Mengenal Pallas, Benda Langit Paling Kasar di Tata Surya

Mengenal Pallas, Benda Langit Paling Kasar di Tata Surya

Mengenal Pallas, Benda Langit Paling Kasar di Tata Surya

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya