0
Thumbs Up
Thumbs Down

Menelisik Harga Toyota Rush, Bekasnya Masih Susah Turun

carmudi
carmudi - Thu, 12 Sep 2019 13:07
Dilihat: 56
Harga Toyota Rush di pasaran mobil bekas sangat stabil

Harga Toyota Rush Baru dan Bekas- Toyota Rush menjadi SUV dengan kapabilitas MPV, bisa mengangkut banyak penumpang dan barang sekaligus. Mobil keluaran Toyota Indonesia ini dipersiapkan sebagai model peralihan bagi masyarakat yang ingin hijrah dari MPV atau citycar menggunakan SUV. Karena begitu diminati, Harga Toyota Rush bekas tetap stabil.

Toyota Rush sebenarnya adalah kelanjutan generasi Daihatsu Taruna, mengapa demikian? Karena Rush dibangun dan dikembangkan bersama dengan Daihatsu Terios yang merupakan suksesor Taruna. Nama besar Toyota membuat Rush semakin meroket dan digandrungi karena jaminan layanan purna jualnya.

Ciri khas konde pada Toyota Rush hilang

Toyota Rush hadir pertama kali pada 2006 lalu dengan desain khas SUV, yaitu punya ban serep tergantung di pintu belakang. Eksistensi 'konde' pada Rush ini bertahan sekitar satu dekade hingga lahirnya Rush generasi kedua dengan ban serep di kolong.

Engineer Toyota sebagai kepala pengembangan Rush-Terios terpaksa melucuti konde tersebut. Alasan mereka, SUV modern butuh kabin yang lebih lega dan panjang. Alhasil, ciri khas mobil jip pun hilang dan kini Rush menjadi SUV perkotaan.

Desain Berubah, Mesin SamaHarga Toyota All New Rush Tidak Naik (Foto: Toyota)

Pada generasi kedua, Eiji Fujibayashi selaku Chief Engineer Toyota Rush memindahkan ban serep di kolong agar dimensi kabin lebih besar. Insinyur asal Jepang ini mengubah gaya desain Rush supaya lebih mirip Fortuner dengan lampu depan yang menyipit. Hilangnya konde ini membuat penampilan Rush mirip seperti Calya versi besar.

Untuk mengakomodir di medan off road, maka bagian kaki-kaki Rush ini dibuat supaya memiliki ground clearance tinggi. Adanya side skirt plastik hitam doff membuat penampilan Rush lebih terkesan tangguh. Kap mesin dengan lekuk di bagian tengah membuat penampilannya lebih berotot.

Sekalipun banyak komentar miring soal penampilan baru Rush, hal itu tidak membuatnya dibenci. Bahkan, SUV ini menjadi salah satu model terlaris Toyota karena harganya yang terjangkau dan kemampuannya yang serba bisa. Bisa muat barang, bisa angkut penumpang, bisa dipakai melewati medan off road ringan atau jalan tanah khas pedesaan.

Spesifikasi mesin Toyota Rush 2018. Foto: /carmudi.

Toyota Rush hadir dengan teknologi mesin 1.5 liter inline-4 DOHC VVT-I, yang serupa dengan Toyota Avanza. Toyota membekali Rush mesin berkode 2NR-VE dual VVT-I yang berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder. Dapur pacu Rush menghasilkan daya 104 hp dengan torsi maksimal mencapai 136 Nm.

Banyak yang menyebut, mesin baru milik Rush benar-benar menghasilkan getaran yang minim dan suara yang tidak bising. Namun, karena dimensi bodinya yang lebih besar dari Avanza maka karakter mesinnya ikut lemot.

Harga Toyota Rush BaruToyota All new Rush yang laris manis dalam penjualan. Foto/Carmudi.

Seiring perubahan desain dan inflasi, PT Toyota Astra Motor (TAM) menaikkan harga jual Rush sedikit demi sedikit. Rentang harga Rush untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya antara Rp244,250 juta sampai Rp265,65 juta.

Toyota Rush memiliki banyak keunggulan sebagai mobil keluarga karena didukung konfigurasi tiga baris kursi. Kapasitasnya bisa memuat sekitar tujuh orang termasuk pengemudi. Demi menambah kenyamanan berkendara, tersedia fitur hiburan dengan konektivitas melalui bluetooth dan lain-lain.

Bagi Carmudian yang ingin membeli Toyota Rush baru, bisa dilakukan secara tunai (cash) maupun kredit. Adapun promo penjualan beserta skema kredit bisa berkonsultasi langsung kepada sales di diler Toyota terdekat. Di sini, Carmudi hanya memberikan gambaran skema kredit Toyota Rush berdasarkan informasi dari diler Auto2000.

Skema Kredit Toyota RushToyota All new Rush yang diuji dalam media test drive Malang Surabaya. Foto/Carmudi.

Berikut ini simulasi kredit Toyota Rush dari masing-masing tipe

Toyota Rush G M/T Rp244,250 juta

  • Tenor 12 bulan uang muka Rp90,4 jutaan, cicilan Rp15,5 jutaan.
  • Tenor 24 bulan uang muka Rp83,3 jutaan, cicilan Rp8,4 jutaan.
  • Tenor 36 bulan uang muka Rp81 jutaan, cicilan Rp6,1 jutaan.
  • Tenor 48 bulan uang muka Rp80,1 jutaan, cicilan Rp5,2 jutaan.
  • Tenor 60 bulan uang muka Rp79,4 jutaan, cicilan Rp4,5 jutaan.

Toyota Rush G A/T Rp254,250 juta

  • Tenor 12 bulan uang muka Rp94 jutaan, cicilan Rp16,1 jutaan.
  • Tenor 24 bulan uang muka Rp86,6 jutaan, cicilan Rp8,7 jutaan.
  • Tenor 36 bulan uang muka Rp84,2 jutaan, cicilan Rp6,3 jutaan.
  • Tenor 48 bulan uang muka Rp83,3 jutaan, cicilan Rp5,3 jutaan.
  • Tenor 60 bulan uang muka Rp82,6 jutaan, cicilan Rp4,7 jutaan.

Toyota TRD Sportivo M/T Rp 255,650 juta

  • Tenor 12 bulan uang muka Rp 94,6 jutaan, cicilan Rp 16,2 jutaan.
  • Tenor 24 bulan uang muka Rp 87,1 jutaan, cicilan Rp 8,8 jutaan.
  • Tenor 36 bulan uang muka Rp 84,7 jutaan, cicilan Rp 6,4 jutaan.
  • Tenor 48 bulan uang muka Rp 83,7 jutaan, cicilan Rp 5,4 jutaan.
  • Tenor 60 bulan uang muka Rp 83 jutaan, cicilan Rp 4,7 jutaan.

Toyota TRD Sportivo A/T Rp265,65 juta

  • Tenor 12 bulan uang muka Rp98,2 jutaan, cicilan Rp16,8 jutaan.
  • Tenor 24 bulan uang muka Rp90,4 jutaan, cicilan Rp9,1 jutaan.
  • Tenor 36 bulan uang muka Rp87,9 jutaan, cicilan Rp6,6 jutaan.
  • Tenor 48 bulan uang muka Rp86,9 jutaan, cicilan Rp5,6 jutaan.
  • Tenor 60 bulan uang muka Rp86,2 jutaan, cicilan Rp4,9 jutaan.
Depresiasi pada Harga Toyota Rush BekasHarga Toyota All new Rush bocor. Foto/Carmudi.

Setelah membahas tentang harga baru Toyota Rush berikut skema cicilan dari tiap-tiap tipe, kini kita beralih ke depresiasinya di pasar mobil bekas. Untuk mengetahui seberapa jauh penurunan harga Toyota Rush, kita bisa ketahui setelah setahun pemakaian.

Berdasarkan penelusuran dari listing Carmudi, harga bekas Toyota Rush keluaran 2018 berkisar antara Rp200 jutaan (tipe G M/T) hingga Rp260 juta. Harga tersebut berlaku nasional sehingga perhitungan depresiasi hanya dilakukan untuk unit yang dijual di wilayah DKI Jakarta. Untuk wilayah Jakarta, Rush bekas termurah yaitu tipe G M/T seharga Rp200 jutaan dan termahal yaitu TRD Sportivo AT Rp255 jutaan.

Yuk, kita hitung seberapa besar penurunan harga bila dibandingkan dengan harga Rush terbaru di tahun 2019. Tipe G M/T wilayah Jakarta dijual Rp244,25 juta, sehingga mengalami depresiasi sebesar Rp44,25 juta atau sekitar 18,2 persen.

Sementara pada varian tertinggi yaitu TRD Sportivo A/T dijual Rp255 juta atau turun sekitar Rp10,65 juta. Bila dihitung nilai depresiasi pada varian tertinggi, hanya sebesar 4% saja dari harga baru. Jelas ini penurunan yang sangat rendah dan bisa menjual unit bekas nyaris seharga mobil baru.

Depresiasi Rush Tipe Tertinggi Paling KecilRush TRD Sportivo Ultimo

Kita bisa berasumsi untuk depresiasi harga Toyota Rush bekas ini relatif besar pada varian terendah dan sangat minim di varian teratas. Lebih lanjut, nilai depresiasi pasti akan semakin besar bila melihat dari semakin tuanya usia kendaraan. Untuk Rush bekas keluaran 2017 pastinya lebih murah ketimbang keluaran 2018.

Untuk Toyota Rush bekas keluaran 2017 dijual antara Rp170 jutaan sampai Rp225 jutaan. Nah, Rush 2017 ini desainnya masih pakai konde alias tergolong sebagai penutup generasi pertama. Kemudian Toyota Rush 2016 dijual antara Rp162 jutaan sampai Rp220 jutaan.

Patut diacungi jempol bila harga Toyota Rush bekas masih sangat perkasa terutama di tipe tertinggi TRD Sportivo. Unit yang telah digunakan selama tiga tahun, harganya masih menembus angka Rp200 jutaan. Tentu ini menjadi seperti investasi bagi calon pembeli mobil baru untuk memilih tipe tertinggi karena depresiasinya rendah.

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas


Baca juga:Kredit Toyota Rush 2019, Cicilan Mulai Rp 15 Jutaan
Sumber: carmudi

Menelisik Harga Toyota Rush, Bekasnya Masih Susah Turun

Menelisik Harga Toyota Rush, Bekasnya Masih Susah Turun

Menelisik Harga Toyota Rush, Bekasnya Masih Susah Turun

Menelisik Harga Toyota Rush, Bekasnya Masih Susah Turun

Menelisik Harga Toyota Rush, Bekasnya Masih Susah Turun

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya