0
Thumbs Up
Thumbs Down

'Make Love, Not War:' 60 Tahun Simbol Perdamaian

SeleBuzz
SeleBuzz - Thu, 22 Feb 2018 16:50
Dilihat: 1015

selebuzz.co.id - Simbol ini tadinya dibuat seniman grafis Inggris, Gerald Holtom untuk digunakan gerakan protes anti nuklir. Namun kemudian menjadi simbol global untuk perdamaian dan gerakan anti kekerasan.

Pawai paskah anti nuklir yang pertama

Gerald Holtom menciptakan logo ini awal tahun 1958 untuk demonstrasi anti nuklir selama perayaan Paskah. Idenya dari sinyal bahasa bendera (semafor) untuk tanda "N" dan "D" di bidang pelayaran. Yang dimaksud adalah motto gerakan anti nuklir "Nuclear Disarmament" (Pelucutan Nuklir). Ketika itu, sekitar 10.000 pemrotes berangkat dari London dan berpawai ke fasilitas senjata nuklir di Aldermasto.

Tersebar di Amerika Serikat

Simbol itu dengan cepat tersebar di Amerika Serikat. Dr. Martin Luther King mempromosikan simbol perdamaian itu kepada wartawan tahun 1964 dan membuatnya jadi populer. Simbol ini kini tidak hanya mempromosikan pelucutan senjata nuklir, melainkan juga keadilan sosial dan kesetaraan.

Memrotes Perang Vietnam

Karya Gerald Holtom itu kemudian jadi logo utama gerakan perdamaian tahun 1960an. ketika jutaan orang di seluruh dunia memrotes intervensi militer AS di Vietnam dan di seluruh Asia Tenggara. Foto di atas menunjukkan simbol perdamaian berada di atas para peserta demonstrasi besar di Stadion Kezar di San Francisco.

Tentara untuk perdamaian

Tidak hanya kaum hippies dan aktivis anti perang yang menggunakan simbol perdamaian. Tentara Amerika yang ada di Vietnam juga melukis simbol itu pada helm atau bendera mereka untuk menunjukkan penolakan mereka terhadap perang. Gambar di atas menunjukkan serdadu AS di dekat perbatasan Vietnam-Laos.

"Make Love, Not War!"

Anggota The Beatles John Lennon dan istrinya Yoko Ono mengambil sikap menentang Perang Vietnam dengan slogan mereka di atas yang sekarang jadi terkenal. Pasangan ini jadi pelopor gerakan perdamaian akhir 1960-an dengan aksi protes "bed-in". Tahun 1971, John Lennon merilis lagu "Imagine", yang menjadi semacam theme song gerakan perdamaian.

Konser legendaris di Woodstock 1969

"Love instead of war" adalah motto konser musik legendaris Woodstock Festival tahun 1969. Sekitar 500 ribu orang datang ke Catskill Mountains di selatan negara bagian New. Banyak pengunjung menggunakan simbol perdamaian di t-shirt dan spanduk-spanduk mereka, sambil mendengar Jimi Hendrix (foto), Janis Joplin, The Who dan banyak musisi lainnya yang mengusung pesan anti perang.

Greenpeace

Sekelompok aktivis lingkungan Kanada 1971 berlayar di lepas pantai Alaska dengan sebuah kapal bernama "Greenpeace" untuk mencegah ujicoba bom atom di Pulau Amchitka, sebelah selatan Alaska. Kapal itu memakai tanda simbol perdamaian. reenpeace kemudian berkembang menjadi organisasi lingkungan yang aktif di seluruh dunia.

Simbol melawan teror

Selain menjadi simbol anti perang, logo ini sekarang juga menjadi simbol melawan teror, setelah gelombang serangan teror para jihadis melanda dunia. Setelah serangan di Paris bulan November 2015, seniman grafis Prancis Jean Jullien merancang logo yang menggunakan lambang Menara Eiffel di tengahnya. Gambar itu menyebar dengan cepat di jejaring sosial melalui hashtag #PeaceForParis.

Kembali ke gerakan hijau

Pada KTT G20 yang diadakan di Bonn, Jerman, tahun 2017, seorang petani di Meinersen di Niedersachsen membuat tanda perdamaian ini di ladang jagungnya, hampir 60 tahun setelah Gerald Holtom menciptakannya. Gerald Holtom memang tidak pernah mendaftarkan hak cipta untuk karyanya, jadi siapapun bisa memanfaatkan simbol ini.

(end)


Sumber: SeleBuzz

'Make Love, Not War:' 60 Tahun Simbol Perdamaian

'Make Love, Not War:' 60 Tahun Simbol Perdamaian

'Make Love, Not War:' 60 Tahun Simbol Perdamaian

'Make Love, Not War:' 60 Tahun Simbol Perdamaian

'Make Love, Not War:' 60 Tahun Simbol Perdamaian

  
Berita Trending Artis & Selebriti
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya