0
Thumbs Up
Thumbs Down

Makanan Cepat Saji 8 Resto Terkenal AS Mengandung Phthalates

Republika Online
Republika Online - Thu, 28 Oct 2021 17:33
Dilihat: 225
Makanan Cepat Saji 8 Resto Terkenal AS Mengandung Phthalates

JAKARTA -- Bahan kimia yang berbahaya bisa terdapat di berbagai jenis makanan siap saji yang selama ini mungkin tidak disadari oleh banyak orang. Kerap kali, konsumen tidak menyadari bahwa selain gula, garam, dan lemak trans, ada bahan kimia berbahaya lain yang mereka konsumsi secara bersamaan.

Dalam sebuah studi terbaru, Lariah Edwards, seorang ilmuwan di George Washington University bersama dengan rekan-rekannya melakukan penelitian terhadap sejumlah makanan cepat saji yang populer di Amerika Serikat (AS). Menu McDonald's, Burger King, Pizza Hut, Domino's, Taco Bell, dan Chipotle termasuk yang diuji.

Para peneliti kemudian menguji sampel fast food untuk 11 bahan kimia plasticizing. Studi dilakukan dengan menganalisis makanan paling populer dari setiap restoran tersebut, seperti hamburger, nugget ayam, kentang goreng, serta burrito yang diisi dengan ayam, kacang-kacangan, salsa, dan pai.

Secara keseluruhan, makanan yang mengandung daging memiliki kadar bahan kimia yang lebih tinggi. Lebih dari 80 persen sampel mengandung phthalates, bahan kimia yang digunakan untuk membuat plastik lebih lembut dan fleksibel.

Phthalates dan plasticizer pada umumnya ditemukan dalam kemasan makanan dan sarung tangan. Padahal, efek sampingnya pada kesehatan manusia sudah diketahui.

Studi sebelumnya menemukan bahwa orang yang melaporkan konsumsi lebih banyak makanan cepat saji memiliki kadar phthalates yang lebih tinggi dalam urine mereka. Namun, studi ini menjadi upaya pertama untuk menguji makanan tersebut dengan mempertimbangkan generasi baru plasticizer.

Phthalates telah dikaitkan dengan masalah reproduksi dan kematian dini. Beberapa bahan kimia ini telah ditemukan mengganggu fungsi hormon yang dapat menyebabkan serangkaian masalah dengan kesuburan dan perkembangan anak.

Orang dengan kadar phthalates tinggi dalam urine juga ditemukan lebih mungkin meninggal lebih awal, insiden yang cenderung diketahui karena penyakit jantung. Meski satu porsi burger seperti Big Mac dari McDonalds mungkin tidak akan langsung membuat Anda terserang penyakit, namun penting untuk mempertimbangkan paparan bahan kimia ini secara keseluruhan.

"Meski tidak menumpuk dalam tubuh, Anda masih dapat terus menerus terpapar phthalates dari berbagai sumber," ujar Edwards, dilansir Insider, Kamis (28/10).

Mengingat bahan kimia tersebut telah dikaitkan dengan efek kesehatan yang merugikan, Komisi Keamanan Produk Konsumen melarang penggunaan delapan jenis phthalates dalam mainan anak-anak pada 2017. Namun, zat terlarang tersebut masih digunakan dalam plastik lain dan setidaknya empat dari bahan ini terdeteksi dalam makanan cepat saji.

Para peneliti juga menguji plasticizer baru yang disebut DEHT, yang digunakan untuk menggantikan phthalates dan menemukannya di 86 persen makanan yang diuji. DEHT belum diketahui secara pasti tentang efek kesehatannya, namun tim peneliti menemukan bahwa ini mirip dengan orto-ftalat, terkait dengan reseptor hormon.


Berita Terkait
  • Stres Akibat Pandemi Bikin Siklus Haid Berantakan
  • Bahaya Kimia Phthalates di dalam Sampo dan Kosmetik
  • BPOM Temukan Obat Tradisional Berbahan Kimia Berbahaya
Berita Lainnya
  • Harimau Turun ke Kebun Warga, Sinyal Hutan dalam Bahaya
  • Jampidsus Sita Rp 11 Miliar Terkait Korupsi Askrindo

Makanan Cepat Saji 8 Resto Terkenal AS Mengandung Phthalates

Makanan Cepat Saji 8 Resto Terkenal AS Mengandung Phthalates

Makanan Cepat Saji 8 Resto Terkenal AS Mengandung Phthalates

Makanan Cepat Saji 8 Resto Terkenal AS Mengandung Phthalates

Makanan Cepat Saji 8 Resto Terkenal AS Mengandung Phthalates

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya