0
Thumbs Up
Thumbs Down

Melakukan Pemisahan Kamar Anak Memang Sewajarnya Dilakukan Orang Tua

Rumah
Rumah - Thu, 27 Feb 2020 18:42
Dilihat: 63
Melakukan Pemisahan Kamar Anak Memang Sewajarnya Dilakukan Orang Tua

-Melakukan pemisahan kamar anak sejak kecil memang sudah sewajarnya dilakukan.Untuk menjaga Ketahanan Keluarga, baiknya perlindungan anak dan keluarga dilakukan mulai dari hal yang berkaitan dengan pelecehan seksual, perlindungan dari penyiksaan.

Tidak semua keluarga bisa merancang kamar terpisah untuk anak-anak. Kondisi tersebut memang dipengaruhi oleh kemampuan masing-masing keluarga dan budaya tinggal.

Bagi keluarga di Eropa, hal tersebut menjadi lumrah karena sejak dari bayi sudah diterapkan pemisahan kamar. Mungkin akan berbeda halnya bagi keluarga di Asia. Banyak anak-anak masih tinggal satu kamar dengan orang tuanya.

Menurut Psikolog Sonia Natasha M.Psi., pemisahan kamar sebenarnya sudah bisa dilakukan dari sejak bayi maupun masa pra sekolah. Namun, hal tersebut juga bergantung kepada kondisi, apakah si Ibu masih memberikan ASI eksklusif.

Namun untuk melakukan pemisahan kamar, tentunya harus memilih lokasi kamar yang tidak berjauhan dengan kamar orang tua. Tujuannya agar masih adanya pengawasan dan komunikasi. Bagi anak, pemisahan kamar secara psikologis juga bisa membuat lebih menyenangkan karena merasa memiliki ruang privasinya. Selain itu, anak juga belajar kemandirian untuk mengatur pola belajar dan bermain.

"Bicara pemisahan kamar, beranjak remaja usia sekolah mulai SD perlu dipisah. Belajar kemandirian mengatur belajarnya. Kalau mau belajar dan bermain computer di luar supaya dikontrol. Kamar hanya untuk tidur," jelasnya.

Simak insipirasi7 ide kamar tidur Sesuai arahan RUU Ketahanan Keluarga

Pemisahan kamar akan ada masanya. Sewajarnya sudah melakukan pemisahan saat memasuki tingkat akhir sekolah dasar dan menuju peralihan Sekolah Menengah Pertama. Pasalnya, pada periode tersebut anak perempuan sudah mengalami menstruasi sedangkan anak laki-laki mengalami akil baligh.

Selain itu, pada masa tersebut anak belajar mulai independen dan mulai bergaul dengan teman usianya. Namun, tetap harus adanya waktu dan komunikasi dengan orang tua.

"Pentingnya pemisahan. Di usia tertentu mulai eksplor dirinya. Anak-anak cenderung dewasa. Setiap orang punya privasi sendiri,"ungkap sonia.

Namun, dia menekankan untuk melakukan pemisahan kamar merupakan ranah personal kebutuhan keluarga. Jika memang mendesak untuk dilakukan keluarga, tetapi hanya berkemampuan mengontrak rumah dengan satu kamar, ada siasat yang bisa dilakukan.

Pertama meskipun dalam kamar yang sama, kasurharus terpisah antara anak-anak dengan orang tua. Tidak berada dalam satu area tidur. Si anak dapat mengggunakan matras kecil sedangkan orang tuanya berada di kasur terpisah.

Kondisi kedua, satu kamar tidur utama bisa digunakan oleh anak. Kemudian orang tua memanfaatkan di ruang tengah atau keluarga. Hal ini dengan memanfaatkan kasur lipat.

"Yang berkaitan dengan ketahanan keluarga lebih personal karena keluarga punya pandangan dan polanya sendiri dalam membangun keluarga. Seberapa penting kurang begitu tepat, akan lebih baik mungkin yang dibahas perlindungan anak dan keluarga dari hal hal berkaitan dengan pelecehan seksual, perlindungan dari penyiksaan. Itu lebih tepat,"jelasnya.

Temukan lebih banyak panduan dantipsmembeli rumah dalamPanduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Sumber: Rumah

Melakukan Pemisahan Kamar Anak Memang Sewajarnya Dilakukan Orang Tua

Melakukan Pemisahan Kamar Anak Memang Sewajarnya Dilakukan Orang Tua

Melakukan Pemisahan Kamar Anak Memang Sewajarnya Dilakukan Orang Tua

Melakukan Pemisahan Kamar Anak Memang Sewajarnya Dilakukan Orang Tua

Melakukan Pemisahan Kamar Anak Memang Sewajarnya Dilakukan Orang Tua

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya