0
Thumbs Up
Thumbs Down

Manjakan Mobilmu dengan Servis Berkala

Garduoto
Garduoto - Sat, 24 Apr 2021 11:50
Dilihat: 183
Manjakan Mobilmu dengan Servis Berkala

Sudah setahun lebih dunia mengalami pandemi akibat virus COVID-19. Mobilitas kita menjadi sangat terbatas, terutama untuk liburan, bahkan tahun ini pun pemerintah sudah mengeluarkan himbauan untuk tidak mudik. Yang tadinya sudah siap-siap servis mobil karena akan bepergian jauh ke kampung halaman, sekarang mobil malah jadi lebih sering parkir di garasi. Lalu, apakah harus tetap diservis?

Siapa yang memilih tidak servis mobil karena jarang dipakai? Hayo Siapa bilang kalau jarang dipakai, mobil tidak perlu diservis? Mobil tetap perlu servis berkala meskipun jarang dipakai agar performanya tetap baik, lho. Nggak mau kan, setelah sekian lama tidak digunakan, saat ada keperluan penting mobil kita malah mogok, jamuran, oli mesin kering, komponen penting malah rusak, dan sebagainya? Supaya tidak bingung dan ada sedikit gambaran tentang servis berkala, mari kita simak perbedaan servis besar dan servis ringan.

Perbedaan Servis Besar dan Servis Ringan

Servis ringan atau servis kecil wajib dilakukan per kelipatan 5.000 atau 7.000 kilometer. Jadi mobil harus diservis jika sudah memenuhi jarak tempuh 5.000, 10.000, 15.000 kilometer dan seterusnya. Servis ringan juga perlu dilakukan setiap 6 bulan sekali meskipun jarak tempuh belum sampai 5.000 kilometer. Perawatan berkala servis ringan biasanya hanya melakukan pengecekan komponen tertentu. Komponen perawatan berkala yang tergolong ringan contohnya, oli mobil, cek sistem pengapian dan kelistrikan mobil.

Sedangkan servis besar biasanya dilakukan jika sudah mencapai 10.000 kilometer dan kelipatannya. Artinya, jika sudah mencapai 10.000, 20.000, 30.000 dan seterusnya, lakukanlah servis besar.

Apa saja, sih, komponen servis berkala yang perlu diperhatikan?

  1. Servis berkala 1.000 km

Servis ini dilakukan pada mobil baru di bengkel resmi. Biasanya ada beberapa komponen yang wajib dicek, chassis bodi, sistem pendingin mesin, rem, dan oli-oli yang ada pada mesin. Mulai dari oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli power steering, air radiator, dan kopling.

  1. Servis berkala 5.000 km

Tidak berbeda jauh dengan servis berkala ringan 1.000 km, komponen yang dicek hampir sama. Bedanya, pada servis berkala 5.000 km, oli pada mesin mobil dianjurkan untuk diganti. Selain itu, akan dicek juga bagian kampas rem, hingga sistem steering. Pada saat mengganti oli mesin, biasanya juga akan dilakukan penggantian filter oli.

  1. Servis berkala 10.000 km

Jarak yang ditempuh sudah cukup jauh. Tentunya, komponen servis berkala yang harus dicek akan lebih detail. Pihak bengkel akan melakukan pengecekan dan pembersihan komponen rem pada keempat roda mobil. Selain itu, oli mesin dan oli transmisi akan dilakukan penggantian. Rotasi ban menyilang, balancing, dan spooring juga wajib dicek. Saat sudah bertambah 5.000 km lagitotal jarak tempuh 15.000 kmmaka akan kembali dilakukan servis berkala 5.000 km.

  1. Servis berkala 20.000 dan kelipatannya

Mobil sudah semakin lama dipakai. Biasanya kisaran satu tahun. Pengecekan yang dilakukan hampir sama dengan servis berkala 1.000 km. Hanya saja terdapat beberapa perbedaan. Mulai dari pembersihan saringan udara, pengecekan rem pada semua roda, pengecekan dan penyetelan klep, pembersihan throttle body, kalibrasi idle, penggantian filter AC, penggantian busi hingga balancing dan spooring serta rotasi ban menyilang. Biasanya masa ini adalah masa terakhir saat gratis biaya jasa yang diberikan oleh pabrikan otomotif. Setelah mobil lebih dari 1 tahun, para pemilik biasanya akan membayar biaya jasa pada saat melakukan servis. Pada servis berkala 20.000 dan kelipatannya ini juga biasanya akan dicek sistem bahan bakar, sistem kemudi, dan suspensi. Beberapa komponen yang bisa jadi akan diganti adalah busi, oli mesin, kompresor, minyak rem, filter udara, dan canister sistem.

Di mana bengkel terdekat yang bisa melakukan servis berkala?

Biasanya bengkel resmi akan memberikan servis gratis hingga waktu satu tahun sejak pembelian first buyer. Bagaimana jika sudah lebih dari satu tahun? Bagaimana jika kamu pemilik mobil second? Bengkel mana yang bisa melakukan servis berkala secara berkualitas?

Kamu tentu ingin memberikan servis yang baik untuk mobil barumu, kan? Jadi, kamu harus mencari bengkel servis berkala terpercaya. Bengkel servis berkala terpercaya adalah bengkel yang memiliki teknisi yang mumpuni, alat-alat yang lengkap, memiliki standar operasional prosedur yang jelas, dan memiliki cadangan komponen yang lengkap. Kalau kamu bingung mencari bengkel terdekat, kamu bisa coba mencari bengkel dengan Otoklix. Otoklix sudah bermitra dengan 1.000+ bengkel dan sudah menangani lebih dari 55.000 mobil. Mitra Bengkel Otoklix telah melalui proses verifikasi sebagai bengkel servis berkala terpercaya dengan mekanik yang terjamin kualitas dan kompetensinya. Mitra Bengkel Otoklix tersebar di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Karawang. Tunggu apalagi, segera servis mobilmu sebelum lebaran ini agar aktivitas silaturahmi kamu tetap lancar dan mobilmu tetap prima.


The post Manjakan Mobilmu dengan Servis Berkala appeared first on GarduOto.com.

Sumber: Garduoto

Manjakan Mobilmu dengan Servis Berkala

Manjakan Mobilmu dengan Servis Berkala

Manjakan Mobilmu dengan Servis Berkala

Manjakan Mobilmu dengan Servis Berkala

Manjakan Mobilmu dengan Servis Berkala

  
Berita Trending Mobil
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya