0
Thumbs Up
Thumbs Down

Masjid Agung Jateng akan Dibangun di Magelang

Republika Online
Republika Online - Wed, 12 Feb 2020 20:12
Dilihat: 21
Masjid Agung Jateng akan Dibangun di Magelang

MAGELANG -- Masjid Agung Jawa Tengah akan dibangun di Jalan Raya Soekarno-Hatta Sawitan, Mungkid Kabupaten Magelang. Saat ini, sebagian lahan yang akan digunakan tersebut telah berdiri Masjid Agung An-Nuur.

Kepala Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang, Sugiyono menjelaskan dalam visi misi Bupati Magelang Zaenal Arifin dan Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana ada pembangunan Islamic Center. Rencana pembangunan tersebut untuk mewujudkan visi terwujudnya Kabupaten Magelang yang sejahtera, daya saing, dan amanah. "Selain itu juga mewujudkan kehidupan beragama dan akhlak mulia dengan implementasi salah satunya pembangunan Islamic Center yang sudah masuk dalam RPJMD. Kemudian di RPJMD provinsi, ada pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah di Kabupaten Magelang," kata Sugiyono di Magelang, Rabu (12/2).

Terkait dengan RPMJD tersebut, lanjutnya Pemkab Magelang melakukan koordinasi dengan Pemprov Jawa Tengah mengusulkan agar pembangunan Masjid Agung lokasinya di kompleks Masjid An-Nuur yang juga direncanakan dibangun Islamic Center. "Islamic Center itu konsepnya ada bangunan masjid agung, kemudian ada sarana prasana untuk berikutnya bisa untuk kegiatan keislaman lainnya, termasuk bisa untuk pengajian akbar, manasik haji, untuk pertemuan-pertemuan dan pernikahan. Selain itu, ada kegiatan ekonomi mungkin UMKM," terangnya.

Ia menyampaikan permohonan Pemkab Magelang dikabulkan dan Masjid Agung Jawa Tengah dibangun di kompleks Masjid An-Nuur.Nantinya Masjid Agung Jawa Tengah tersebut akan dibangun di lahan seluas 5 hektare. Pemkab Magelang telah memiliki lahan sekitar 1,6 hektare sehingga masih ada kekurangan lahan seluas 3,4 hektare.

Lahan yang akan dibangun Masjid Agung Jawa Tengah berada di kompleks Masjid Agung An-Nuur. Masjid Agung An-Nuur menempati lahan seluas 6.095 meter persegi. Selanjutnya, Pemkab Magelang pada tahun 2018 membeli tanah seluas 7.513 meter persegi dan tahun 2019 membeli lagi seluas 3.483 meter persegi.

Ia menyebutkan total tanah yang dimiliki Pemkab Magelang seluas 1,6 hektare, sehingga masih kurang 3,4 hektare dan akan dicukupi oleh provinsi. Sugiyono mengatakan pembangunan masjid agung tersebut akan dilakukan Pemprov Jawa Tengah, termasuk pula mengenai desain masjid, pihaknya masih menunggu hasil sayembara desain tersebut.


Berita Terkait
  • Pemprov Jateng Bebaskan Denda Pajak dan Bea Balik Nama
  • Jateng Masih Pastikan Ada Tidaknya Warga Jateng di Wuhan
  • Perbaikan Dokumen Rusak Akibat Bencana Digratiskan
Berita Lainnya
  • Thailand Temukan Enam Kasus Baru Virus Corona
  • Arena Bermain di IBF 2020 Bisa Tampung 400 Anak

Masjid Agung Jateng akan Dibangun di Magelang

Masjid Agung Jateng akan Dibangun di Magelang

Masjid Agung Jateng akan Dibangun di Magelang

Masjid Agung Jateng akan Dibangun di Magelang

Masjid Agung Jateng akan Dibangun di Magelang

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya