0
Thumbs Up
Thumbs Down

Menakar Peluang Golkar Usung Duet Anies-Airlangga di 2024

Republika Online
Republika Online - Sat, 22 Jan 2022 18:52
Dilihat: 81
Menakar Peluang Golkar Usung Duet Anies-Airlangga di 2024

JAKARTA -- Pengamat politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Usni Hasanudin menilai Golkar berpeluamg mengusung duet Anies Baswedan-Airlangga Hartarto di Pilpres 2024. Hal tersebut dilakukan guna mengimbangi kecilnya elektabilitas Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto.

"Sejak meninggalkan kultur konvensi, Golkar cenderung menjagokan nonkader sebagai capresnya. Ini kecuali pada 2009 lalu, yang bulat mengusung JK (Jusuf Kalla)," kata Usni Hasanudin dalam keterangan, Sabtu (22/1/2022).

Menurutnya, pencalonan JK saat itu bisa dimaklumi karena dia aktif menjadi wakil presiden dan berpeluang mengalahkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia mengatakan, setelahnya Golkar memang kembali mencoba peruntungan mengusung ketua umum seperti pada 2014 yang mencalonkan Aburizal Bakrie (Ical).

"Sayangnya, justru terjadi perpecahan. Selain karena faktor Jokowi yang berpasangan dengan JK, ini juga dipengaruhi elektabilitas Ical yang rendah sehingga tidak menjual," katanya.

Dia melanjutkan, sementara pada 2019 Golkar kehilangan momentum lantaran Airlangga baru terpilih sebagai ketua umum menggantikan Setya Novanto yang terjerat kasus korupsi pengadaan KTP-el. Menurutnya, saat ini Golkar mencoba kembali mengulang pengalaman seperti 2014 lalu yang menjagokan ketua umum sebagai capres.

"Tapi, ini berat karena elektabilitas Airlangga masih rendah. Seperti Ical, figur Airlangga juga tidak menjual," katanya.

Usni mengingatkan, Golkar terancam kembali disandera konflik internal sehingga dukungannya terpecah pada pilpres apabila bersikukuh memasang Airlangga. Menurutnya, peluang itu terbuka lebar mengingat shareholder Golkar yang majemuk.

Menurutnya, Anies Baswedan dapat menjadi alternatif bagi Golkar sambil tetap mengakomodasi kepentingan partai sekalipun bukan kader partai manapun. Apalagi, sambung dia, Gubernur DKI Jakarta itu termasuk satu dari beberapa figur yang elektabilitasnya cenderung stabil.

"Kalau Golkar ke Prabowo (Gerindra) atau Ganjar (PDIP) justru akan semakin kecil porsinya. Partai-partai lain yang tidak memiliki figur tetapi ingin berpartisipasi sejak awal sebenarnya juga bisa menjagokan Anies sejak dini, seperti PPP, PAN, PKB, dan PKS," katanya.

Meskipun demikian, dia menilai, Airlangga masih berkesempatan maju pada Pilpres 2024 jika ditempatkan sebagai cawapres. Apalagi, sambung dja, Partai Golkar tidak bisa mengusung pasangan capres-cawapres tanpa berkoalisi.

Ketua DPP Partai Golkar, Firman Soebagyo, sebelumnya menyatakan bahwa duet Airlangga dan Anies berpeluang terwujud mengingat politik dinamis. Dia melanjutkan, namun Partai Golkar memiliki ketentuan dalam menetapkan jagoannya pada pilpres mendatang.

"Ya, itu nanti mekanisme partai akan kita tempuh," katanya.

Sebelumnya, wacana duet Airlangga-Anies kali pertama dimunculkan Sekretaris DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Basri Baco. Menurutnya, pasangan ini bahkan disebutnya dapat menandingi wacana Prabowo Subianto-Puan Maharani.




Berita Terkait
  • Muhaimin Percaya Diri Maju Pilpres Atas Perintah Kiai
  • Sekjen Gelora: Ada Potensi Politik Identitas pada Pemilu 2024
  • Jawab Soal Deklarasi Capres, Anies: Kalau Belum Masuk Waktunya, Jangan Bunyikan Adzan
Berita Lainnya
  • Presiden Meksiko Jalani Kateterisasi Jantung
  • Menakar Peluang Golkar Usung Duet Anies-Airlangga di 2024

Menakar Peluang Golkar Usung Duet Anies-Airlangga di 2024

Menakar Peluang Golkar Usung Duet Anies-Airlangga di 2024

Menakar Peluang Golkar Usung Duet Anies-Airlangga di 2024

Menakar Peluang Golkar Usung Duet Anies-Airlangga di 2024

Menakar Peluang Golkar Usung Duet Anies-Airlangga di 2024

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya