0
Thumbs Up
Thumbs Down

Memahami Lebih Dalam Manfaat dari Digital Marketing

wartaekonomi
wartaekonomi - Fri, 18 Sep 2020 20:54
Dilihat: 31
Jakarta

Di tengah perkembangan teknologi yang pesat ini menjadi sebuah kesempatan yang menarik untuk melakukan pemasaran melalui digital. Hal ini menawarkan lebih banyak kebebasan bagi perusahaan dan merupakan cara yang lebih mudah untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Namun, dengan hanya memiliki situs web sendiri nampaknya belum cukup. Anda juga perlu bisa terhubung dengan klien dan mempromosikan brand. Digital marketing dapat membantu Anda untuk terhubung dengan jaringan yang menjadi langkah penting guna mengembangkan bisnis Anda.

Strategi digital marketing yang terencana dengan baik akan membantu Anda mengembangkan bisnis dan memperluas jangkauan. Ini akan bisa menjadi teknik sangat berharga dan hemat biaya, tetapi penting juga untuk mengetahui mengapa Anda menggunakannya dan bagaimana hal itu dapat membantu.

Baca Juga: Apa Itu Digital Marketing?

Ulasan berikut akan membahas lebih dalam mengenai manfaat dari digital marketing dan bagaimana strategi pemasaran yang tepat akan sangat membantu bagi bisinis Anda.

I. Memperluas Jangkauan Pasar

Tidak seperti pemasaran tradisional, digital marketing memungkinkan Anda untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, menghubungkan Anda dengan setiap pelanggan, baik di dalam maupun di luar area lokal. Digital marketing memungkinan Anda untuk dapat berinteraksi lebih fleksibel dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi.

Saat ini, hampir setiap orang memiliki akses terhadap internet. Dengan menjangkau calon klien secara online, brand Anda dapat lebih mudah diakses sekaligus memastikan bahwa Anda dapat menargetkan audiens tertentu yang akan mendapatkan keuntungan dari pelayanan yang Anda berikan.

Dengan berkembangnya teknologi modern, bisnis juga harus mengambil berbagai langkah untuk mengikuti perubahan tersebut. Toko fisik secara bertahap mulai beralih menggunakan bentuk pemasaran online. Solusi pemasaran media digital ini difokuskan untuk menangkap pasar online yang berkembang pesat dan menguntungkan.

Proses menarik konsumen online akan menentukan apakah bisnis Anda dapat berkembang sukses atau malah gagal. Di bidang digital marketing, dengan menggunakan berbagai alat dan teknik yang tepat, pemilik bisnis mampu berjuang keras dalam menghadapi persaingan, juga akan mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam bisnisnya.

Bisnis apa pun yang berkembang dan akan datang bisa mendapatkan keuntungan dari keberadaan online yang kuat. Kehadiran online menawarkan bisnis peluang yang lebih baik untuk mempertahankan, bersaing, dan tumbuh. Untuk dapat memperluas jangkauan pasar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Riset Pasar

Sebelum melakukan hal lain, Anda perlu memberikan sumber daya dan waktu untuk meneliti target konsumen yang akan Anda tuju. Jika berencana melakukan ekspansi besar-besaran, Anda harus meninjau kembali rencana bisnis dan membuat penyesuaian yang sesuai. Dapat dimulai dengan menilai kembali perusahaan Anda sendiri; di mana posisi Anda sekarang? Apa yang Anda harapkan dalam waktu lima, 10, atau 15 tahun?

Cari tahu demografis mana yang perlu Anda targetkan untuk membuat bisnis Anda lebih sukses. Manfaatkan banyak alat analisis (tools) dan perangkat lunak yang tersedia untuk Anda. Lacak orang yang telah mengunjungi situs web perusahaan Anda, cari tahu siapa yang tertarik dengan produk atau layanan Anda, dan hitung cara untuk memasarkan produk dengan lebih baik.

Perlakuan terhadap calon konsumen ini mungkin akan sangat mirip dengan konsumen Anda saat ini, atau mereka mungkin memerlukan strategi pemasaran yang sama sekali berbeda. Analisis secara menyeluruh dapat memberi tahu Anda; apakah ada perkembangan? Jika tidak, ini akan menyelamatkan Anda dari membuang-buang waktu dan energi untuk ekspansi yang tidak akan pernah menguntungkan.

Tambah Produk dan Layanan Baru

Setelah meneliti target audiens, Anda perlu menambah produk atau layanan bisnis Anda berdasarkan hasil riset tersebut. Hal ini merupakan bagian dari strategi untuk memperluas jangkauan bisnis. Dengan adanya produk dan layanan baru, Anda akan dapat memuaskan konsumen dan mendapatkan potensi yang terbaik.

Pastikan bahwa produk dan layanan terbaru Anda dapat bermanfaat bagi konsumen agar tercipta loyalitas terhadap produk Anda. Supaya produk dan layanan terbaru Anda dapat disukai oleh konsumen, ada baiknya Anda melakukan hal berikut.

Menciptakan Brand Awareness yang Kuat

Jika berniat untuk melakukan ekspansi pasar, Anda juga memerlukan daya tarik dan upaya pendekatan khusus terhadap target konsumen. Pastikan produk Anda tetap dikenali di mana dan kapan pun sehingga produk Anda akan memiliki ciri khas tersendiri. Pesona merek yang kuat dapat membuat konsumen loyal karena ciri khas dan kepribadian yang telah dibangun.

Memperluas Daya Tarik Produk Anda

Untuk bisa menjangkau pasar baru, Anda perlu memperluas daya tarik produk Anda sehingga dapat menarik perhatian setiap konsumen. Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda, jadi usahakan Anda bisa menjangkau target audiens yang ingin Anda capai dengan memoles produk agar dapat diminati target audens Anda.

Perencanaan Sumber Daya yang Tepat

Jika tidak ingin basis pelanggan baru Anda hilang, jangan membuat ekspektasi yang tidak bisa Anda penuhi karena Anda tidak memiliki sumber daya manusia. Sangat penting bagi tim Anda untuk dapat menangani beban kerja atau buatlah rencana (dan anggaran) untuk membawa sumber daya tambahan guna mendukung perluasan.

Jika tim desain internal Anda ditugaskan untuk mengembangkan iklan spanduk untuk kampanye global, gunakan sumber daya tambahan yang diperlukan untuk menjangkau pasar baru ke dalam perencanaan sumber daya Anda. Jadi, pastikan Anda telah merencanakan alokasi dan pengembangan sumber daya dengan benar saat Anda memutuskan untuk melangkah maju.

Tetap Fokus pada Tujuan Anda

Hal ini harus benar-benar penting dalam rencana pemasaran, terlebih lagi dalam kampanye internasional di mana perilaku, biaya, dan faktor lain bisa sangat berbeda dari biasanya. Jika biaya per akuisisi (BPA) adalah metrik utama yang Anda fokuskan, optimalkan ke arah situ dan janga berpaling saat Anda melihat rasio pentalan yang lebih tinggi dari rata-rata di landing page.

Keputusan ini akan menjadi mudah jika Anda tahu apa yang menjadi fokus Anda, dengan begitu jelas menentukan tujuan Anda dan memastikan bahwa KPI dan metrik utama Anda dapat dilacak dan dilaporkan dengan jelas.

II. Menemukan Konsumen sesuai Target

Memahami target konsumen dapat menghasilkan kampanye yang lebih sukses untuk Anda karena pelanggan akan merasa seolah-olah mereka terhubung dengan merek Anda. Digital marketing memungkinkan Anda untuk menemukan konsumen yang sesuai target. Mari membahas audiens target dan cara mengidentifikasi audiens Anda.

Untuk memiliki kampanye pemasaran yang efektif, Anda harus dapat menjangkau orang yang tepat. Anda harus menjangkau orang-orang yang tertarik dengan produk Anda. Keuntungan yang paling signifikan dari digital marketing adalah kemampuan untuk menargetkan calon konsumen secara spesifik.

Menargetkan calon konsumen dengan metode pemasaran tradisional itu sulit. Umumnya, pesan Anda ditujukan kepada semua orang dengan harapan dapat menjangkau orang-orang yang tertarik dengan produk Anda.

Dengan digital marketing, Anda dapat menjangkau orang-orang yang tertarik dengan produk Anda. Anda secara khusus dapat menargetkan konsumen dengan minat pada perusahaan, layanan, atau produk Anda. Ini sebuah keuntungan yang tidak bisa ditandingi oleh pemasaran tradisional.

Sebelumnya, apa itu target audiens atau konsumen? Target konsumen adalah sekelompok konsumen yang dapat dikategorikan oleh perilaku dan demografi tertentu. Target konsumen merupakan penopang dalam memengaruhi pengambilan keputusan untuk strategi pemasaran, seperti cara menarik pelanggan, dan bahkan produk apa yang akan dibuat selanjutnya.

Target konsumen juga digunakan untuk menentukan persona pembeli. Persona pembeli adalah gambaran umum yang mewakili pelanggan yang ideal, diambil dari data yang membentuk target konsumen. Sejumlah kriteria demografi tersebut meliputi lokasi, usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan.

Sedangkan, target pasar adalah kelompok konsumen tertentu yang akan menjadi sasaran untuk penjualan produk perusahaan. Target konsumen menentukan grup tersebut dengan menggunakan demografi konsumen, minat, dan riwayat pembelian.

Setelah Anda membaca apa saja atribut yang membentuk faktor demografis, ada banyak hal dalam dunia pemasaran yang semuanya saling terkoneksi untuk menemukan konsumen yang tepat. Saat kita berbicara tentang jenis target konsumen, kita dapat berbicara tentang lebih banyak cara untuk menentukan, untuk siapa Anda membuat kampanye. Anda dapat membuat segmentasi konsumen Anda ke dalam kelompok menggunakan kategori seperti:

Niat membeli - Sekelompok orang yang sedang mencari produk tertentu dan ingin mengumpulkan lebih banyak informasi sebelum melakukannya. Beberapa contoh termasuk konsumen yang ingin membeli laptop, kendaraan, pakaian, atau televisi baru. Data ini diperlukan untuk melihat bagaimana Anda dapat mengarahkan pesan Anda dengan lebih baik ke konsumen.

Minat - Data ini berbicara tentang apa yang disukai orang, seperti hobi. Mengetahui data ini dapat membantu Anda terhubung dengan konsumen lewat cara yang sesuai, seperti menggali motivasi dan perilaku pembeli. Misalnya, konsumen yang menyukai video game sebagai hobi, kemungkinan besar akan tertarik dengan peluncuran konsol game baru di musim liburan, di mana mereka dapat menikmatinya.

III. Meningkatkan Penghasilan

Digital marketing memainkan peran utama untuk meningkatkan penghasilan Anda. Saat ini, hampir semua jenis bisnis melakukan metode pemasaran terbaru. Perusahaan yang tidak mengikuti era pemasaran dan komunikasi sekarang pasti akan tertinggal. Keberhasilan dari teknik digital marketing untuk mempromosikan produknya adalah melalui berbagai bentuk media elektronik.

Digital marketing juga dapat membantu mempromosikan bisnis Anda dengan memperkirakan sedikit anggaran dibandingkan dengan platform promosi yang mahal, seperti televisi, radio, dan papan iklan. Menghitung jumlah trafik di situs web melalui Google Analytics misalnya, menjadi solusi terbaik bagi Anda.

Selain itu, jenis pemasaran ini juga membantu mendukung peningkatan prospek, pelanggan, dan pengikut di media sosial, yang akan mendapatkan hasil maksimal dari produk dan layanan Anda. Ini dapat dilakukan secara instan untuk membuat bisnis Anda lebih mengesankan.

Setelah semuanya dapat berjalan dengan baik, tentu saja terdapat satu hal yang penting: laba atas investasi. Bisnis biasanya sering mengabaikan manfaat dari kampanye pemasaran digital karena mereka percaya bahwa strategi tersebut akan memengaruhi margin keuntungan mereka secara negatif.

Namun, digital marketing telah terbukti berkali-kali sebagai salah satu cara terbaik bagi perusahaan untuk meningkatkan margin keuntungan secara signifikan. Meskipun setiap bisnis bentuknya berbeda dan memiliki cara penanganannya masingmasing, tidak dapat disangkal bahwa digital marketing telah memberikan banyak manfaat. Mari kita lihat lebih lanjut beberapa cara yang dapat meningkatkan margin keuntungan Anda.

SEO

Strategi ini dapat berjalan seiring dari sudut pandang margin keuntungan, jadi keduanya perlu dibahas secara bersamaan. Optimisasi mesin pencari adalah sebuah zona yang dapat dieksplorasi dengan biaya rendah untuk bisnis dan akan dapat meningkatkan keuntungan. Dengan SEO, Anda dapat meningkatkan visibilitas situs web di peringkat terbaik mesin pencari. Terlebih pengguna mesin pencari cenderung lebih suka mengakses situs web yang terpampang di halaman terdepan mesin pencari.

Promosi Berbayar di Media Sosial

Cara termudah dan terkuat selanjutnya untuk meningkatkan penghasilan bisnis Anda adalah dengan mendaftarkan produk untuk promosi berbayar di sejumlah platform digital seperti Facebook ad, Instagram ad, LinkedIn ad, dan banyak lagi.

Misalnya, jika berbicara tentang Facebook, sudah ada 2,6 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Secara statistik, lebih dari 25% waktu dihabiskan untuk berselancar media sosial dan 60% pembelian produk online terjadi berdasarkan ulasan dan komentar media sosial. Statistik ini dengan jelas menunjukkan seberapa besar visibilitas di media sosial dapat membantu bisnis Anda.

Facebook menawarkan berbagai jenis promosi, apakah Anda hanya ingin mendapatkan lebih banyak tombol "suka" atau menggunakannya sebagai pendorong konversi untuk produk atau layanan terbaru Anda.

Google Pay Per Click (PPC)

Bentuk pemasaran daring yang paling umum saat ini adalah iklan bayar per klik (PPC) melalui layanan seperti Google AdWords. Saat menggunakan AdWords, Anda dapat memilih kata kunci yang menurut Anda dicari oleh pelanggan, AdWords dapat menampilkan iklan Anda ketika pengguna Google mencari kata kunci tersebut. Semakin banyak Anda membayar, semakin menonjol iklan Anda di halaman Google.

Jika pengguna Google mengklik iklan Anda, Anda membayar biaya kepada Google. Setelah seseorang mengklik iklan Anda, Anda dapat mengikuti aktivitas mereka di situs web Anda untuk mengetahui apakah mereka menanggapi penawaran yang telah Anda berikan. Jika ya, Anda akan dapat memantaunya dalam jangka waktu yang panjang. Faktanya, Anda dapat mencatat setiap rupiah yang mereka belanjakan.

IV. Lebih Hemat dan Efektif

Pada masa-masa awal dikenalnya strategi pemasaran, bisnis selalu bergantung pada iklan cetak, papan reklame, surat langsung, iklan radio, dan TV. Dan meskipun beberapa hal tadi merupakan metode pemasaran yang pasti bisa berhasil hingga saat ini, bisa merogoh kocek yang dalam.

Mencetak, mendistribusikan, dan membayar ruang iklan tentunya tidak murah. Tetapi, jika Anda sudah memiliki situs web, bisa lebih menghemat anggaran hanya dengan menata ulang tampilan situs web atau membuat konten yang ramah SEO.

Salah satu manfaat terbesar dari digital marketing adalah hemat biaya. Digital marketing dapat membantu Anda menghemat uang dan mendapatkan lebih banyak prospek. Dengan metode pemasaran tradisional, sulit bagi bisnis kecil hingga menengah untuk bersaing dengan perusahaan besar. Bisnis yang lebih besar memiliki uang untuk alokasi iklan TV, iklan radio, dan banyak lagi. Ini menyulitkan usaha kecil untuk bersaing dengan perusahaan besar.

Digital marketing dapat memberikan kesempatan yang baik bagi setiap pelaku bisnis. Digital marketing merupakan cara yang lebih terjangkau untuk memasarkan bisnis Anda kepada konsumen. Banyak metode pemasaran dan periklanan digital yang ramah anggaran.

Misalnya, iklan bayar per klik (PPC) memungkinkan Anda untuk dapat menghitung anggaran. Apakah Anda ingin membelanjakan US$500 atau US$2.000, Anda menetapkan jumlah yang sesuai untuk perusahaan Anda. Ini adalah keuntungan dari online marketing. Namun, dengan metode ini, jumlah yang Anda belanjakan akan memengaruhi keberhasilan kampanye Anda. Ini hanyalah satu contoh strategi yang sesuai dengan anggaran Anda.

Pengeluaran digital marketing yang paling besar adalah waktu. Diperlukan waktu untuk menerapkan strategi dan mengembangkan hasil dari strategi tersebut. Hasilnya, bagaimanapun itu akan sepadan dengan investasi waktu Anda.

V. Mengaktifkan Layanan Real-Time

Layanan real-time adalah kemampuan suatu brand untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan berdasarkan waktu yang bersamaan, seperti perilaku dan tindakan mereka di situs web, perubahan pada data mereka.

Dengan strategi ini, dapat dilihat bahwa brand tidak hanya berfokus pada strategi pemasaran tetap yang mengikuti jadwal yang ketat, tetapi juga strategi yang lebih fleksibel, berfokus pada berita terkini, tren yang relevan, dan bisa memberikan feedback langsung kepada pelanggan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, upaya pemasaran real-time menjadi lebih efektif dari sebelumnya. Dengan hadirnya Facebook, Twitter, dan situs sosial populer lainnya, bisnis dapat mengumpulkan informasi terkini tentang calon konsumen. Dalam beberapa menit, mereka dapat mengubah informasi itu menjadi pesan pemasaran yang siap untuk dibagikan.

Semua orang ingin menjadi bagian dari tren dan mode terbaru. Ketika perusahaan secara strategis menyusun iklan mereka untuk mencerminkan peristiwa atau tren terkini, konsumen akan lebih tertarik pada produk atau layanan mereka. Konsumen saat ini mengutamakan kepuasan secara instan.

Jadi, dengan menyesuaikan pesan pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, mereka cenderung akan membeli produk atau layanan Anda karena mereka secara langsung akan mengenali kegunaan dan manfaat dari brand yang Anda tawarkan.

Pemasaran secara real-time adalah tentang menyertakan calon konsumen Anda pada saat momen-momen penting terjadi. Daripada mem-posting album setelah diadakannya acara, Anda bisa langsung membagikan foto langsung dari acara tersebut. Upaya layanan real-time dapat membantu konsumen merasa lebih terhubung dengan bisnis Anda, serta mendorong lebih banyak orang untuk turut berpartisipasi dengan bisnis Anda.

Sama seperti kegiatan pemasaran lainnya, layanan real-time juga perlu perencanaan sebelumnya. Namun, dengan layanan real-time, Anda juga bisa mempromosikan dan membagikannya selama aktivitas berlangsung. Misalnya, live streaming adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan kesempatan ini, tetapi sebelumnya Anda harus memberi tahu orang-orang tentang diadakannya live streaming ini untuk mengundang lebih banyak penonton.

Penting untuk dicatat bahwa layanan real-time adalah teknologi dan alat pemasaran. Perusahaan dapat mengumpulkan data pelanggan, seperti pencarian online, demografi, riwayat belanja, dan topik atau produk apa yang diklik oleh pelanggan saat sedang menjelajahi internet. Setelah dikumpulkan, informasi tadi digunakan untuk membuat iklan yang muncul secara instan kepada pelanggan yang secara langsung berkaitan dengan minat dan preferensi pelanggan.

VI. Meningkatkan Daya Saing

Dalam bisnis apa pun, penting bagi Anda untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan. Mungkin Anda telah menemukan ceruk dan dapat memisahkan diri dari bisnis lain; cara lain adalah melalui digital marketing.

Dengan begitu banyak materi content marketing yang dipublikasikan secara online setiap hari, Anda perlu mulai mengembangkan rencana tentang cara menyusun strategi digital marketing yang terbaik untuk mengatasi persaingan. Pada akhirnya, digital marketing memainkan peran penting, tidak peduli industri atau ukuran perusahaan, ini adalah cara yang sangat baik untuk membangun dan menumbuhkan bisnis.

Tentu saja untuk membuat strategi pemasaran digital yang kuat memerlukan proses yang membutuhkan waktu dan sumber daya. Prosesnya harus berkorelasi kuat dengan inti dan identitas bisnis Anda sehingga sasaran pemasaran digital Anda dapat tercapai. Untuk mengikuti tren digital dan industri, perusahaan perlu mencari tahu strategi digital mana yang terbaik untuk bisnis mereka dan masih relevan dengan konsumen di 2020.

Saat ini, para pemasar digital harus selalu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Selain itu, di dunia digital saat ini, bukan lagi hanya tentang selalu hadir di saluran online yang berbeda , tetapi tentang membangun konten yang berkualitas dan menciptakan identitas yang unik. Itulah alasan mengapa bisnis harus tetap terhubung dengan transformasi dunia online dalam beberapa tahun terakhir dan mencari tahu arah mana yang harus diikuti untuk mengembangkan merek mereka.

Jika belum memperbarui teknik pemasaran digital selama beberapa tahun, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali pendekatan Anda. Teknologi yang baru dan berkembang datang ke pasar setiap saat menambah sudut pandang baru untuk digital marketing. Dirancang untuk membantu Anda meningkatkan skala bisnis lebih cepat, menganalisis data pelanggan dengan lebih mudah, atau sekadar mengotomatiskan tugas, menggunakan teknologi akan membebaskan Anda untuk selalu fokus pada pekerjaan yang lebih penting.

Mengevaluasi kembali akan selalu membantu untuk meneliti pesaing Anda karena semakin banyak Anda tahu tentang pesaing, semakin akan mengetahui bagaimana cara mengungguli mereka. Meneliti pesaing lebih dari sekadar mengidentifikasi kelemahan mereka, tetapi juga kekuatan mereka.

Cari tahu apa yang dilakukan pemasar konten kelas atas yang memungkinkan mereka untuk menjadi yang teratas di halaman mesin pencari. Identifikasi calon konsumen mereka dan bagaimana cara pemasar tersebut melibatkan mereka, cari tahu seberapa sering pesaing Anda mempublikasikan informasi dan jenis konten apa yang biasa mereka publikasikan. Saat melihat konten pesaing, cari kata kunci yang sering mereka gunakan dan bagaimana peringkatnya untuk setiap kata kunci.

Mengumpulkan semua informasi ini dapat membantu Anda mengidentifikasi apa yang dapat Anda pelajari dari pesaing, cara menerapkan strategi baru, dan bahkan memberi Anda contoh strategi yang tidak berhasil sehingga Anda dapat menghindari kesalahan yang sama seperti pesaing Anda.

Untungnya, ada banyak cara untuk mendapatkan informasi ini, seperti mengunjungi halaman situs media sosial pesaing dan mendaftar untuk menerima email dari mereka. Ada juga alat bantu yang dapat digunakan dengan mengidentifikasi jumlah pengikut pesaing Anda, kualitas pengikut mereka, dan jumlah pengikut atau pelanggan yang diperoleh pesaing Anda setiap hari.

Pada 2020, digital marketing tidak hanya tentang selalu berada di dunia online, tetapi tentang memberikan bisnis Anda sebuah kepribadian dan nilai lebih sambil memperhatikan persaingan.

VII. Memudahkan dalam Melakukan Evaluasi

Salah satu hal tentang strategi pemasaran digital adalah bahwa setiap perusahaan saat ini pasti memilikinya. Meskipun Anda tidak pernah menghabiskan satu menit pun di Facebook, Twitter, Pinterest, atau situs web lainnya, opini pelanggan tentang bagaimana brand Anda dapat terbentuk, berdasarkan penyebutan nama perusahaan Anda oleh pengguna individu.

Menjalankan bisnis juga termasuk dengan menetapkan tujuan dan mengukur kesuksesan Anda dalam memenuhi tujuan tersebut. Namun, dalam dunia digital marketing mungkin sulit untuk menentukan sebuah langkah yang tepat. Atau bisa sangat banyak, dengan begitu banyak data yang tersedia untuk Anda.

Untuk dapat meraih keberhasilan, Anda perlu menetapkan tujuan Anda, dan juga harus dapat menavigasi semua informasi yang tersedia untuk menentukan metrik mana yang benar-benar dapat membantu Anda mengukur pencapaian sasaran bisnis Anda.

Tidak ada strategi yang sempurna. Bahkan kampanye pemasaran yang paling sukses pun memiliki celah. Dalam tahapan evaluasi, pertimbangkan semuanya dari potensi yang berdampak negatif bagi proses. Sebuah rencana pemasaran yang sukses biasanya mengarah ke hal lain, terutama dalam upaya mengembangkan bisnis.

Anda perlu mengevaluasi kembali demografi yang baru dan menunjukkan perbedaan dengan konsumen Anda saat ini. Jika terdapat banyak perubahan perilaku dari calon konsumen, Anda perlu melakukan pendekatan yang baru. Jangan pernah berasumsi bahwa Anda tahu bagaimana kelompok yang Anda tuju akan memiliki reaksi yang sama terhadap kampanye Anda. Pastikan untuk menguji coba ide-ide Anda sebelum meluncurkan kampanye yang baru. Perilaku konsumen dapat berubah seiring berjalannya waktu, yang dipengaruhi oleh tren dan kebutuhan yang baru.

Dengan hadirnya internet, orang bisa mengakses apa saja, di mana saja, dan kapan saja. Bisnis Anda dapat terhubung dengan banyak portal secara online sehingga Anda bisa melihat setiap bisnis yang berjalan secara daring, entah itu pesaing Anda atau bukan. Saat membandingkan bisnis Anda dengan yang lain, di sinilah Anda dapat melihat kelebihan dan kekurangan bisnis Anda.

Selain itu, jumlah pengunjung situs web yang Anda punya bisa diukur melalui sejumlah alat bantu. Dengan ini Anda bisa menilai kembali keberhasilan Anda dalam menjalankan kegiatan pemasaran digital, berapa banyak pengguna yang mengakses situs web Anda, atau seberapa lama pengguna berlama-lama mengunjungi situs web Anda. Anda juga bisa melihat apakah semua hal tadi berujung pada pengguna yang pada akhirnya melakukan transaksi terhadap produk Anda.

Selain bisa menghitung keberhasilan bisnis Anda, melalui digital marketing, Anda juga akan mendapatkan sejumlah informasi yang berkaitan dengan pengguna, seperti preferensi situs yang biasa dikunjungi sehingga bisa menjadi data tambahan untuk keperluan promosi dan kampanye.

Saat menginvestasikan uang ke dalam kegiatan pemasaran, Anda dapat melacak hasil dari kegiatan pemasaran tersebut. Penting untuk mengetahui apakah strategi ini mendorong hasil yang membantu bisnis Anda berkembang. Meskipun metode tradisional bisa sangat efektif, sulit untuk mengukur ke-efektivitasnya. Dengan metode pemasaran digital, Anda dapat melacak hasil kegiatan pemasaran Anda secara akurat.

Setiap jenis kampanye memiliki sistem pelacakan. Dari media sosial hingga pengoptimalan mesin telusur (SEO), Anda akan dapat melacak hasil kampanye Anda. Misalnya, Anda dapat memantau kinerja SEO dengan Google Analytics. Anda dapat melacak berbagai metrik dengan setiap kampanye. Ini termasuk tayangan, klik, komentar, pembagian, konversi, dan banyak lagi. Ini memudahkan Anda untuk mengetahui bagaimana kinerja kampanye Anda.

Dengan mengevaluasi kembali, Anda akan menjalankan kegiatan pemasaran yang lebih baik untuk bisnis Anda. Digital marketing hadir membawa kemudahan yang membantu Anda menghitung setiap kemungkinan yang akan terjadi.

Kunci untuk tetap mempertahankan pelanggan dalam dunia bisnis yang sangat kompetitif ini adalah memastikan engagement berkelanjutan dengan konsumen Anda. Melakukan interaksi dengan pelanggan di saluran media sosial yang berbeda akan menjadi bentuk pemasaran yang efektif dan memungkinkan bisnis untuk tetap kompetitif dan relevan.

Hadirnya platform media sosial memungkinkan bisnis Anda untuk tetap menjawab setiap pertanyaan pelanggan, mengurangi kesalahpahaman, dan bahkan menghasilkan penjualan. Hal ini dapat dicapai melalui posting-an blog yang bermanfaat secara teratur, buletin online, promosi, dan penawaran khusus.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo

Editor: Rosmayanti

Foto: Unsplash/Rawpixel

Sumber: wartaekonomi

Memahami Lebih Dalam Manfaat dari Digital Marketing

Memahami Lebih Dalam Manfaat dari Digital Marketing

Memahami Lebih Dalam Manfaat dari Digital Marketing

Memahami Lebih Dalam Manfaat dari Digital Marketing

Memahami Lebih Dalam Manfaat dari Digital Marketing

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya